Kamis, 18 Juni 2020

Tips dan solusi mengatasi sinyal lemah pada hp android


Cara mengatasi sinyal lemah pada hp android


Tipssolusi.com - Hp android merupakan sebuah perangkat yang banyak membantu pekerjaan manusia dan digunakan juga sebagai media hiburan maupun mencari informasi.  Hp android selain digunakan untuk menelepon ia juga bisa digunakan untuk browsing , nonton film , sosmed, game dan aktifitas lainya. nah untuk melakukan aktifitas tersebut pastinya hp android itu perlu adanya jaringan atau sinyal, baik itu sinyal telepon atau sinyal jaringan internet.

sinyal hp terganggu


Semua orang pastinya pernah merasakan adanya gangguan jaringan pada smartphone. Salah satunya yaitu sinyal yang tiba-tiba lemah atau malahan sinyal tersebut lemah terus, sehingga menganggu aktifitas anda dan membuat anda kesal. Nah untuk itu artikel ini akan memberikan beberapa penyebab kenapa jaringan sinyal anda menjadi lemah dan solusi agar sinyal anda menjadi lebih kuat.

Penyebab sinyal hp menjadi lemah


Berikut ini adalah penyebab kenapa jaringan menjadi lemah  :

1. Cuaca lagi buruk

Cuaca yang lagi buruk dapat menyebabkan jaringan atau sinyal hp menjadi lemah, misalkan cuaca yang lagi mendung atau mau hujan ditambah petir yang menyambar bisa membuat sinyal menjadi terganggu dan terhambat di karenakan air hujan memiliki sebuah ion yang mampu menghambat sinyal untuk bisa terhubung dengan pengguna termasuk dengan jaringan internet oleh karena itu setiap mau hujan biasanya jaringan akan terganggu dan dianjurkan tidak memainkan hp pada saat hujan atau mengaktifkan jaringan internet karena hal ini bisa membahayakan pengguna jika menggunakan hp pada saat hujan.

2. jaringan hp

Salah satu penyebab jaringan hp menjadi lemah adalah kurang tepatnya pengaturan jaringan yang ada pada hp, misalkan terkadang seseorang membuat hp dalam setinggan 2G sehingga hp hanya bisa menerima jaringan 2G saja padahal di tempat tersebut sudah support 3G/4G, oleh karena itu harus di setting ke 3G ataupun 4G. tetapi terkadang ada juga yang sudah memilih 4G tetapi jaringan masih saja lelet. Itu karena jaringan 4G di tempat tersebut belum sepenuhnya kuat jadi harus diatur ke 3G ataupun bisa juga pilih otomatis pemilihan jaringan supaya jaringan yang dipilih tersebut penuh/kuat.

3. Hp tidak dalam jangkauan sinyal

Salah satu penyebab jaringan hp menjadi lemah adalah : hp tidak masuk dalam jangkauan sinyal. Hal ini mungkin karena anda berada pada tempat yang sudah melebihi batas pancaran sinyal jaringan yang di keluarkan oleh tower, sehingga hp hanya mendapatkan sinyal yang sedikit. Hal ini biasanya bisa diatasi dengan pergi ke tempat yang memiliki jaringan yang kuat atau penuh bar ( biasanya bisa  cek di bar jaringan hp ) ataupun pergi ke ruang yang terbuka.

4. Berada di tempat yang tertutup

Salah satu penyebab sinyal hp menjadi terganggu adalah , anda memainkan hp anda di ruang yang tertutup sehingga sinyal yang mau masuk ke hp anda menjadi terhambat oleh dinding ataupun material yang ada pada ruangan tersebut.

5. Tidak ada tower provider

Penyebab lainya yang menyebabkan jaringan menjadi lemah adalah tidak adanya tower penyedia sinyal jaringan di tempat anda atau towernya hanya sedikit. Sehingga sinyal di hp anda lemah atau malahan tidak ada jaringan sama sekali.

6. Baterai hp lagi lemah

baterai hp yang lemah bisa juga menjadi penyebab sinyal jaringan hp anda menjadi lemah, hal ini di karenakan biasanya hp ada fitur untuk penghematan baterai. Nah hal ini menyebabkan penggunaan aktifitas yang ada di hp di berhentikan dulu atau dikurangi sedikit agar hp menjadi lebih hemat, salah satunya yaitu penangkapan jangkauan sinyal hp pun ikut menjadi lemah. Oleh karena itu anda harus menghemat pemakaian baterai anda.

7. Jaringan Hp anda rusak/error

Nah penyebab lainya bisa saja komponen yang ada pada hp anda mengalami gangguan atau rusak sehingga hp anda menjadi terhambat dalam penangkapan sinyal ataupun hilang sinyal sepenuhnya.

Baca juga :


Solusi untuk hp yang sinyal lemah


Berikut ini cara mengatasi sinyal hp yang lemah :

A. Restart hp android

Merestart hp menjadi solusi yang paling banyak dipakai. karena dengan merestart hp, anda dapat membuat hp anda menjadi lebih fresh dan mengulang kembali sistem agar lebih segar, salah satu manfaatnya ke jaringan yaitu ia dapat menstabilkan dan mengulang kembali sistem pencarian dan penangkapan sinyal jaringan.

B. On/off mode pesawat

On off pada mode pesawat sama manfaatnya bagi sinyal jaringan seperti merestart tetapi menggunakan on/off mode pesawat dapat dilakukan dengan mudah dan simple. Hal ini bermanfaat agar hp anda mengulang kembali pencarian sinyal jaringan dan agar supaya lebih optimal terhubung dengan jarigan.

C. Merubah pengaturan jaringan hp

Mengubah pengaturan jaringan hp juga dapat mengatasi sinyal hp yang lemah, misalkan jika di daerah anda sudah ada 4G tetapi jaringan 4Gnya gk kuat ataupun hp anda di setting ke 2G tetapi jaringan di tempat anda sudah kuat jaringan 3G/4G  maka anda bisa coba setting jaringan anda ke 3G atau otomatis saja.

D. Pindah ke tempat yang lebih terbuka

Salah satu penyebab jaringan menjadi lemah itu anda berada di ruangan yang tertutup sehingga sinyal menjadi terhambat agar sampai ke hp anda, solusinya anda pindah ke ruang yang lebih terbuka atau pergi ke tempat yang dekat dengan tower sinyal jaringan provider anda.

E. Memakai aplikasi penguat sinyal

Menggunakan aplikasi penguat sinyal bisa saja menjadi solusi untuk membuat jaringan anda menjadi lebih cepat dan kuat. Anda bisa mencoba aplikasi sinyal booster yang tersedia di playstore atau market apps di hp anda.

F. Mengecek kartu sim

Nah mengecek kartu sim bisa saja menjadi solusi jika jaringan anda sepenuhnya hilang atau kartu tidak terdeteksi , mungkin saja anda salah memasang dan kartu anda berada pada posisi yang kurang tepat. Dan anda bisa juga menupgrade kartu anda ke jaringan yang baru misal dari kartu 2G/3G ke kartu 4G ataupun menganti kartu tetapi dengan nomor yang sama di tempat resmi simcard anda.

G. Hubungi Customer Service

anda bisa coba hubungi ke customer service provider kartu anda untuk keluhan sinyal hp anda. Mungkin saja kartu anda mengalami masalah atau di tempat anda lagi mengalami gangguan jaringan seperti tower jaringan lagi perbaikan atau dilakukan pembahuruan ( maintenance).

H. Coba ke service hp terpecaya anda

Nah jika anda sudah mencoba cara diatas dan tidak teratasi , mungkin saja ada yang salah pada hp anda seperti penangkap sinyal atau kartu jaringan hp ada mengalami gangguan atau rusak sehingga perlu diganti yang baru. Hal ini coba anda pergi ke tempat service hp terpecaya anda untuk di bicarakan.

Itulah cara mengatasi dan penyebab jaringan hp menjadi lemah . ada beberapa cara dan solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya, biasanya penyebab utama jaringan menjadi lemah atau hilang sinyal yaitu tower jaringan lagi rusak sehingga anda harus menunggu tower tersebut selesai di perbaiki. Nah sampai disini dulu, terima kasih sudah membaca dan semoga dapat bermanfaat untuk anda dan banyak orang.

Rekomendasi 5 Aplikasi Penguat Sinyal 4G

7 Aplikasi Penguat Sinyal Android Ini Bisa Tingkatkan Kecepatan Paket Data Dan Wifimu!

7 Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2020, Bye Buffer!

Aplikasi Penguat Sinyal 4G Untuk Jaringan Lemot, Apa Saja?

7 Alat Penguat Sinyal HP & Internet Terbaik | Paling Ampuh!

Penguat Sinyal Hp Android Terbaik

Update Terkini Harga Alat Penguat Sinyal HP Eksternal

10 Cara Mendapatkan Jaringan 4G LTE dengan Mudah

Rekomendasi 5 Aplikasi Penguat Sinyal 4G

DIY Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Di Rumah | Mudah & Murah!

18 Aplikasi Penguat Sinyal Wifi dan 4G untuk Android dan Iphone !

Cara Memperkuat Sinyal iPhone Field Test Mode

Cara Memperkuat Sinyal iPhone Field Test Mode

Ketik *3370# di iPhone Sinyal Jadi Bagus, Android ada Kodenya Sendiri, Berikut 13 Kode Rahasia Jarang yang Tahu Tapi Bermanfaat Besar

Cara Memperkuat Sinyal iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Tips Cara Memperkuat Sinyal AXIS (3G & 4G)

3 Cara Memperkuat Sinyal Axis (3G &4G) Terbaru

Cara Memaksimalkan Sinyal 4G Xiaomi

Cara Memaksimalkan Sinyal 4G Xiaomi

Cara Memperkuat Sinyal 4G Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Cara memperkuat sinyal hp Xiaomi dengan Harga Murah

SignalRefresh Akan Membuat Signal iPhone Anda Menjadi Kuat

5 Aplikasi Untuk Menguatkan Sinyal di HP Android

Download Aplikasi Penguat Sinyal Android Paling Ampuh

7 Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2020, Bye Buffer!

Aplikasi Penguat Sinyal Android

Previous Post
Next Post

0 komentar: