Minggu, 10 Mei 2020

Gambar Pulau Derawan, Daya Tarik + Lokasi Pantai Derawan Island


Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur - Tempat wisata di Indonesia tidak hanya berpusat pada satu tempat saja.

Misalnya Pulau Bali yang memang sudah terkenal di kancah Internasional, atau Raja Ampat Papua yang kini sudah mulai dikenal banyak wisatawan sebagai surga dunia yang tidak tersentuh modernisasi.




Ataupun Kota Yogyakarta yang terkenal akan wisata budaya dan edukasi nya, dan Kota Semarang yang kaya akan wisata Sejarah dan Kuliner nya, yang tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Indonesia memiliki trmpat-tempat unik dan menarik seperti kota-kota tersebut.

piknikasik.com
Namun ternyata, Pulau Kalimantan yang di anggap hanya berisi rawa dan juga hutan-hutan mangrove yang penuh nyamuk, ternyata juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan bisa dikatakan sebagai surga dunia.

Salah satunya adalah Pantai Derawan yang lokasinya terletak di Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan, Provinsi Kalimantan Timur.

Pulau Derawan

Jika berbicara mengenai tempat wisata yang ada di Indonesia sudah tidak jarang lagi jika kita menyebutkan tempat wisata berupa pantai dan pulau.

Karena negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang artinya banyak sekali tempat-tempat wisata menarik berupa pantai dan pulau.

derawanparadise.com
Namun, yang perlu diketahui yaitu perairan yang mengelilingi pulau-pulau di Indonesia juga berbeda-beda.

Ada yang berarus tinggi yang tentunya berbahaya, dan ada juga yang berarus tenang serta aman untuk dijadikan destinasi wisata dengan menampilkan keindahan alam bawah laut yang akan memanjakan para wisatawan.

Karena banyaknya arus dan aliran air yang melewati Indonesia, maka biota laut dan hewan serta tumbuhan yang ada sangat beragam. Salah-satunya yang ada di Pulau Derawan ini.

Pemerintah daerah Kabupaten Berau bersama Kalimantan Timur sendiri sedang gencar-gencarnya mempromosikan Pantai Derawan beserta pulau-pulau disekitarnya sebagai objek wisata andalan.

Banyak sekali aktifitas yang dapat di lakukan di Pantai Derawan ini selain snorkelling, diving, dan menyelam sambil menikmati keindahan biota bawah lautnya.

tempatwisataunik.com
Pantai Derawan juga terkenal memiliki penangkaran penyu hijau dimana salah satu pulau di daerah dekat Pantai Derawan banyak penyu-penyu yang bertelur.

Karena pada dasarnya Kepulauan Derawan berpotensi memiliki terumbu karang langka, ikan karang, Padang lamun, hutan mangrove, kawasan perikanan, dan kawasan konservasi.

telusurindonesia.com
Kepulauan Derawan ini menjadi ekosistem laut terkaya nomor 2 setelah Raja Ampat Papua.

Karena keindahan bawah lautnya, banyak pengunjung yang tidak melewatkan kesempatan untuk mengambil foto dan gambar kecantikan terumbu karang di dalamnya.

Di tahun 2015, kepulauan ini pernah di calonkan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia, namun hingga tahun 2019 sendiri masih dalam proses.

Fasilitas Dan Akomodasi

Untuk Fasilitas water sport disini pun terbilang sudah cukup lengkap, wisatawan dapat menyewa peralatan menyelam, banana boat, perahu, jetski, dan peralatan olahraga air lainnya.

Sedangkan untuk fasilitas tempat makan, kamu tidak perlu khawatir karena tersedia banyak warung makan murah hingga cafe yang menyajikan menu makanan internasional.

Salah satunya adalah Restoran Lapauta yang menghidangkan aneka masakan tradisional Kalimantan dengan berbahan dasar seafood.

piknikasik.com
Untuk masalah penginapan, kamu tidak perlu khawatir karena disini tersedia berbagai macam hotel, resort, villa, homestay, maupun guest house dengan kamar unik yang dapat kamu sewa.

Mulai dari high class accomodation hingga yang low budget beach accommodation sekalipun ada di sekitar Pantai Derawan.

Selain itu, terdapat juga berbagai macam kamar berbentuk cottage atau bungalows sehingga menyajikan pemandangan yang indah saat menginap.

Seperti penginapan Nabucco Island Resort, Maratua Paradise Resort, Derawan Dive Lodge, dan lain sebagainya, yang diantaranya tersedia Penginapan di tengah laut dimana penyewa dapat langsung scuba dive ke laut untuk berenang atau menyelam secara langsung.

tripadvisor.com

Harga Tiket & Biaya Ke Pulau Derawan

Menuju Pulau Derawan, kamu tidak perlu khawatir akan harga tiket masuknya atau biaya retribusi memasuki kawasan wisata ini.

Karena untuk mengunjungi objek wisata pantai di Pulau Derawan tidak dikenakan tarif atau biaya retribusi apapun.

Namun bagi beberapa pengunjung yang membawa kendaraan pribadi kemungkinan akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Fasilitas parkir ini dapat menitipkan kendaraan di beberapa tempat makan atau penginapan yang ada di sekitar pantai.

tibberlone.wordpress.com
Sedangkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke beberapa pulau di kawasan wisata Kepulauan Derawan ini dapat menyewa perahu atau speed boat sebagai cara akhir.

Memasuki kawasan pulau sendiri juga tidak dikenakan biaya apapun, tetapi untuk penyewaan speed boat menuju pulau dikenakan harga sekitar Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per orangnya.

fimela.com
Sebenarnya banyak sekali paket wisata di tour and travel yang menawarkan liburan di kepulauan Derawan ini dengan harga murah ala backpacker.

Biasanya dari harga paket tersebut sudah termasuk Akomodasi, makan, dan transportasi.

Letak Dan Lokasi Pulau Derawan

intaninchan.wordpress.com
Pulau Derawan berlokasi di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia.

Kepulauan ini sendiri memiliki tiga kecamatan atau berada di tiga kecamatan sekaligus.

Yakni Kecamatan Pulau Derawan, Kecamatan Berau, Kecamatan Maratua, dan Kecamatan Biduk Biduk.

Kepulauan ini memiliki empat pulau utama yang eksotis dan dijadikan destinasi wisata bahari dan wisata alam terfavorit disini.

Empat pulau tersebut adalah Pulau Derawan dimana lokasi pantai Derawan berada, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban tempat penangkaran penyu hijau dan penyu sisik bertelur.

Peta Lokasi Pulau Derawan

Previous Post
Next Post

0 komentar: