Sabtu, 06 Juni 2020

Jenis - Jenis Bearing Atau Laher

Jenis - Jenis Bearing Atau Laher - Bearing (bantalan) atau laher merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan atau mundukung suatu poros untuk tetap pada dudukannya. Selain itu, bearing juga berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara poros yang berputar dengan tumpuannya (bagian komponen yang diam yang menopang poros).

Bearing ini sangat erat dengan perlengkapan yang terdapt pada kendaraan karena sistem kerja pada kendaraan cenderung memanfaatkan bearing, contohnya sebagai sistem putar roda kendaraan, sistem kerja mesin, alternator hingga kipas pendingin dan kompresor AC (Air Conditioning) mobil.

Jenis - Jenis Bearing / Laher


1. Journal Bearing (Sleeve Bearing)
Journal bearing atau metal jalan umumnya digunakan pada bagian crankshaft (poros engkol) pada mesin.
Journal Bearing (Sleeve Bearing)

2. Bushing Bearing
Bushing bearing merupakan sebuah bantalan yang berfungsi sebagai tempat poros berputar. Di dalam bushing terdapat lapisan oli yang berfungsi untuk membentuk lapisan oil film untuk mengurangi terjadinya gesekan saat poros berputar.
Bushing Bearing

3. Ball Bearing (Bearing Bola)
Ball bearing (bearing bola) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola - bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Ball Bearing (Bearing Bola)

4. Cylinder Bearing (Bearing Silinder)
Cylinder bearing (bearing silinder) adalah bantalan gelinding yang menggunakan silinder - silinder baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Cylinder Bearing (Bearing Silinder)

5. Barrels Bearing (Bearing Tong)
Barrels bearing (bearing tong) adalah bantalan gelinding yang menggunakan pipa-pipa baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Barrels Bearing (Bearing Tong)

6. Taper Bearing (Beaering Kerucut)
Taper bearing (bearing kerucut) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola - bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Taper Bearing (Beaering Kerucut)

7. Needle Bearing (Bearing Jarum)
Needle bearing (bearing jarum) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola - bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Needle Bearing (Bearing Jarum)

Penggunaan bearing yang berbeda - beda diatas disesuaikan dengan besarnya beban yang ditanggung dan juga arah gaya yang bekerja pada bearing tersebut.

Arah dan besarnya gaya yang bekerja pada bearing akan menentukan jenis bearing yang dipilih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: