Rabu, 19 Agustus 2020
Inilah Fungsi ECU (Electronic Control Unit) & Prinsip Kerjanya
TipsSolusi.com - Fungsi ECU (Electronic Control Unit) & Prinsip Kerjanya - Electronic Control Unit (ECU) adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur operasi dari internal combustion engine (mesin pembakaran dalam). Kelebihan menggunakan ECU ini adalah agar waktu pengapian dan penyemprotan bahan bakar lebih presisi.
ECU (Electronic Control Unit) |
Fungsi ECU (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module) Pada Mesin
ECU pada mesin atau disebut juga dengan nama ECM (Engine Control Module) memiliki fugsi, sebagai berikut :
- 1. Menentukan waktu penyemprotkan (penginjeksian) bahan bakar, dengan durasi waktu yang cepat atau lama.
- 2. Mengontrol waktu pengapian agar waktu pengapian dapat terjadi tepat waktu.
- 3. Menjaga mesin agar tidak terjadi detonasi dengan cara memajukan / memundurkan saat pengapian jika sensor knocking mendeteksi adanya gejala detonasi.
- 4. Mengontrol cold start injector untuk beroperasi pada beberapa tipe kendaraan ketika kondisi mesin dingin, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk dan mesin akan lebih mudah untuk menyala pada kondisi dingin.
- 5. Mengontrol aliran udara selama mesin pada putaran idle (stasioner), yaitu melewati katup ISC (Idle Speed Control).
- 6. Mengatur kerja kipas pendinginan. Pada saat mesin sudah mencapai temperatur sekitar 80o C, kipas pendingin akan bekerja sehingga tidak akan terjadi overheating.
Komputer Pengontrolan ECU Dibagi Menjadi 2 Jenis
ECU bekerja secara digital logic dengan sebuah mikrokontroller yang berfungsi mengolah data dengan proses membandingkan dan mengkalkulasi data untuk disesuaikan oleh kebutuhan mesin. Pengolahan data dari bebagai sensor -sensor diantaranya :
- Throttle Position Sensor (TPS)
- Intake Air Temperature sensor (IATS)
- Manifold Air Pressure (MAP)
- Crank Position Sensor
- Oxygen Sensor
- KnockSensor
- Coolant Temperatur Sensor.
Informasi dari sensor-sensor tersebut akan diproses oleh mikrokontroller untuk memerintah actuator yaitu injector, coil, fuel pump, dan fan. Akan tetapi muncul masalah baru, dimana ECU asli kendaraan pada umumnya tidak dapat dirubah base mapping yang tersimpan pada memori ECU tersebut atau biasa disebut Fix Mapping.
Prinsip Kerja ECU (Electronic Control Unit)
Skema Prinsip Kerja ECU |
Sensor merupakan input atau masukan untuk ECU (Electronic Control Unit) pada sistem EFI, sensor berfungsi sebagai pemberi sinyal. Sinyal sensor terdapat dua jenis, yaitu : sinyal discrete dan sinyal analog. Discrete signal berupa skala biner dimana hanya ada ON atau OFF (1 atau 0, benar atau salah), contoh nya pada push button. Sedangkan sinyal analog menggunakan prinsip rentang suatu nilai antara nol hingga skala penuh.
Misalnya pada sensor MAP (Manifold Air Pressure) dan TPS (Throttle Position sensor). Signal analog bisa berupa tegangan atau arus listrik yang akan diproporsionalkan oleh nilai integer mikrokontroler ECU, contohnya : pembacaan pada Throttle 0 % - 100 % akan dikeluarkan sensor TPS dengan nilai tegangan 0 V � 5 V dimana nilai ini akan dikonversikan menjadi nilai integer 0 � 32767.
2. ECU (Engine Control Unit)
ECU memiliki tiga bagian utama, yaitu: mikrokontroler, sistem memori dan sistem power supply. Semua aktivitas memproses data yang diambil dari sensor akan terjadi pada mikrokontroler ECU secara aritmatik dan logic, yaitu: operasi logika, sequential, timer, counter dan ADC serta mengendalikan kerja sistem secara keseluruhan.
Mikrokontroler ECU akan menghitung sinyal yang masuk dari pulser atau CKP (Crankshaft Position Sensor) secara timer dan counter sehingga dapat menentukan kapan waktu pengapian yang tepat dan jumlah bahan bakar yang harus diinjeksi kan ke dalam mesin sesuai dengan RPM mesin.
4. Aktuator
Hasil data yang diproses oleh ECU akan dikeluarkan berupa sinyal digital untuk menjalankan aktuator. Lamanya waktu Injektor untuk menginjeksikan bahan bakar akan sesuai dengan perhitungan di dalam mikrokontroler ECU. Begitu juga dengan waktu pengapian.
5. COM
COM berfungsi sebagai media komunikasi ECU dengan alat interface lain, misalnya : laptop, komputer atau handphone. Dari media COM inilah kita bisa melakukan perubahan nilai dari parameter-parameter waktu pengapian dan injeksi.
Tips Cara Pemeriksaan Komponen Motor Starter
TipsSolusi.com - Pemeriksaan Komponen Motor Starter - Untuk menghidupkan mesin pada kendaraan dibutuhkan komponen sebagai penggerak awal yang berfungsi untuk memutar poros engkol. Komponen tersebut terdapat pada sistem starter.
- Kick starter
- Electric starter.
- Yoke & pole
- Kumparan medan (field coil)
- Armature
- Pinion gear
- Magnetic switch
- Brush
- Tuas pendorong
- Armature brake
- Kopling geser
Agar motor starter dapat bekerja dengan baik maka pemeriksaan kondisi motor starter perlu untuk dilakukan.
Pemeriksaan Komponen - Komponen Motor Starter
1. Pemeriksaan gulungan anker dengan Avometer / Multitester
- Periksa gulungan anker terhadap hubungan singkat dengan massa. Jika ada hubungan singkat dengan massa anker diganti / diperbaiki.
- Periksa hubungan segmen - segmen komutator terhadap kemungkinan putus pada gulungan
Periksa hubungan segmen - segmen komutator |
2. Pemeriksaan gulungan anker Dengan Growler :
- Periksa gulungan anker terhadap hubungan singkat dengan massa menggunakan growler.
- Letakkan anker pada tester dan tempelkan sebilah plat atau daun gergaji di atas anker bila plat bergetar keras, ada hubungan singkat
Periksa gulungan anker dengan glower |
3. Pemeriksaan komutator, sikat, pemegang sikat & kopling jalan bebas :
- Periksa komutator terhadap kotor dan terbakar bila kotor bersihkan dengan kertas gosok no. 400.
- Periksa kelonjongan komutator menggunakan dial indikator.
Periksa kelonjongan komutator |
- Periksa diameter komutator dengan mikrometer / jangka sorong. Lalu bandingkan hasil pengukuran kelonjongan dan diameter dengan ketentuan pada buku petunjuk.
Periksa diameter komutator |
- Periksa segmen - segmen komutator terhadap kebersihan alur - alur segmen. Jika alur - alur segmen kedalamannya kurang dari minimum perbaiki dengan gergaji atau frais komutator
Periksa kedalaman alur-alur segmen komutator |
- Periksa permukaan bidang kontak sikat - sikat & bersihkan. Ukur panjang sikat - sikat, bandingkan dengan ukuran minimal pada buku petunjuk, kalau terlalu pendek ganti dengan yang baru
Ukur panjang sikat - sikat |
- Periksa tekanan pegas sikat dengan timbangan tarik bandingkan dengan ketentuan pada buku petunjuk hasil pengukuran dibaca saat pegas sikat lepas dari sikat
Periksa tekanan pegas sikat |
- Periksa pemegang sikat positif terhadap hubungan singkat dengan sikat negatif
Periksa hubungan pemegang sikat |
- Periksa roda gigi pinion dan poros ulir memanjang terhadap aus dan cacat.
- Periksa kopling jalan bebas diputar searah jarum jam pinion berputar bebas : diputar berlawanan arah jarum jam pinion terkunci
Perikas Kopling Starter |
4. Mengetes kumparan medan dengan alat tes 110 volt AC - Ohmmeter - Pipser
- Periksa kumparan medan terhadap kemungkinan putus gulungan
Periksa kumparan medan dari kemungkinan putus |
- Periksa kumparan medan terhadap hubungan singkat dengan massa
Periksa kumparan medan dari kemungkinan terjadi hubungan singkat |
Bagaiamana Cara Melihat Arti Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki
TipsSolusi.com - Arti Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki - Warna kabel pada setiap merek motor memiliki arti berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif (+) dan muatan negatif (-).
Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki Beserta Fungsinya
1. Warna Kabel Motor HONDA
- Hijau : Massa (-)
- Merah : Batteray / Accu (+)
- Hitam : Kunci kontak untuk pengapian DC
- Hitam Garis Putih : Kunci kontak untuk pengapian AC
- Putih Di spul : Pengisian
- Putih Di Kepala : Lampu depan dekat
- Biru : Lampu depan jauh
- Kuning : Arus listrik ke saklar lampu
- Abu - Abu : Flasher
- Biru Laut : Sein kanan
- Orange : Sein kiri
- Coklat : Lampu seri
- Hitam Garis Merah : Spull ke CDI (arus AC)
- Hitam Garis Putih : Kunci kontak
- Biru Garis Kuning : Pulser CDI
- Hijau Garis Kuning : Lampu Rem
2. Warna Kabel Motor YAMAHA
- Hitam : (massa)
- Merah : (batteray +)
- Kuning : Lampu depan jauh
- Hijau : Lampu depan dekat
- Coklat : Arus (+) ke kunci kontak
- Coklat tua : Sein kiri
- Hijau tua : Sein kanan
- Putih Garis Merah : Pulser
- Hijau Garis Hitam : Rem
- Pink : Klakson
- Biru : Lampu seri
- Hijau Garis Kuning : Swit rem depan
- Biru Garis Putih : Electric stater
- Coklat dan hijau : Spul CDI
- Orange : Koil
- Hitam Garis Putih : Kunci kontak
- Coklat Garis Putih : Flasher sein
3. Warna Kabel Motor KAWASAKI
- Hitam Garis Kuning : Massa (-)
- Putih Merah : Batteray / Accu (+)
- Merah Garis hitam : Lampu depan jauh
- Merah Garis Kuning : Lampu depan dekat
- Abu Abu : Sein kanan
- Hijau : Sein kiri
- Biru : Lampu rem
- Merah : Lampu seri belakang
- Coklat : Klakson
4. Warna Kabel motor SUZUKI
- Hitam Garis Putih : Massa (-)
- Merah : Batteray / Accu (+)
- Putih Garis Merah : Pengisian dari spul
- Kuning Garis Putih : Penerangan ke saklar lampu
- Orange : Kunci kontak
- Abu Abu : Lampu Belakang
- Putih Garis Hitam : Lampu rem
- Hijau Muda : Sein kanan
- Hitam : Sein kiri
- Putih Garis Biru : CDI ke Koil
- Biru Garis Kuning : Pulser ke CDI
Tips Cara Mengetahui Sambungan Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC
TipsSolusi.com - Mengetahui Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC - Saat dirumah ketika terdapat masalah pada kelistrikan rumah, maka diperlukan alat test pen listrik AC (Arus Searah) 220V untuk cek sumber tegangan pada kabel / stop kontak.
Umumnya kendaraan menggunakan tegangan DC (Arus Bolak - Balik) 12V sehingga memerlukan test pen khusus yang sedikit berbeda dari test pen AC (Arus Searah). Test pen ini biasa disebut dengan Test pen DC.
Test Pen DC |
Biasanya test pen jenis ini digunakan untuk kelistrikan 12volt, tetapi ada juga yang menjual testpen yang bisa digunakan untuk 6v-12v karena pada sistem kendaraan baru output dari ECU bisa jadi kurang dari 12volt. Tetapi prinsip untuk menggunakannya tetap sama.
Cara Mencari Kutub Positif (+) Atau Negatif (-) Kabel Kelistrikan :
- Pasang / jepit salah satu ujung test pen DC ke body / baut yang terpasang pada body kendaraan atau pasang pada kutub negatif (-)
- Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mencari Kutub Positif (+) |
- Jika test pen menyala, maka itu adalah kabel positif (+).
- Pastikan dulu salah satu ujung test pen sudah terpasang pada kutub positif (+)
- Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mecari Kutub Negatif (-) |
- Jika test pen menyala, bisa dipastikan itu adalah kabel negatif (-).
Tips Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak dan Tidak Terbaca
Siapa sih yang tidak mengenal kartu memori atau memory card? Entah itu 500 Mb, 1 Gb, 2, Gb, 8 Gb, bahkan 256 Gb.
Cara 1: Bersihkan Kartu Memori
- Pertama, untuk mengatasi kartu memori yang tidak terbaca adalah dengan membersihkan kartu memori itu sendiri. Lepaskan kartu memori dari gadget. Dan pastikan untuk mematikan dahulu gadget-nya.
- Bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (warna putih dan masih bersih). Gosok dengan perlahan.
- Jika sudah dirasa bersih, masukkan kembali kartu memori kedalam slot kartu memori gadget sobat. Periksa, apakah masih terbaca atau belum.
- Masuk ke menu Pengaturan > Penyimpanan.
- Lalu klik Format Kartu SD. Dengan cara ini dapat membuat kartu memori bersih dan seperti baru.
Cara 3: Cek melalui PC/Laptop
- Hubungkan smartphone dengan PC melalui kabel USB.
- Pastikan smartphone terhubung dalam mode Mass Storage mode (MSC), Bukan Media Transfer mode (MTP).
- Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive memori sobat, pilih Properties > Tools > Error Checking (Centang semua pilihan) dan Start. Tunggu sampai selesai.
- Eject kartu memorinya. Apakah masih terbaca atau belum.
- Gunakan cara 3 di atas. Copy semua file penting yang ada di kartu memori. Buatlah folder di mana saja didalam Harddrive PC sobat. Lalu pastekan.
- Jika sudah yakin tersalin semua ke dalam PC sobat, maka hanya tinggal melakukan Format.
- Dengan cara klik kanan pada Drive memori sobat lalu pilih Format.
- Sekarang cek kembali kartu memori sobat. Apakah masih terbaca atau belum.
- Jika sudah terbaca, tinggal kembalikan file penting yang telah di copy ke PC tadi ke dalam kartu memori.
Solusi Mengatasi HP Advan S3E Lupa Pola
Pada postingan kali ini, Blog Komputer akan sedikit memberikan tips Cara Mengatasi Advan S3E Lupa Pola.