Kamis, 18 Juni 2020

Tips dan Cara Untuk Mengatasi Hp Terkena Air



TipsSolusi.com – Punya kejadian seperti tidak sengaja memasukan hp kedalam genangan air atau hp kemasukan air? bila iya silahkan baca tutorial berikut.

Hampir setiap orang yang memiliki hp smartphone tentunya pernah mengalami kejadian seperti hp kemasukan air, entah itu air hujan, air tergenang maupun air laut. Kejadian seperti ini tentunya sangat menjengkelkan, bagi pemilik smarphone berwaterproof tentunya tidak akan merasa khawatir dengan kondisi ini.

Tapi bagi yang belum memiliki hp berwaterproof, tentunya akan menjadi menjadi masalha besar. Nah berikut ini kami hadirkan tips dan trick cara menangani hp smartphone yang terkena air.

Hp Smartphone Kemasukan Air
Bagaimana Cara Mengatasi Hp Xiaomi Samsung Vivo Oppo Advan Terkena Kemasukan Terendam Air Hujan Laut Beterai Tanam Mati Total Dengan Beras
Hp Kemasukan Air
Apa Yang Terjadi Ketika HP Terkena Air
Bila hp smartphone dalam keadaan menyala kemasukan air laut atau air hujan, dimungkinkan hp akan mengalami kondisi sebagai berikut.

Hp akan mati secara total.
Masih menyala tapi dalam kondisi yang tidak normal.
Akan terjadi blank (hp dapat menyala namun layar berwarna putih).
Cara Memperbaiki Hp Mati Total Karena Jatuh

Cara Memperbaiki Hp Yang Terkena Air
Langkah apa yang akan anda ambil ketikan hp smartphone anda terkena air? Bila anda merasa binggung sebaiknya baca tutorial cara mengatasi hp smartphone yang terkena air berikut ini.

1. Segera Matikan Hp Smartphone
Ketika anda tidak sengaja menjatuhkan hp kedalam air, langkah pertama yang harus anda ambil ialah dengan mematikan hp menggunakan tombol power. Hal ini bertujuan meminilasir keruskan komponen hp yang diakibat oleh air.

2. Lepaskan Baterai, SIM dan Memory Card
Segera setelah anda mematikan hp segera bongkar casing hp kemudian lepaskan baterai, sim card (kartu sim) dan memory card. Bila anda memiliki pengalaman bongkar pasang hp, sebaiknya segera bongkar semua komponen handphone.


3. Keringkan Bagian Terluar Hp
Langkah berikutnya ialah mengerinkan bagian terluar dari hp tersebut mulai dari casing dan layar (LCD). Cara meringkannya, cukup gunakan tisu kering atau kain serta jangan terlalu sering mengerakan hp.

4. Lakukan Metode Pengeringan Electronik
Bila ketiga langkah diatas sudah anda lakukan, sekarang saat untuk memulai proses pengeringan hp smartphone secara toral, simak tips berikut ini.

Cara paling mudah mengeringkan hp smartphone yang terendam air.

Silahkan siapkan tempat untuk menampung beras bisa “Mangkok Besar” atau “Plastik Ziplock“.
Kemudian isi wadah terbut dengan “Beras” atau “Silica Gel” sampai penuh.
Lalu benamkan hp kedalam bahan tadi, pastikan hp terbenam sempurna.
Biarkan selama 24 jam atau sampai embun air yang terdapat pada hp menghilang.

5. Rangkit Kembali Dan Nyalakan
Inilah waktu terbaik untuk merakit kembali hp smartphone yang sudah kemasukan air. Silahkan pasang kembali kartu sim, memory card dan hp kemudian nyalakan. Bila hp anda tidak kunjung menyala segera cek konter hp terdekat dan bersiaplah untuk membeli yang baru.


Hal Yang Wajib Dihindari Saat Hp Kemasukan Air
Berikut beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan ketika hp smarphone kesayangan kemasukan air baik itu air laut atau air hujan.


  • Jangan pernah menekan tombol apapun selain tombol power atau turn off.
  • Jangan menyalakan kembali hp ketika masih dalam keadaan basah.
  • Jangan pernah menggerakkan ponsel terlalu sering.
  • Jangan menyambungkan atau mengecas hp ke tenaga listrik.
  • Jangan keringkan hp anda menggunakan hairdryer ataupun oven.
  • Jangan pernah meniup hp walaupun untuk mempercepat proses pengeringan.

Previous Post
Next Post

0 komentar: