Jumat, 19 Juni 2020

Jenis - Jenis Jerawat Dan Bekasnya Serta Bagaiamana Cara Menghilangkannya


Tipssolusi.com - Apakah bekas jerawat membuat Anda sadar atau malu tentang kulit Anda? Sementara beberapa orang cukup beruntung memiliki cacat yang datang dan pergi tanpa meninggalkan bekas, yang lain dibiarkan dengan pengingat visual dari pelarian mereka di masa lalu, yang dapat mengambil korban emosi yang nyata. 

Seolah-olah jerawat tidak cukup buruk, bekas luka yang timbul setelah jerawat dapat memudar berminggu-minggu atau berbulan-bulan - jika memudar sama sekali, catat situs web informasi KidsHealth.org. 

Jika Anda berpikir tidak ada harapan untuk bekas luka yang membandel, pikirkan lagi. Kelebihannya adalah banyak perawatan dapat menghilangkan atau memudar bekas luka ini, membuatnya kurang terlihat dan membantu Anda mendapatkan kembali kepercayaan diri Anda.

Mengapa Bekas Jerawat Terjadi?

Mengapa beberapa orang memiliki bekas jerawat, sementara yang lain tidak? Alasannya beragam, tetapi genetika adalah salah satu faktor risiko untuk jaringan parut. Jika kerabat berdarah berjuang dengan jaringan parut jerawat, Anda mungkin juga, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Juga, jaringan parut cenderung lebih sering terjadi karena kulit kehilangan kolagen seiring bertambahnya usia. Karena kolagen berperan dalam proses penyembuhan, kulit Anda menghasilkan kolagen baru karena ia memperbaiki dirinya sendiri setelah berjerawat. Tetapi kadang-kadang, itu menghasilkan terlalu sedikit atau terlalu banyak, menghasilkan bekas luka.

Perlu diingat bahwa jerawat adalah kondisi peradangan. Pengembangan bekas luka banyak terkait dengan luas dan durasi peradangan kulit, sehingga menunda pengobatan jerawat meningkatkan risiko jaringan parut, menurut AAD. "Bekas jerawat timbul akibat respons peradangan yang kompleks dan abnormal, yang berakibat pada penyembuhan luka yang buruk," kata Kara Shah, MD, seorang ahli dermatologi umum dan pediatrik bersertifikat dengan Kenwood Dermatology di Cincinnati.

Seperti Apa Jenis Bekas Jerawat? 

"Jenis-jenis jaringan parut yang terlihat pada jerawat termasuk keloid atau bekas luka hipertrofik, yang tampak seperti benjolan merah, keras, terangkat," kata Shah. Bekas luka atrofik muncul sebagai daerah tertekan atau "tenggelam dalam", dan mungkin lebih besar, bekas luka yang luas (bekas gerbong dan bekas gulir), atau bekas luka lubang kecil (ice pick). Mengidentifikasi bekas luka jerawat dari jenis bekas luka lainnya tidak terlalu sulit, karena bekas jerawat terjadi di tempat jerawat.

Tidak semua bekas jerawat terlihat sama. Mereka dapat mengambil berbagai bentuk. Sebagai contoh:

1. Bekas Luka Bergulir

Menurut Schweiger Dermatology, ini adalah jenis bekas jerawat yang paling umum. Mereka dangkal dan lebar, dan memiliki tepi yang miring. Bekas luka ini cenderung semakin terlihat seiring bertambahnya usia.

2. Bintik Merah

Ini adalah bintik-bintik datar, merah (atau kecoklatan) yang terbentuk di tempat lesi jerawat sebelumnya. Mereka biasanya memudar tanpa meninggalkan bekas permanen. 

3. Titik gelap 

Kadang-kadang, jerawat yang disembuhkan meninggalkan tempat gelap sementara pada kulit, yang dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi, mencatat situs web untuk Proactiv.

4. Bekas Luka Halus

Bekas jerawat yang disebabkan oleh hilangnya jaringan disebut bekas luka fibrotik tertekan (kadang-kadang disebut bekas luka gerbong) dan bekas pemetik es. Mereka cenderung tampak cekung dan terlihat seperti lubang di kulit, meskipun bekas luka pemecah es lebih dalam daripada bekas luka gerbong.

5. Bekas Luka Hypertrophic dan Keloid


Beberapa jenis jerawat meninggalkan bekas luka yang tampak membesar, mengangkat pertumbuhan jaringan. Bekas jerawat ini disebabkan oleh terlalu banyak jaringan parut. Bekas luka hipertrofik dan keloid terlihat serupa, tetapi yang terakhir lebih tinggi daripada yang pertama.

Cara Mencegah Bekas Jerawat 

"Pencegahan terbaik untuk jaringan parut jerawat adalah untuk mengoptimalkan perawatan jerawat dengan rutinitas perawatan kulit yang baik, diet sehat, dan rejimen pengobatan yang tepat," kata Shah. Karena mengurangi peradangan kulit dapat mengurangi bekas luka, jangan abaikan masalah jerawat - meskipun ringan. 

Anda harus mengobati jerawat dengan krim yang dijual bebas atau mencuci wajah yang mengandung bahan-bahan aktif melawan jerawat seperti asam salisilat atau benzoil peroksida. Jika ini tidak berhasil, kunjungi dokter kulit bersertifikat, Mayo Clinic menyarankan.

"Penggunaan retinoid topikal secara teratur seperti tretinoin, adapalene, atau tazarotene telah terbukti mencegah dan mengurangi munculnya bekas jerawat, dan ini biasanya diresepkan oleh dokter kulit sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit jerawat," kata Shah. Pencegahan juga melibatkan bersikap lembut pada kulit Anda dan menghindari praktik yang dapat mengiritasi kulit Anda dan memperburuk peradangan. 

"Jangan mengambil jerawat Anda, dan hindari menggunakan produk perawatan kulit yang abrasif, seperti scrub dan loofah atau waslap," memperingatkan Shah. Dia juga menganjurkan penggunaan tabir surya setiap hari untuk mengurangi hiperpigmentasi dan bintik-bintik gelap.

Prosedur Dermatologis untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


Langkah-langkah tertentu dapat membantu mencegah jaringan parut baru, apa pilihan Anda untuk meminimalkan munculnya bekas luka yang ada? Prosedur umum untuk menghilangkan atau memperbaiki bekas jerawat meliputi:

Dermabrasi Perawatan penghilang bekas luka yang efektif ini menggunakan sikat berkecepatan tinggi atau instrumen lain untuk melapisi kembali kulit Anda dan menghilangkan atau mengurangi kedalaman bekas luka. Diperlukan waktu hingga tiga minggu hingga kulit sembuh. 

Mikrodermabrasi Untuk jenis dermabrasi yang kurang intensif ini, dokter kulit atau ahli estetika menggunakan alat genggam untuk menghilangkan kulit permukaan. Mungkin diperlukan lebih dari satu perawatan, tetapi tidak ada downtime, menurut AAD.

Chemical peel Selama chemical peel, larutan kimia diterapkan pada kulit. Ini menghilangkan lapisan luar kulit Anda, menghasilkan penampilan yang lebih halus dan lebih rata. Anda mungkin mengalami kemerahan dan mengelupas selama tiga hingga tujuh hari setelah prosedur, catat American Society for Dermatologic Surgery (ASDS).

Laser Dokter kulit Anda dapat menggunakan perawatan laser resurfacing untuk menghilangkan lapisan luar kulit Anda, area kontur bekas jerawat, atau meringankan kemerahan di sekitar lesi jerawat yang sembuh. Penyembuhan mungkin memakan waktu antara 3 dan 10 hari.

Pengisi Zat seperti kolagen, asam hialuronat, atau lemak dapat digunakan untuk "mengisi" jenis bekas jerawat tertentu. Karena bahan pengisi pada akhirnya diserap ke dalam kulit Anda, Anda harus mengulangi suntikan bahan pengisi, biasanya setiap beberapa bulan, tergantung pada bahan yang digunakan. 

Eksisi pukulan Jenis operasi kulit ini menghilangkan bekas jerawat dengan memotong secara individu, atau memotong, bekas luka. Lubang yang ditinggalkan oleh sayatan dapat diperbaiki dengan jahitan atau cangkok kulit. Cangkok kulit menggunakan sepotong kecil kulit normal (biasanya dikeluarkan dari belakang telinga) untuk mengisi area kulit yang terluka. Memar dapat terjadi selama satu hingga dua minggu setelah prosedur.

Microneedling Disebut juga terapi induksi kolagen, prosedur ini melibatkan menusuk kulit berulang kali dengan jarum kecil untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru. Ini bisa mengurangi tampilan bekas luka. Microneedling dapat meningkatkan penampilan keriput, stretch mark, dan garis-garis halus. Kemerahan kulit dapat berlangsung beberapa hari, menurut AAD.

Bekas Jerawat Fade Dengan Obat Bebas Produk bebas resep atau non resep juga dapat membantu meminimalkan munculnya bekas jerawat. 

Meskipun bintik-bintik hitam dapat memudar seiring waktu, obat penghilang bintik-bintik gelap yang dijual bebas dengan hydroquinone dapat membantu bekas luka ini memudar lebih cepat, catat Yoram Harth, MD, seorang dokter kulit dan direktur medis MDacne di San Francisco. Selain itu, perawatan jerawat dengan asam alfa hidroksi dapat merangsang pertumbuhan kulit baru, meminimalkan munculnya bekas luka lama sekaligus mencegah pembentukan jerawat baru, kata Mayo Clinic. Saat berbelanja untuk perawatan jerawat, cari produk yang mengandung asam alfa hidroksi seperti asam glikolat dan asam laktat.

Jika produk yang dijual bebas tidak menghilangkan bekas jerawat, concealer dan foundation dapat membantu Anda mengubah warna.

Bisakah Pengobatan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat? 

Karena bekas jerawat disebabkan oleh perubahan dalam jumlah dan struktur kolagen dan serat elastis di kulit, penggunaan obat alami seperti cuka sari apel, jus lemon, minyak kelapa, dan produk lainnya tidak efektif dalam mengurangi jaringan parut begitu berkembang. , kata Shah.

Dia menyarankan untuk membuat janji dengan dokter kulit untuk mendiskusikan perawatan untuk bekas luka yang ada. 

Kesimpulan tentang Memperbaiki Bekas Jerawat Beberapa bekas jerawat memudar seiring waktu. Bagi mereka yang tidak, produk yang dijual bebas dan prosedur tertentu mungkin membantu. Tetapi sementara prosedur dermatologis dapat membantu meningkatkan penampilan kulit Anda, asuransi kesehatan Anda mungkin tidak mencakup prosedur kosmetik ini, dan perawatan mungkin tidak sepenuhnya mengembalikan kulit Anda. Jadi, bersikaplah realistis dalam harapan Anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar: