Jumat, 16 April 2021

5 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Video Resolusi Rendah pada Video Anda

 


TipsSolusi.com - Kita semua pernah mengalami saat kualitas video tidak seperti yang kita inginkan. Masalah ini terutama terkait pada perangkat seluler; tangan yang goyah, pencahayaan yang kurang ideal, atau perangkat keras berkualitas buruk dapat merusak rekaman. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan kualitas video, Anda beruntung. Hari ini, kami akan menjalankan peningkatan kualitas video terbaik.


Mengapa Anda Harus Menggunakan Enhancer? 

Video enhancers memiliki banyak fitur yang dapat menghembuskan kehidupan baru ke dalam rekaman Anda. Secara alami, tidak semua aplikasi menyertakan semua fitur, tetapi Anda dapat mengharapkan pilihan b ini: 

  • Resolusi yang ditingkatkan
  • Pencahayaan yang lebih baik
  • Stabilitas yang lebih baik
  • Denoising
  • Penyesuaian kecerahan
  • Memotong, memutar, dan membalik
  • Filter
  • Efek dan animasi

Jadi, aplikasi mana yang merupakan peningkatan kualitas video terbaik? 

1. Editor Video Filmora

Tersedia di: Windows, Mac 


Jika Anda mencari penambah video desktop yang terjangkau, Filmora adalah pilihan yang tepat. Anda dapat membayar $ 39,99 / tahun atau membeli lisensi seumur hidup dengan $ 59,99. 

Versi gratis tersedia, tetapi meninggalkan tanda air pada konten Anda dan tidak memberi Anda akses ke perpustakaan efek aplikasi yang luas melalui toko. 

Alat Filmora untuk meningkatkan video Anda termasuk kontrol stabilisasi, kecerahan, kontras, warna, dan saturasi. Ada juga banyak overlay, grafik gerak, dan templat judul. 

Terakhir, banyak format video didukung. Mereka memungkinkan Anda mengekspor video dalam format yang dioptimalkan untuk posting di YouTube dan Vimeo. 

UnduhEditor Video Filmora (Gratis, versi Pro tersedia) 

2. PowerDirector 

Tersedia di: Android 


Mungkin ada saatnya Anda membutuhkan penambah kualitas video saat bepergian. 

Jika Anda memiliki perangkat Android, salah satu aplikasi terbaik yang tersedia adalah PowerDirector. Ini memiliki lebih dari 10 juta unduhan dan penghargaan Pilihan Editor dari Google Play Store. 

PowerDirector hampir merupakan aplikasi kelas profesional, namun gratis untuk diunduh dan digunakan. 

Fiturnya termasuk pengeditan garis waktu multi-track, editor efek, dukungan untuk layar biru dan layar hijau dengan pengeditan kunci chroma, alat sulih suara, dan efek berlimpah. 

Aplikasi ini juga memiliki editor foto. Jika Anda sudah menggunakan editor foto untuk Android, Anda mungkin dapat menghapusnya menghemat ruang di perangkat Anda. 

Unduh: PowerDirector (Gratis) 

3. Avidemux

Tersedia di: Windows, Mac, Linux 


Avidemux adalah aplikasi pengeditan dan pemrosesan video open source gratis. 

Jika Anda ingin menjadikan kualitas video Anda lebih baik, Anda dapat menggunakan alat stabilisasi perangkat lunak dan konverter resolusi videonya. Anda dapat memutakhirkan video secara teratur menjadi resolusi definisi tinggi. 

Ini adalah aplikasi hebat untuk digunakan jika Anda memiliki beragam format video di perpustakaan Anda. Aplikasi ini mendukung FLV, MKV, AVI, WMV, MOV, OGM, MPEG, MP4 dan banyak lagi. 

Pada sisi negatifnya, Avidemux tidak menawarkan garis waktu video atau efek kreatif. Yang berarti itu mungkin tidak cocok untuk orang yang membutuhkan penambah video untuk pekerjaan mereka. 

Unduh: Avidemux (Gratis) 

4. Videoshop

Tersedia di: Android, iOS 


Videoshop adalah aplikasi ponsel pintar lintas platform yang bertujuan menghadirkan sedikit kesenangan dalam proses peningkatan video Anda. 

Aplikasi ini mengambil pendekatan yang lebih ringan daripada beberapa opsi lain yang telah kita diskusikan sejauh ini, menjadikannya alat yang sempurna bagi orang-orang yang ingin membuat konten ramah media sosial. 

Misalnya, Anda dapat meningkatkan video dengan berbagai efek audio, termasuk suara binatang, kentut, ledakan, dan tawa. Ada juga alat stop motion untuk video pendek di Twitter, dukungan video slideshow, dan perpustakaan musik stok. 

Videoshop memang memiliki sisi yang serius juga. Fitur-fitur seperti trimming, gerakan lambat, gerak cepat, sulih suara, dan pemutaran mundur semuanya ada. 

Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis, meskipun ada beberapa pembelian dalam aplikasi untuk alat dan konten tambahan. 

Unduh: Videoshop untuk Android | iOS (Gratis) 

5. InShot

Tersedia di: Android, iOS 


Kita akhiri dengan InShot. Ini adalah aplikasi seluler lintas platform yang sangat populer. Versi Android sendiri memiliki lebih dari 100 juta unduhan. 

Aplikasi ini adalah editor video dan pembuat video, yang berarti Anda memiliki kontrol penuh atas cara meningkatkan kualitas video. 

InShot termasuk pemangkas video, splitter, dan merger, filter dan efek yang tak terhitung jumlahnya, kontrol kecepatan, konverter format video, dan editor audio. 

Sekali lagi, aplikasi ini akan menarik bagi pecandu media sosial yang menginginkan aplikasi penambah kualitas video. Ini memiliki daftar preset rasio ukuran yang mencakup semua platform sosial terkemuka sehingga video Anda akan tepat untuk setiap pemirsa. 

Unduh: InShot untuk Android | iOS (Gratis) 

5 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Video Resolusi Rendah pada Video Anda


TipsSolusi.com - Kita semua pernah mengalami saat kualitas video tidak seperti yang kita inginkan. Masalah ini terutama terkait pada perangkat seluler; tangan yang goyah, pencahayaan yang kurang ideal, atau perangkat keras berkualitas buruk dapat merusak rekaman. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan kualitas video, Anda beruntung. Hari ini, kami akan menjalankan peningkatan kualitas video terbaik.


Mengapa Anda Harus Menggunakan Enhancer? 

Video enhancers memiliki banyak fitur yang dapat menghembuskan kehidupan baru ke dalam rekaman Anda. Secara alami, tidak semua aplikasi menyertakan semua fitur, tetapi Anda dapat mengharapkan pilihan b ini: 

  • Resolusi yang ditingkatkan
  • Pencahayaan yang lebih baik
  • Stabilitas yang lebih baik
  • Denoising
  • Penyesuaian kecerahan
  • Memotong, memutar, dan membalik
  • Filter
  • Efek dan animasi

Jadi, aplikasi mana yang merupakan peningkatan kualitas video terbaik? 

1. Editor Video Filmora

Tersedia di: Windows, Mac 


Jika Anda mencari penambah video desktop yang terjangkau, Filmora adalah pilihan yang tepat. Anda dapat membayar $ 39,99 / tahun atau membeli lisensi seumur hidup dengan $ 59,99. 

Versi gratis tersedia, tetapi meninggalkan tanda air pada konten Anda dan tidak memberi Anda akses ke perpustakaan efek aplikasi yang luas melalui toko. 

Alat Filmora untuk meningkatkan video Anda termasuk kontrol stabilisasi, kecerahan, kontras, warna, dan saturasi. Ada juga banyak overlay, grafik gerak, dan templat judul. 

Terakhir, banyak format video didukung. Mereka memungkinkan Anda mengekspor video dalam format yang dioptimalkan untuk posting di YouTube dan Vimeo. 

Unduh: Editor Video Filmora (Gratis, versi Pro tersedia) 

2. PowerDirector 

Tersedia di: Android 


Mungkin ada saatnya Anda membutuhkan penambah kualitas video saat bepergian. 

Jika Anda memiliki perangkat Android, salah satu aplikasi terbaik yang tersedia adalah PowerDirector. Ini memiliki lebih dari 10 juta unduhan dan penghargaan Pilihan Editor dari Google Play Store. 

PowerDirector hampir merupakan aplikasi kelas profesional, namun gratis untuk diunduh dan digunakan. 

Fiturnya termasuk pengeditan garis waktu multi-track, editor efek, dukungan untuk layar biru dan layar hijau dengan pengeditan kunci chroma, alat sulih suara, dan efek berlimpah. 

Aplikasi ini juga memiliki editor foto. Jika Anda sudah menggunakan editor foto untuk Android, Anda mungkin dapat menghapusnya menghemat ruang di perangkat Anda. 

Unduh: PowerDirector (Gratis) 

3. Avidemux

Tersedia di: Windows, Mac, Linux 


Avidemux adalah aplikasi pengeditan dan pemrosesan video open source gratis. 

Jika Anda ingin menjadikan kualitas video Anda lebih baik, Anda dapat menggunakan alat stabilisasi perangkat lunak dan konverter resolusi videonya. Anda dapat memutakhirkan video secara teratur menjadi resolusi definisi tinggi. 

Ini adalah aplikasi hebat untuk digunakan jika Anda memiliki beragam format video di perpustakaan Anda. Aplikasi ini mendukung FLV, MKV, AVI, WMV, MOV, OGM, MPEG, MP4 dan banyak lagi. 

Pada sisi negatifnya, Avidemux tidak menawarkan garis waktu video atau efek kreatif. Yang berarti itu mungkin tidak cocok untuk orang yang membutuhkan penambah video untuk pekerjaan mereka. 

Unduh: Avidemux (Gratis) 

4. Videoshop

Tersedia di: Android, iOS 


Videoshop adalah aplikasi ponsel pintar lintas platform yang bertujuan menghadirkan sedikit kesenangan dalam proses peningkatan video Anda. 

Aplikasi ini mengambil pendekatan yang lebih ringan daripada beberapa opsi lain yang telah kita diskusikan sejauh ini, menjadikannya alat yang sempurna bagi orang-orang yang ingin membuat konten ramah media sosial. 

Misalnya, Anda dapat meningkatkan video dengan berbagai efek audio, termasuk suara binatang, kentut, ledakan, dan tawa. Ada juga alat stop motion untuk video pendek di Twitter, dukungan video slideshow, dan perpustakaan musik stok. 

Videoshop memang memiliki sisi yang serius juga. Fitur-fitur seperti trimming, gerakan lambat, gerak cepat, sulih suara, dan pemutaran mundur semuanya ada. 

Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis, meskipun ada beberapa pembelian dalam aplikasi untuk alat dan konten tambahan. 

Unduh: Videoshop untuk Android | iOS (Gratis) 

5. InShot

Tersedia di: Android, iOS 


Kita akhiri dengan InShot. Ini adalah aplikasi seluler lintas platform yang sangat populer. Versi Android sendiri memiliki lebih dari 100 juta unduhan. 

Aplikasi ini adalah editor video dan pembuat video, yang berarti Anda memiliki kontrol penuh atas cara meningkatkan kualitas video. 

InShot termasuk pemangkas video, splitter, dan merger, filter dan efek yang tak terhitung jumlahnya, kontrol kecepatan, konverter format video, dan editor audio. 

Sekali lagi, aplikasi ini akan menarik bagi pecandu media sosial yang menginginkan aplikasi penambah kualitas video. Ini memiliki daftar preset rasio ukuran yang mencakup semua platform sosial terkemuka sehingga video Anda akan tepat untuk setiap pemirsa. 

Unduh: InShot untuk Android | iOS (Gratis) 

Cara Mengatasi Layar Hitam Pada Game HP Android (BLACK SCREEN)

 



TipsSolusi.com - Layar Hitam Pada Game Android - Black Screen di game android adalah kondisi dimana layar berwarna hitam tapi suara ada (hp hidup) saat kamu bermain game. Lantas bagaimana cara mengatasi layar hitam pada game android tersebut ? Dalam situsi "dirumah saja" seperti sekarang ini tentu bermain game menjadi kegiatan yang sering kamu lakukan. Namun terlalu ngegame justru menimbulkan masalah blank pada Hp.

Biasanya pada saat kita selesai mengunduh game, entah itu dari Playstore atau pencarian Google, maka beberapa judul game ada yang hanya menampilkan layar hitam TAPI tetap masih ada suara terdengar yang di hasilkan oleh game tersebut.

Kenapa bisa begitu? (tanya sama rumput bergoyang)

Ya, sebenarnya ada banyak faktor dan penyebab yang memungkinkan suatu game hanya bisa menampikan layar hitam, padahal jika di dengarkan ternyata ada suaranya yang di hasilkan oleh game yang di buka.

Penyebab Black Screen / Layar Hitam Game Android

Beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya black screen pada ponsel android itu sebenarnya ada banyak, bahkan tidak terhitung jumlahnya. Akan tetapi, setahu saya penyebabnya itu kira-kira seperti di bawah ini.

  • Game mengalami file corrupt
  • OS android error / tidak sehat
  • Hardware tidak compatible
  • Game tidak compatible
  • Salah pada setting
  • Dan lain-lain...

Sejauh ini, hanya poin-poin di ataslah yang mempunyai kemungkinan untuk menimbulkan terjadinya blackscreen pada suatu game android yang kamu install. Tentunya masih ada faktor lain yang belum bisa saya sebutkan semuanya disini.

SOLUSI Black Screen / Layar Hitam Game Android

Di bawah ini adalah beberapa SOLUSI dalam mengatasi game android yang tidak bisa tampil di layar, atau jika di buka maka tampilan hanya layar hitam saja. (terkadang juga hanya muncul suara saja pada saat di buka.

Khusus, jika penyebabnya adalah Salah Setting.

Caraya seperti ini...

Langkah 1 :
Masuk ke Pengaturan/Setting pada ponsel, kemudian klik “OPSI PENGEMBANG”.

Langkah 2 :
Setelah memilih "Opsi Pengembang", selanjutnya cari kalimat bertuliskan “NON AKTIFKAN HW”, di sana akan terdapat kotak kecil. Langsung saja PILIH / SELECT pada kotak kecil tersebut maka akan muncul tanda centang.

Langkah 3 : 
Langkah selanjutnya adalah kembali ke layar utama / home ponsel, kemudian buka game yang tadi mengalami layar hitam / black screen. Maka dapat di pastikan layar hitam yang menghalangi tadi telah teratasi dengan munculnya gambar game dengan normal.

Bagaimana, ada pertanyaan?

Jika ada pertanyaan mengenai SOLUSI lain dalam mengatasi layar hitam ketika membuka game, tulis aja di komentar.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Game Android Cuma Layar Hitam Saat di Mainkan. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

Mesin Tanpa Camshaft / Noken AS (Freevalve)

 TipsSolusi.com - Mesin Tanpa Camshaft / Noken AS (Freevalve) - Camshaft adalah salah satu bagian dari mesin yang berfungsi untuk mengatur buka tutup katup. Camshaft terletak pada bagian atas silinder pembakaran atau blok silinder. Pada silinder pembakaran terdapat piston, crankshaft, dan lain lain. Antara camshaft dan piston terdapat valve poppet, terdapat 2 jenis katup dalam mesin

  1. Intake valve berfungsi untuk mengatur masuknya campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar
  2. Exhaust valve berfungsi untuk mengatur keluarnya gas sisa pembakaran atau disebut juga sebagai emisi.
Camshaft sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam mesin karena tanpa timing buka tutup katup yang tepat dari camshaft maka mesin dapat hancur. Selain itu camshaft dengan timing yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan terjadinya knocking dan agar tidak menyebabkan knocking ini maka Camshaft hanya memiliki satu lobe per valve dengan  durasi dari valve itu sendiri adalah tetap sehingga camshaft dan valve dapat mencapai timing yang pas dan tepat.

Era modern ini, masih banyak mesin - mesin yang menggunakan camshaft meskipun untuk mengukur timing yang pas dan tepat sangatlah sulit. Beberapa manufaktur juga menggunakan sistem ini namun dengan lebih dari 1 cam lobe (tonjolan pada poros cam). Seiring dengan berkembangnya zaman, terciptalah sebuah teknologi baru yang mampu menggerakkan valve (katup) tanpa camshaft. Teknologi ini disebut dengan Freevalve atau Camless Engine.
Camless engine / Freevalve

Camless engine pertama kali diciptakan oleh Christian von Koenigsegg, seorang pendiri perusahaan automotive Koegnigsegg.  Dalam perusahaan ini terdapat sebuah perusahaan kecil yang dinamakan Freevalve. Perusahaan ini bekerja dengan menjual mesin camless pertama di dunia. Camless engine berbeda dengan engine lainnya karena pada camless engine, camshaft dan throttle body dihilangkan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi volumetrik, menurunkan emisi Nox, dan mengatasi energi yang hilang (throttle pumping loss) yang terjadi pada bagian katup gas (carburator)  yang berfungsi mengatur campuran bahan bakar. 
Lalu apa yang terjadi jika mesin tidak menggunakan camshaft lagi? 
Dengan tidak adanya camshaft maka camless engine juga tidak menggunakan timing belt  atau timing chain yang menghubungkan camshaft dengan crankshaft, artinya mesin ini akan jauh lebih ringan dan mengurangi terjadinya kesalahan timing. 

Selain itu dengan tidak adanya camshaft, maka beban pada mesin output juga akan berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini sangat menguntungkan bagi mesin - mesin kelautan besar karena mampu menghasilkan lebih dari 100 megawatts yang merupakan jumlah power saving yang besar.

Camless engine menggunakan engine control unit untuk mengatur fuel injection dan exhaust timing. Dengan adanya engine control unit maka mesin mampu berganti secara konstan dan mampu menyesuaikan tanpa harus menghentikan jalannya mesin. 

Selain itu mesin mampu untuk menjalankan RPM yang rendah yang sangat berguna saat bermanuver sehingga jauh lebih aman. Saat mesin sedang bermanuver, fuel injection dan valve timing yang dikendalikan oleh komputer mampu membuat kontrol RPM cepat sehingga mampu melakukan suatu pengereman secara cepat dana man disaat darurat.

Camless Engine

Keuntungan lainnya dari teknologi camless engine ini adalah mengurangi banyaknya pergerakan pada mesin-mesin lainnya. Camshaft rollers dan push rods digantikan dengan sistem electro-hydraulic actuator yang sudah terdapat fuel pumps. Teknologi camless engine ini, juga diatur oleh komputer, sehingga mengurangi resiko kerusakan pada mesin-mesin lainnya ketika terjadi suatu malfungsi. 

Tak hanya menjual saja perusahaan Freevalve juga yang mengembangkan dan mengimplementasikan camless engine ini pada SAAB car engine. Dan pada tahun 2016 perusahaan mobil China Qoros juga menggunakan teknologi Free Valve. Dengan adanya teknologi ini, mobil dapat menghemat bahan bakar sekaligus mengurangi emisi yang dikeluarkan oleh mobil. 

Selain itu camless engine sendiri mampu menghasilkan power dan torsi yang lebih baik dari pada engine pada umumnya. Tak hanya itu saja, camless engine memiliki efisiensi yang sangat baik. Konsep kendaraan berbasis  free valve ini sudah di pamerkan di Beijing Motor Show pada April 2016. Dengan mesin bensin 1.6 liter 4 silinder, torsi meningkat sebesar 47% sedangkan daya naik hingga 45%. 

Lebih lanjut lagi, dengan kombinasi dengan beberapa konsep teknologi seperti deaktivasi silinder dan pneumatic hybrid (gabungan tenaga kompresi udara dengan motor bakar) dapat menurunkan konsumsi bahan bakar.

Pada mobil Qoros tersebut, reduksi konsumsi bahan bakar mencapai 15%. Tantangan terbesarnya adalah menyesuaikan kontrol aktuasi dari katup terhadap variabel acuan untuk mendapatkan performa yang maksimal, ini diperlukan simulasi dan eksperimen yang cukup banyak. Sehingga dapat kita lihat bahwa era smart system dari otomotif semakin menguat dengan hadirnya teknologi ini.

Hasilnya cukup mencengangkan. Mesin empat siinder dengan kapasitas kecil itu, mampu menghasilkan tenaga 230 dk dan torsi sebesar 320 Nm. Hasil sebesar ini hampir setera dengan output dari mesin Toyota 1JZ-GTE, 6 silinder 2.500 cc, itupun sudah dibantu dengan turbocharger.
Bagaimana jika dibandingkan dengan mesin berkapasitas sama dengan turbocharger?
Mesin camless ini menghasilkan daya 47% lebih besar, dengan torsi 45 % lebih besar. Namun demikian pemakaian bahan bakarnya justru lebih irit 15%. Kinerja buka-tutup katup diatur oleh aktuator pneumatik-hidrolik-elektronik, sehingga memiliki valve timing variabel yang tak terhingga. Sistem ini juga memungkinkan untuk 'mematikan' salah satu silinder, ketika bekerja dalam ECO Mode. 

Berkurangnya bobot mesin, juga menjadi faktor penentu mobil menjadi lebih hemat bahan bakar. Karena tak ada perangkat camsahft dan penunjangnya, seperti gigi timing, belt serta bearing dan baut-baut. Beban kerja mesin juga berkurang, karena makin sedikit komponen di dalam mesin yang perlu digerakkan.

Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i

 TipsSolusi.com - Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i - Pada dasarnya sistem pembakaran yang ada pada mobil merupakan hal yang kompleks. Untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM rendah dibutuhkan setting yang berbeda untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM tinggi. Hal ini dikarenakan sifat-sifat dari campuran udara dan bahan bakar pada waktu pembakaran. Seberapa besar katup harus dibuka, berapa lama katup harus dibuka dan kapan katup harus dibuka semuanya.


Setting-an RPM rendah akan mengakibatkan kinerja mesin saat berada di RPM tinggi terganggu dan tenaga yang dihasilkan menjadi berkurang. Begitu juga sebaliknya jika setting-an RPM tinggi maka akan mengakibatkan kinerja mesin kurang baik saat mesin berada di RPM rendah dan mesin mengelitik.

Honda dalam pengembangan teknologi mesin otomotif di kawasan Asia bahkan global, terbilang unggul. Teknologi CVCC (compound-vortex controlled combustion), yakni teknologi irit bensin yang diterapkan pada Honda Civic di awal 1970-an, membuat Honda Motor Co melambung.

Pelajaran dari CVCC membawa pabrik mobil tersebut melahirkan variable valve timing and lift electronic control (VTEC) yang pertama kali digunakan tahun 1990 pada Acura NSX, sport car pertama buatan Honda.

1. VTEC
VTEC kepanjangannya adalah Variable Valve Timing and Lift Electornic Control, ditemukan oleh insinyur Honda Ikuo Kajitani yang pertama kali digunakan pada sepeda motor Honda model CBR400 tahun 1983, teknologi pada mesin tersebut dimana katup masuk terbuka semuanya pada putaran mesin 8500 rpm. 

Karakter tersebut hampir mirip dengan teknologi VTEC pada mobil yang cenderung bekerja pada putaran mesin menengah ke atas. VTEC bertujuan untuk meningkatkan efesiensi masuknya campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar pada mesin 4 langkah sehingga kemampuan mesin meningkat disetiap bagian putaran mesin, mengurangi kebisingan, menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi.
Mesin honda dengan teknologi VTEC VTEC, 
kapasitas mesin 1,5 liter VTEC 4 silinder 16 katup, 
daya maksimum 110 PS pada putaran 5.800 rpm
 dan 14,6 kgm pada torsi 4.800 rpm.

Teknologi ini mampu menghasilkan performa tinggi yang dibutuhkan sport car, namun tetap hemat bahan bakar. Teknologi VTEC ini lalu menjadi terobosan teknologi ramah lingkungan Honda Motor Co. VTEC kemudian diterapkan pada roadster Honda S2000 dan model-model lain.

VTEC merupakan sistem pengkatupan yang sangat fleksibel dimana katup akan terbuka dengan tepat, dengan besar yang tepat, dan untuk jangka waktu yang tepat pada putaran mesin apapun. VTEC adalah sistem pengkatupan yang dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan efisiensi pembakaran internal 4-stroke.

Yang dimaksudkan dengan pembakaran internal 4-stroke adalah pembakaran internal yang dihasilkan oleh gerakan piston dari 0 sampai 180 derajat. Sistem pengkatupan ini pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur Honda yang bernama Ikuo Kajitan dan kemudian dikembangkan oleh produsen-produsen mobil lainnya seperti Toyota misalnya dengan apa yang kita kenal sekarang VVT-i.

2. DOHC VTEC
Sistem mesin VTEC pertama kali diterapkan dengan menggunakan sistem DOHC (Double Over Head Camshaft). Sistem DOHC mengunakan dua buah "cam lobe" pada setiap katup dimana yang satu dioptimalkan untuk stabilitas pada putaran mesin rendah dan efisiensi bahan bakar sedangkan yang satu lagi dioptimalkan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada putaran mesin tinggi.

Mesin DOHC VTEC

Peralihan diantara dua buah cam lobe tersebut ditentukan oleh tekanan yang dihasilkan oleh oli mesin, temperatur mesin, kecepatan kendaraan, dan kecepatan mesin. Ketika  putaran  mesin  bertambah  cepat, tekanan oli akan menekan sebuah pin yang akan mengunci cam putaran mesin tinggi sehingga cam kedua tersebutlah yang akan bekerja.

3. SOHC VTEC
Dikarenakan popularitas dan nilai pasar yang berkembang pesat terhadap sistem VTEC, Honda selanjutnya mengaplikasikan sistem VTEC pada mesin SOHC (Single Over Head Camshaft). Sistem SOHC ini hanya memiliki satu "cam shaft ". Camshaft ini dipergunakan baik dalam katup masuk (intake valves) maupun katup buang (exhaust valves). 

Kelemahannya  adalah  bahwa  pada  sistem  seperti  ini, keuntungan  dari mekanisme VTEC hanya akan didapat pada intake valves. Hal ini disebabkan karena pada mesin SOHC, busi-busi (spark plugs) harus ditempatkan pada sudut yang bebas, sedangkan pada mesin SOHC, busi terletak diantara dua exhaust valves, sehingga mekanisme VTEC pada proses exhaust tidakmungkin dilakukan.

4. SOHC VTEC-E
VTEC-E merupakan pengembangan dari mekanisme VTEC sebelumnya. Agak berbeda, bukan efisiensi pada putaran mesin tinggi  yang ingin dihasilkan melainkan meningkatkan efisiensi pada putaran mesin rendah. Pada putaran mesin rendah, satu dari dua buah katup penerimaan terbuka sedikit sekali sehingga atomisasi dari bahan bakar dan udara di dalam silinder meningkat. Hal tersebut menghasilkan suatu campuran bahan bakar yang lebih sempurna. Ketika putaran mesin meningkat, kedua katup diperlukan untuk menyuplai campuran bahan bakar yang cukup.

5. 3-Stage VTEC
Sistem ini mengaplikasikan SOHC VTEC dan SOHC VTEC-E. Pada kecepatan rendah, hanya satu katup  penerimaan digunakan.  Pada kecepatan sedang, dua katup digunakan. Sedangkan pada kecepatan tinggi, mesin langsung  beralih  menggunakan mekanisme mesin VTEC standar.

6. i-VTEC
Honda menyempurnakan VTEC dengan menggabungkan VTC (variable timing control), jadilah apa yang disebut i-VTEC (intelligent-variable valve timing & lift electronic control). Keunggulan teknologi ini, meningkatkan daya pada kecepatan rendah, menengah dan  tinggi.  Sekaligus  meningkatkan  efisiensi  bahan  bakar  dan mengurangi emisi gas buang. 
Bagaimana cara kerja i-VTEC?
Pasokan bensin ke ruang bakar dilakukan lewat  katup  masuk  yang dikontrol camshaft. Ketika camshaft berputar  pada  porosnya, tonjolan/nok ini ikut berputar dan memukul rocker arm yang mendorong batang katup sehingga katup terbuka. 

Ketika tonjolan sudah lewat, katup tertutup lagi. Honda membuat dua tonjolan cam pada tiap silinder. Tonjolan pertama disebut cam primer dan yang lebih kecil disebut cam sekunder. Pada  putaran rendah atau idle / langsam, kedua katup bergerak sendiri-sendiri. Karena cam sekunder lebih kecil maka bukaan katupnya juga kecil.

Maka pasokan bahan bakarnya pun sedikit, sesuai kebutuhan saat itu. Keunikan teknologi ini terlihat pada putaran mesin 2200-2500 rpm. Sebuah piston pada rocker arm primer mengunci rocker arm sekunder.  Gerakan piston ini didorong oleh tekanan oli. Hasilnya, kedua katup bergerak bersama yang dikontrol cam primer.

Sementara VTC juga bekerja pada cam masuk. Tugasnya menggeser fasa cam maju/mundur maksimal 50 derajad. Akibatnya, bukaan katup masuk, overlap dengan katup buang. Hasilnya, sebagian gas buang yang seharusnya terdorong keluar seluruhnya, terhisap masuk kembali dan dibakar. Inilah yang membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. 
Bagaimana VTC bekerja?
Pergeseran cam dilakukan oleh VTC Actuator yang bekerja sesuai dengan aliran oli yang dikontrol VTC OCV (oil control valve). Oli ini bergerak dari pompa oli. Jika mesin sudah dijalankan, tekanan oli yang dihasilkan pompa oli akan meningkat hingga mencapai level tertentu yang membuat pin lock membuka dan actuator bekerja. Pergeseran maju mundur dikontrol VTC OCV.

Otak dari kerja VTC adalah ECM / PCM atau  lebih  dikenal sebagai ECU (electronic control unit). Unit ini mengkalkulasi data dari sensor-sensor untuk menentukan apakah OCV harus mengeluarkan perintah mundur atau maju pada actuator. Bila terjadi trouble, misalnya oli tidak bekerja sempurna, CVT tidak akan bekerja, tapi VTEC tetap berfungsi. Teknologi mesin i-VTEC bisa disaksikan pada Honda New CRV dan Honda New Accord.
Mesin dengan menggunakan teknologi i-VTEC 

i-VTEC memperkenalkan fase camshaftyang dapat terus berubah-ubah pada " intake cam" dari mesin DOHC VTEC. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada Honda K-series yang menggunakan mesin 4 silinder pada tahun 2001. Pembukaan katup dan durasinya masih terbatas pada profil putaran mesin rendah atau profil putaran mesin tinggi saja.

Perubahan fase camshaft dijalankan oleh gigi-gigi penggerak yang fleksibel yang digerakkan oleh oli dan dikontrol oleh komputer. Fase ditentukan oleh kombinasi dari beban  mesin  dan  RPM.  Efek  dari  hal  tersebut  adalah optimalisasi  dari  torsi  yang dihasilkan, terutama pada RPM rendah hingga sedang. i-VTEC itu sendiri dibuat menjadi 2 kategori. 

i-VTEC yang pertama adalah i- VTEC yang didesain untuk mobil performa tinggi seperti RSX Type S atau TSX. Untuk mobil yang diproduksi untuk digunakan sehari-harinya, mesin i-VTEC performa tinggi dapat ditemukan pada CR-V atau Accord. i-VTEC performa tinggi ini memiliki dasar pengembangan dari DOHC VTEC. 

i-VTEC kategori kedua adalah yang mengutamakan efisiensi. Perbedaan dari kedua jenis i-VTEC itu sendiri dapat ditentukan dari tenaga yang dihasilkannya. i-VTEC yang diciptakan untuk mobil performa akan menghasilkan lebih dari 200 Horse Power sebelum mendapat modifikasi apapun sedangkan yang lainnya tidak akan menghasilkan lebih dari 160 HP. 

Pada tahun 2004, Honda memperkenalkan i-VTEC V6. Pada mesin V6 ini tidak ada  pengaturan  fase cam, melainkan adanya teknologi menonaktifkan silinder. Pada  kecepatan rendah (dibawah 120km/jam) katup-katup pada satu silinder akan menutup.

7. Advanced VTEC
Pada 25 September 2006 Honda mengumumkan peluncuran mesin Advance VTEC  yang  akan  mulai  diproduksi  mulai  dari  3  tahun  ke  depan.  Mesin  baru  ini menggabungkan  teknologi pembukaan katup yang terus berubah-ubah secara terus-menerus dan pengaturan timing dari perubahan fase yang terus-menerus. Sistem baru ini akan menghasilkan kontrol yang optimal pada pembukaan katup penerimaan dan fase 10 untuk berbagai  kondisi  mengemudi  serta  meningkatkan torsi  yang  dihasilkan  pada kecepatan mesin apa saja.

Dibandingkan dengan mesin 2.4 Li-VTEC ( CR-V dan Accord,  pengembangan ini diklaim aka  meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 13%. honda juga mengk laim bahwa emisi yang dihasilkan oleh mesin ini telah memenuhi standar yang lebih tinggi, emisi yang dihasilkan lebih rendah 75% dari ketentuan batas emisi yang diijinkan pada tahun 2005.

8. Teknologi VVT-i Toyota
Bila pada Honda dikenal dengan teknologi VTEC-nya maka untuk Toyota dikenal dengan teknologi VVT-i. Dengan dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tingkat permintaan para pengguna kendaraan agar memiliki mobil dengan mesin yang kuat dan bertenaga namun tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan telah menjadi memicu timbulnya teknologi baru yang dikenal dengan nama Variable Valve Timing-Intelligent atau lebih dikenal dengan sebutan VVT-i. Toyota mulai mempopulerkan mesin Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i) sejak tahun 2004. Teknologi ini merupakan pengembangan mesin variable valve timing (VVT), yang sudah digunakan sejak 1991. Perkembangan dari mekanisme katup tipe DOHC dapat dilihat pada teknologi ini. 

VVT-i Toyota

VVT-i merupakan teknologi yang mangatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar secara elektronik, baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dan mesin.

VVT-i merupakan salah satu aplikasi teknologi informasi pada industri otomotif khususnya dalam hal penyempurnaan performa mesin.VVT-i  adalah  teknologi pengaturan katup pembakaran yang didasarkan pada putaran mesin dan posisi pedal gas. Ketika pengemudi memerlukan tenaga lebih besar, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga torsi mesin dapat meningkat.

Sebaliknya, ketika hanya dibutuhkan sedikit tenaga mesin, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang dipergunakan lebih sedikit dan tentunya gas buang yang dihasilkan lebih bersih. Perbedaan mendasar yang dimiliki oleh sistem VVT-i adalah perputaran intake cam tidak perlu sama persis dengan perputaran mesin.

Pada mobil tanpa sistem VVT-i, intake cam hanya mempunyai satu pola bukaan katup sehingga membuat mesin tidak dapat memaksimalkan tenaga mesin pada saat tenaga besar dibutuhkan dan tidak dapat meminimalkan bahan bakar yang dipergunakan ketika tenaga yang dibutuhkan tidak besar.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi VVT- i  sangat  membantu  pengemudi  memperoleh  kinerja  optimum  dari  mesin  sekaligus menjaganya tetap irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah rangkuman dari kinerja sistem VVT-i :

Pembakaran yang stabil dapat diperoleh bahkan pada putaran mesin yang rendah. Dengan  putaran  mesin  yang  rendah  saat  stasioner (idle) maka efisiensi bahan bakarnya menjadi lebih baik.
Kerugian tenaga mesin dapat dikurangi sehingga efisiensi bahan bakarnya meningkat. Selain itu, hasil gas buangnya pun lebih ramah lingkungan.
Kemampuan  mesin  dapat  dioptimalkan  sehingga  tenaga  yang  dihasilkan  dapat maksimal.

9. Dual VVT-i
Penerapan sistem VVT-i pada kendaraan menyebabkan waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem VVT-i awalnya diaplikasikan pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol sehingga lahirlah sistem dual VVT-i.
Dual VVT-i

Katup intake dan exhaust yang diatur membuat pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misalnya pada saat start, sistem dual VVT-i akan mengatur katup agar mesin segera mendapatkan suhu ideal. Keuntungannya sistem dual VVT-I yaitu tenaga mesin meningkat di setiap putaran dan gas buang mesin menjadi ramah lingkungan.

10. Valvematic

Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continues valve lift control yang bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-I. Continues valve lift control merupakan komponen pada valvematic yang terus mengatur lebar jarak terbukanya katup sesuai kondisi mesin menyebabkan lebar jarak terbukanya katup dapat berubah - ubah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien yang pada umumnya sistem pemgatur timing katup intake, lebar jarak terbukanya katup tidak bisa diubah. 

Valvematic

Sistem ini merupakan kerja sama perpaduan antara VVT-i yang berupa waktu buka tutup katup intake yang dapat divariasikan dan lebar jarak terbukanya katup yang dapat divariasikan oleh continous valve lift control sehingga pengaturan pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi. 

Pembukaan atau lebar jarak buka katup maksimum valvematic ini lebih besar dibandingkan katup biasa. Dengan cara kerja tersebut pengaturan suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin oleh valvematic akan lebih presisi karena lebar jarak terbukanya katup intake juga dapat divariaskan. Sebagai contoh saat pedal gas diinjak secara mendadak pun, penyesuaian antara suplai bahan bakar dan lebar jarak terbukanya katup tetap optimal.

Apa saja Fungsi Voltmeter Pada Motor & Bagaiamana Cara Memasangnya

  Fungsi Voltmeter Pada Motor & Cara Memasangnya - Sedikit mengingatkan saat motor dinyalakan sistem pengisian motor akan mensuplai arus listrik AC (arus bolak-balik) yang akan disearahkan dan dirubah oleh kiprok menjadi Arus DC (arus searah) untuk kemudian disimpan ke aki motor.


Fungsi Volmeter Yang Dipasang Pada Motor


Voltmeter

Saat motor belum dinyalakan (mesin mati) Accu / Aki motor yang normal memiliki tegangan sebesar 12,3 Volt - 12,6 Volt. Dan saat mesin mulai dinyalakan maka voltase atau tegangan aki menjadi 13,7 Volt.

Tegangan tersebut akan bertambah seiring dengan putaran mesin motor menjadi 14,2 Volt. Setelah motor dimatikan kembali maka akan terjadi tegangan jatuh (drop voltase) pada Aki.

Jika drop voltase pada aki memiliki tegangan di bawah 12,3 Volt, maka ada indikasi umur pemakaian aki tersebut tidak akan bertahan lama.

Dan jika tegangan aki melebihi 14,2 Volt saat mesin menyala itu menandakan aki overcharge. Untuk mengetahui kondisi aki motor itulah maka dipasang voltmeter.

Selain sebagai aksesoris tambahan motor, voltmeter ini merupakan panel yang bekerja untuk memantau tegangan listrik (Volt) pada Accu / Aki motor. Artinya voltmeter ini berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui besar tegangan (volt) aki motor.

Cara Memasang Voltmeter Pada Motor

Volmeter ada 2 jenis yaitu, voltmeter analog dan voltmeter digital, voltmeter yang biasa dipasang pada motor biasanya menggunakan voltmeter digital 2 kabel.

Voltmeter ini hanya menggunakan 2 buah kabel sebagai input untuk mengukur tegangan (volt). Jenis ini sangat praktis karena hanya terdapat 2 buah kabel pada voltmeter. Dengan volmeter jenis ini, pekerjaan pemasangan voltmeter menjadi lebih mudah.

Cara pasang voltmeter 2 kabel ke motor motor honda

  • 1. Pada motor honda, warna kabel hitam voltmeter dipasang ke warna kabel hitam kunci kontak.
Warna kabel hitam pada kunci kontak motor honda digunakan sebagai kabel arus out put (arus yang keluar) dari positif aki, aksesoris menyala saat kunci kontak pada posisi ON.
Pemasangan warna kabel merah volt meter pada motor honda

  • 2. Sedangkan kabel warna hitam pada volmeter dipasang ke ground / body motor.

Cara pasang voltmeter ke motor yamaha

  • 1. Pada motor yamaha warna kabel hitam voltmeter dipasang ke kabel kunci kontak warna merah.
  • 2. Dan kabel warna hitam pada volmeter dipasang ke ground / body motor.

Secara umum warna kabel merah dari voltmeter dipasang ke kabel positif (+) kunci kontak. Warna kabel hitam voltmeter ke ground / body motor. 

Jika kedua kabel tersebut langsung dihubungkan ke terminal Accu / Aki motor, maka voltmeter akan tetap menyala meskipun saat kontak pada posisi OFF.

Kamis, 15 April 2021

Fungsi Lain Sensor Sidik Jari di Smartphone

 BLOG KOMPUTER - Sensor sidik jari atau fingerprint untuk mengamankan smartphone semakin menjamur sejak Apple memperkenalkan teknologi ini pada Iphone 5s. Fitur sidik jari pada smartphone ini memang memberikan nilai lebih dan akan terlihat lebih keren dibandingkan smartphone dibawah kelasnya. Bahkan, sekarang ini sudah semakin banyak smartphone yang menggunakan fitur sidik jari.



Fungsi Lain dari Sensor Sidik Jari Smartphone

Ternyata, fitur sensor sidik jari pada smartphone ini tidak hanya digunakan untuk membuka kunci layar smartphone. Fungsi lain dari sensor sidik jari atau fingerprint pada smartphone ini bisa mengambil foto, mengangkat telepon, atau perintah yang lainnya. Sobat juga bisa mengubah sensor sidik jari agar lebih canggih lagi tentunya. Penasaran? Yuk, simak caranya dibawah sini.

1. Download aplikasi Fingerprint Gesture.

2. Instal dan buka lalu aktifkan aplikasi tersebut.


3. Langkah selanjutnya, aturlah fungsi apa yang akan dilakukan pada fingerprint smartphone sobat ketika di tap 1 kali, 2 kali, atau dengan swipe. Sobat juga bisa mengatur untuk menggantikan tombol power, mengontrol toggle, buka aplikasi, media, atau hal-hal yang lain yang ingin sobat gunakan.


4. Jika ingin mematikan layar smartphone, sobat harus memberikan akses Root pada aplikasi Fingerprint Gesture.


BACA JUGA:


5. Sobat juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengakses cepat berbagai aplikasi favorit dengan menggunakan menu Icon Touch Panel, lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin dimasukkan.


Bagaimana? Keren dan mudah sekali 'kan?
Untuk sobat yang mempunyai smartphone dengan fitur sidik jari, segera coba cara ini agar smartphone-nya semakin canggih!

Demikian tutorial dan tips agar sensor sidik jari smartphone sobat bisa memiliki fungsi lain dan tentunya dengan tips ini, bisa menjadikan fitur sidik jari pada smartphone sobat lebih keren dan canggih lagi.