Minggu, 24 Mei 2020

Fungsi Kunci L Dan Jenis - Jenisnya

Fungsi Kunci L Dan Jenis - Jenisnya - Kunci allen (allen keys) atau biasa disebut dengan kunci L, disebut kunci L memang karena bentuk kunci ini menyerupai huruf L.

Kunci ini merupakan salah satu hand tool (alat tangan) yang berfungsi untuk melepas atau memasang baut yang tidak dapat dilepas dengan kunci pas atau kunci ring.

Pada kendaraan baut yang membutuhkan kunci L digunakan sebagai alternatif untuk mengikat bodi atau aksesoris pada kendaraan mobil atau motor.

Jenis - Jenis Kunci L Dan Fungsinya


1. Kunci L Hexagonal (Foldable Hex Key)
Disebut dengan kunci L  hexagonal  karena bentuknya seperti huruf L dengan ujung segi enam. Kunci L hexagonal digunakan untuk melepas baut dengan kepala berlubang segi enam.
Kunci L Hexagonal

2. Kunci L Diamond (Foldable Ballpoint Hex Key)
Kunci L jenis ini memiliki ujung kunci yang lebih pendek seperti pangkal ballpoint. Keunggulan dari penerapan bentuk ini untuk menciptakan fleksibilitas dalam penggunaan produk Kunci L, sehingga posisi Kunci L tidak harus dalam kondisi lurus saat produk tersebut digunakan.
Kunci L Diamond

3. Kunci L Bintang (Foldable Torx)
Ujung kunci L Bintang menyerupai bintang segienam. Tujuan dari diciptakannya bentuk ini tentunya untuk pemassangan baut L dengan jenis  Star socket screw (Baut L bintang)
Kunci L Bintang

4. Kunci L Bintang Berlubang (Foldable Torx With Hole In Tip)
Bentuknya memang sama dengan Kunci L Bintang, bedanya hanya pada bagian tengah Kunci L Bintang Berlubang dilengkapi lubang. Karena ada juga beberapa baut yang pada bagian kepalanya selain berbentuk bintang juga dilengkapi dengan tonjolan kecil di bagian tengahnya.
Kunci L Bintang Berlubang

5. Kunci L Stel Klep / Katup Motor
Kunci ini memiliki sisi luar bulat dan lubangnya dengan sisi segi empat. Saat meyetel klep motor kunci L jenis ini biasa digunakan untuk mengendorkan baut penyetel celah klep dengan bentuk kepala baut segi empat.
Kunci L Stel Klep / Katup Motor
Previous Post
Next Post

0 komentar: