Jumat, 19 Juni 2020

11 Fitur Terbaik Pada Android 11 Beta


Android 11 beta akhirnya tersedia untuk diunduh di ponsel Pixel yang lebih baru — tetapi jangan khawatir, itu akan segera meluas ke smartphone lain juga. 

Tetapi kami telah melakukan pengujian untuk menemukan semua yang perlu Anda ketahui dalam versi beta terbaru.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, berhati-hatilah — fitur dalam versi beta dan pratinjau pengembang tidak selalu membuatnya ke versi final Android (atau jika ya, mereka dapat berubah secara signifikan). Ada lagi yang akan datang: Android 11 secara resmi mendukung sejumlah emoji baru, meskipun belum ditambahkan ke keyboard Gboard terintegrasi. Ini semua adalah peningkatan dan penyesuaian keren yang kami temukan sejauh ini. Jika Anda memiliki ponsel yang kompatibel, Anda dapat menginstal Android 11 beta dari sini dan ikuti saat kami masuk.

Berikut 11 fitur yang terbaik pada android 11 yang lebih menarik dari versi android sebelumnya yaitu :

1. Lebih banyak opsi menu


Menu daya, yang muncul saat Anda menahan tombol daya, mengubah Android 11. Tautan ke info darurat Anda dan opsi Matikan dan Mulai Ulang disertakan, demikian juga kartu Google Pay Anda (sesuai dengan pembaruan Android 10 terbaru pada Pixel), dan menu baru juga menunjukkan tombol kontrol rumah pintar cepat, ditarik dari aplikasi Google Home.

2. Lebih banyak opsi Tema


Beberapa opsi dasar untuk mengubah tema perangkat Anda — bentuk ikon, warna, dll. — Telah muncul di Android 10, tetapi Android 11 menambahkan beberapa pilihan lagi — dan pilihan ini mungkin akan diperluas dalam beberapa bulan mendatang. Untuk menemukan dan menerapkan tema yang tersedia, buka Tampilan lalu Gaya dan wallpaper dari Pengaturan.

3. Percakapan mendapat perlakuan khusus


Percakapan dalam aplikasi perpesanan ditangani secara berbeda dari notifikasi lain, dengan laci mereka sendiri dalam daftar notifikasi. Percakapan apa pun juga dapat disematkan sebagai gelembung ke sisi layar, mirip dengan fitur kepala obrolan di Facebook Messenger. Buka Aplikasi dan pemberitahuan lalu Pemberitahuan di Pengaturan untuk mengelola ini.

4. Anda dapat memprioritaskan percakapan


Percakapan sudah mendapatkan perlakuan khusus, tetapi Anda dapat memberikan percakapan tertentu bahkan perlakuan lebih istimewa. Tandai percakapan sebagai Prioritas dengan lama menekan notifikasi, dan itu akan selalu muncul di bagian atas peringatan Anda dan pesan dari orang-orang itu dapat menembus Do Not Disturb. Ini sangat berguna untuk memprioritaskan obrolan dari orang yang paling penting.

5. Saran aplikasi di layar beranda


Terjebak pada aplikasi mana yang akan diluncurkan selanjutnya? Android sudah menempatkan aplikasi yang sering digunakan di bagian atas laci aplikasi, tetapi di Android 11, Anda juga dapat menampilkannya di layar beranda. Tekan lama pada bagian kosong layar beranda, lalu pilih Pengaturan rumah dan Saran di layar Beranda untuk mengaktifkannya — baris baru berada di bawah dok ikon utama.

6. Media player di Pengaturan Cepat


Di Android 10, kontrol pemutar media muncul dalam pemberitahuan terus-menerus; di Android 11, Anda dapat memindahkannya ke panel Pengaturan Cepat sebagai gantinya. Namun, opsi ini hanya muncul jika Anda mengaktifkan opsi pengembang di perangkat Anda (jadi mungkin tidak membuatnya ke kode Android 11 akhir). Opsi kembalinya Media kemudian akan muncul di menu Opsi pengembang.

7. Opsi screenshot yang diubah


Ambil tangkapan layar di Android 11, dan Anda mendapatkan dialog sembulan kecil di sudut kiri bawah, yang memungkinkan Anda segera membagikan atau mengeditnya (di Android 10, dialog ini muncul sebagai pemberitahuan). Kemampuan untuk menangkap tangkapan layar atau screenshot yang diperluas pada akhirnya akan muncul di sini juga (untuk mengambil seluruh situs web, misalnya), tetapi masih tersembunyi untuk saat ini.

8. Perekam layar bawaan


Android 10 beta memiliki perekam layar yang belum sempurna, tetapi sudah ditarik sebelum rilis final. Sekarang kembali (dan mudah-mudahan di sini untuk tetap) dalam versi beta dari Android 11. Ini muncul sebagai ikon di panel Pengaturan Cepat, tetapi tidak secara default, jadi Anda harus mengetuk ikon pena di kiri bawah panel untuk menyeret opsi Rekam layar ke dalam permainan.

9. Berikan izin sekali saja


Seperti pada iOS, Android 11 memungkinkan Anda memberikan izin untuk satu kesempatan, sehingga Anda dapat membiarkan aplikasi pengiriman pesan menggunakan mikrofon Anda untuk merekam klip audio tetapi kemudian memaksanya untuk meminta izin lagi pada waktu berikutnya. Seperti sebelumnya, Anda dapat mengontrol izin aplikasi dengan memilih Aplikasi dan pemberitahuan, lalu aplikasi itu sendiri, dari Pengaturan.

10. Izin sekarang diatur ulang secara otomatis


Fitur ini adalah favorit pribadi: Jika Android 11 mendeteksi bahwa Anda belum pernah menggunakan aplikasi untuk sementara waktu, ini akan mengatur ulang semua izinnya. Jika Anda menjalankan aplikasi lagi, itu harus mulai meminta izin dari awal, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang aplikasi lama terus melacak lokasi Anda atau mengakses kamera Anda meskipun Anda tidak pernah menggunakannya.

11. Jadwalkan mode gelap


Seperti yang kita lihat di pratinjau pengembang, dengan Android 11 Anda dapat menjadwalkan mode gelap untuk secara otomatis hidup atau mati sendiri berdasarkan waktu. Dari Pengaturan, pilih Tampilan, tema Gelap dan Jadwal untuk membuat pilihan Anda — Anda dapat mengonfigurasi waktu khusus atau mengaktifkan mode dan menonaktifkannya sendiri berdasarkan waktu matahari terbenam dan matahari terbit setempat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: