Senin, 25 Mei 2020

Bisakah Suplemen Vitamin D Membantu Melindungi Terhadap COVID-19?



Apakah Anda harus mengisi vitamin D dari sinar matahari selama pandemi saat ini ??

Anda mungkin membaca artikel berita minggu lalu tentang bagaimana mendapatkan cukup vitamin D dapat melindungi Anda dari COVID-19. Mungkin teman Anda mempostingnya di Facebook, atau Anda menemukannya di bacaan harian Anda tentang pandemi. Apa masalahnya? Memang benar: Penelitian pendahuluan baru menunjukkan bahwa mengambil suplemen vitamin D dapat berperan dalam mencegah atau mengelola COVID-19. Tapi tidak secepat itu. Ketika datang untuk suplemen untuk melindungi terhadap penyakit pernapasan, penelitian ini belum ada. Namun itu tidak berarti Anda tidak akan mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen vitamin D atau berjalan jauh secara sosial untuk menyerap sinar matahari, yang merupakan sumber alami nutrisi penting.

Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum membeli apa yang disebut vitamin D yang ada pada sinar matahari dalam konteks COVID-19.


Mengapa para ilmuwan berbicara tentang vitamin D untuk membantu melawan COVID-19? 

Tidak mengherankan mengapa para ilmuwan tertarik untuk mempelajari vitamin D sebagai alat pengobatan untuk COVID-19, atau kekurangannya sebagai faktor risiko potensial untuk penyakit serius dari penyakit pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus yang baru. Bagaimanapun, kekurangan vitamin D adalah umum di antara banyak kelompok berisiko tinggi untuk COVID-19, termasuk orang tua dan orang-orang dengan obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi, kata Rose Anne Kenny, ketua gerontologi medis di Trinity College di Dublin. Penuaan dan obesitas sama-sama mengurangi kemampuan kulit untuk membuat vitamin D dari paparan sinar ultraviolet matahari, kata Kenny, dan penyakit ini berhubungan dengan penuaan dan membawa berat tambahan.

Vitamin D dikenal untuk membantu beberapa fungsi tubuh penting yang, jika dikompromikan, dapat mempengaruhi hasil COVID-19. "Vitamin D terkenal karena efeknya pada tulang, tetapi juga memiliki efek penting pada sistem kekebalan tubuh," kata Adrian Martineau, PhD, seorang profesor klinis infeksi pernapasan dan kekebalan di Queen Mary University of London. Menurut National Institutes of Health, vitamin D juga penting untuk melawan peradangan dan berkontribusi pada pertumbuhan sel. Vitamin D mendukung kemampuan sistem kekebalan tubuh bawaan untuk melakukan serangkaian tanggapan antivirus, termasuk produksi zat yang disebut peptida antimikroba yang diproduksi oleh sel darah putih dan selaput paru-paru, kata Dr. Martineau. Peptida ini memiliki sifat antivirus dan juga antibakteri. Vitamin D juga bertindak untuk meredam respons peradangan yang berpotensi berbahaya dalam tubuh yang dapat lebih aktif pada orang dengan kondisi kesehatan seperti obesitas dan diabetes, yang juga merupakan faktor risiko COVID-19, Martineau menambahkan.

Penelitian Ilmiah tentang Penggunaan Vitamin D untuk Penyakit Pernafasan, Termasuk COVID-19

Beberapa penelitian pendahuluan mengeksplorasi potensi penggunaan vitamin D dalam mencegah atau mengobati COVID-19.

Kekurangan Vitamin D Berhubungan Dengan Risiko Kematian Yang Lebih Besar Dari COVID-19 

Satu studi, yang diterbitkan pada Mei 2020 di Irish Medical Journal, secara berlawanan menemukan bahwa orang yang tinggal di negara-negara cerah di Eropa selatan, seperti Spanyol dan Italia, memiliki tingkat kekurangan vitamin D yang lebih tinggi - dan infeksi COVID-19 dan tingkat kematian yang lebih tinggi. - dibandingkan orang di negara-negara termasuk Norwegia, Finlandia, dan Swedia, yang lebih jauh ke utara dan relatif kurang cerah. Kenny mengatakan, orang-orang di utara mungkin memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi karena makanan mereka kaya akan vitamin D.

Vitamin D Dapat Melindungi Terhadap Infeksi Saluran Pernafasan Secara Umum

Studi lain, yang diterbitkan pada bulan Februari 2017 di The BMJ, memeriksa data dari 25 uji klinis yang menguji dampak suplemen vitamin D pada infeksi pernapasan akut, termasuk bronkitis, pneumonia, dan sinusitis (infeksi sinus umum). Gabungan, uji coba ini melibatkan total 11.321 peserta yang secara acak ditugaskan untuk mengambil suplemen vitamin D atau pil plasebo dan diikuti hingga 1,5 tahun. Percobaan acak dan terkontrol adalah standar utama penelitian medis karena dapat menunjukkan apakah intervensi secara langsung menyebabkan hasil spesifik, makalah yang lalu menjelaskan.

Hasil dari uji coba ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D memiliki kemungkinan 12 persen lebih rendah untuk mengalami infeksi pernapasan akut daripada orang yang tidak. Dan di antara orang-orang dengan kekurangan vitamin D paling parah, mengonsumsi suplemen mengurangi risiko infeksi pernapasan hingga 70 persen. Namun satu batasan dari penelitian ini adalah bahwa para peneliti tidak memiliki data tentang apakah orang menerima suntikan flu atau jika mereka didiagnosis dengan penyakit paru obstruktif kronis (COPD), dua faktor yang secara independen dapat mempengaruhi risiko infeksi pernapasan akut. Penelitian ini juga dilakukan beberapa tahun sebelum COVID-19 mulai mengelilingi dunia. Jadi meskipun memberikan bukti kuat bahwa suplemen vitamin D dapat membantu dengan infeksi pernapasan lainnya, itu tidak membuktikan tanpa keraguan bahwa vitamin D akan membantu melawan COVID-19.

Meski begitu, hasilnya menunjukkan bahwa ini dimungkinkan mengingat fungsi vitamin D yang diketahui, kata Martineau, yang merupakan salah satu penulis studi BMJ.

Vitamin D Bisa Berperan dalam Mencegah Flu, Yang Merupakan Penyakit Pernafasan Lainnya

Penelitian sebelumnya memiliki hasil yang beragam tentang peran vitamin D dalam mencegah flu, yang, meskipun sangat berbeda dari COVID-19, sebagaimana dicatat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), adalah penyakit pernapasan parah lainnya. Sebuah meta-analisis dari empat studi yang meneliti hubungan antara suplemen vitamin D dan efektivitas vaksin flu dan diterbitkan pada bulan Maret 2018 di Nutrients tidak menemukan hubungan antara keduanya. Salah satu batasan analisis ini adalah kemungkinan hasil dapat bervariasi tergantung pada kualitas vaksin flu dan jenis influenza yang beredar.

Penelitian sebelumnya mungkin menyarankan janji. Satu studi meneliti kasus influenza di antara anak-anak sekolah Jepang yang secara acak ditugaskan untuk mengambil suplemen vitamin D atau plasebo. Anak-anak yang menerima vitamin D memiliki kemungkinan 42 persen lebih rendah untuk terkena flu.

Apa yang saya ambil dari penelitian tentang vitamin D dan penyakit pernapasan seperti COVID-19?

Diperlukan penelitian yang lebih besar dan lebih teliti sebelum profesional kesehatan merekomendasikan suplemen vitamin D untuk masyarakat umum, untuk pencegahan atau pengobatan COVID-19, atau yang lainnya. "Tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa rekomendasi vitamin D secara global harus berubah berdasarkan COVID-19," kata Susan Lanham-New, PhD, kepala departemen ilmu gizi di University of Surrey di Inggris.

Mengapa Anda Mungkin Masih Ingin Pertimbangkan Mengambil Suplemen Vitamin D 

Yang mengatakan, terlepas dari risiko Anda untuk COVID-19, beberapa kelompok mungkin mendapat manfaat dari suplemen. Orang yang berusia lebih dari 60 tahun, serta orang dengan masalah kesehatan kronis, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit paru-paru, dapat mengambil manfaat dari mengonsumsi suplemen vitamin D, kata Paul Marik, MD, kepala obat perawatan paru dan perawatan kritis di Eastern Sekolah Kedokteran Virginia di Norfolk. Dosis harian antara 1.000 dan 4.000 unit internasional (IU) aman, tambahnya. Orang kulit berwarna, bayi yang disusui, dan orang yang minum obat tertentu adalah di antara kelompok orang lain yang berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan vitamin D, menurut Medline Plus.
Previous Post
Next Post

0 komentar: