Selasa, 27 Oktober 2020

Bagaiamana Cara Memilih VPN yang Aman dan Berkualitas

   


Cara Memilih VPN yang aman dan berkualitas - Hati-hati jangan asal pakai VPN, karena apalagi ketika kita pakai VPN yang gratis jaminan keamanan data anda menjadi taruhannya. Memang VPN gratis tidak semuanya buruk atau menyalahgunakan data anda, namun hal ini sangat beresiko, logika sederhananya ketika provider VPN ini tidak mendapatkan uang dari berlangganan, sehingga peluang provider VPN ini untuk meraup atau menghasilkan uangnya dapat dari berbagai cara yang negatif, contohnya menyalahgunakan data anda, di tambah lagi untuk VPN Yanga free atau gratis, sudah barang tentu kualitasnya biasa saja.

VPN terbaik sangat bergantung pada rencana Anda untuk menggunakannya dan fitur mana yang paling penting. Untuk beberapa orang, ini memiliki kecepatan tercepat. Bagi yang lain, itu memastikan pemerintah tidak bisa mengambil alih data Anda. Dan ada banyak variabel di antaranya. Jadi beberapa opsi di bawah ini mungkin bagus untuk Anda dan sangat salah untuk orang berikutnya. Namun berdasarkan sejumlah faktor utama, berikut ini beberapa VPN yang layak untuk diperhatikan.

Berikut 4 Provider VPN yang berbayar Yang Dapat di Rekomendasikan yaitu :



Anda akan menemukan Mullvad menduduki puncak dalam banyak daftar "VPN terbaik" — dan untuk alasan yang bagus. Ini murah (sedikit di atas $ 5 sebulan), memiliki 775 server di seluruh dunia, dan memiliki kebijakan tanpa pencatatan yang ketat untuk data pengguna. Memang, itu bahkan tidak mengumpulkan alamat email Anda, melainkan menggunakan generator nomor akun acak untuk login. Mullvad adalah open source dan tunduk pada audit keamanan pihak ketiga untuk memastikan semuanya diatur. Ini menerima sebagian besar jenis pembayaran, jadi Anda dapat membuatnya tetap anonim dengan membayar tunai atau cryptocurrency. Dan menggunakan kedua protokol VPN WireGuard, yang dikatakan lebih cepat dari standar yang berjalan lama, OpenVPN, yang juga tersedia dan masih bagus. Mullvad menggunakan enkripsi AES-256 yang kuat dan kunci RSA 4096-bit pada koneksi OpenVPN-nya, yang dianggap sebagai perlindungan andal terhadap peretasan. Salah satu potensi kerugian bagi beberapa pengguna yang sangat berhati-hati adalah bahwa Mullvad berbasis di Swedia, yang merupakan bagian dari "Fourteen Eyes", sebuah aliansi berbagi intelijen internasional. Itu mungkin bukan masalah besar bagi banyak pengguna, tetapi jika Anda memerlukan jaminan lebih lanjut bahwa riwayat internet Anda terkunci, opsi VPN lain mungkin merupakan rute yang lebih baik. Mullvad tersedia di semua platform utama, termasuk Linux, Windows, macOS, iOS, dan Android.


Jika Anda perlu menjalankan beberapa perangkat sekaligus, IVPN adalah pilihan yang solid. Ini sedikit lebih mahal daripada beberapa opsi lain, tetapi ia menawarkan berbagai tingkatan harga tergantung pada apa yang Anda butuhkan, mulai dari hanya $ 6 sebulan dengan fitur terbatas dan hanya dua koneksi simultan, hingga $ 100 per tahun untuk versi "pro" , yang menawarkan hingga tujuh koneksi dan fitur seperti port forwarding dan koneksi multi-hop (merutekan lalu lintas Anda melalui dua server, bukan hanya satu). Ia juga menawarkan uji coba tiga hari gratis untuk semua paket (tetapi Anda akan dikenakan biaya jika tidak membatalkan sebelumnya). IVPN juga memiliki fasilitas tambahan, seperti kemampuan untuk memblokir Facebook dan Google sepenuhnya, pemblokir iklan bawaan, dan pilihan layanan untuk memilih server tercepat yang tersedia untuk Anda. Ia menggunakan enkripsi yang sama seperti yang lainnya dalam daftar ini, dan ia menawarkan WireGuard, yang dapat membantu meningkatkan kecepatan dan keamanan. Perusahaan memiliki kebijakan tanpa pencatatan, yang diverifikasi oleh audit independen. VPN ini tidak menawarkan server sebanyak di banyak negara seperti beberapa VPN yang sebanding, tetapi fleksibel, tersedia secara luas untuk platform utama, dan tidak memiliki tanda bahaya yang besar. Mullvad masih merupakan pilihan yang lebih baik, menurut saya, tetapi IVPN adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda.


Inilah kabar buruknya: PIA berbasis di AS, yang berarti sepenuhnya berada dalam pengawasan Eye of Sauron dan tunduk pada undang-undang AS. Kabar baiknya adalah PIA adalah salah satu dari sedikit perusahaan VPN yang benar-benar membuktikan bahwa ia tidak mencatat data pengguna. Dokumen pengadilan yang diajukan pada tahun 2016 terkait dengan penyelidikan FBI mengungkapkan bahwa VPN hanya dapat mengonfirmasi bahwa "sekelompok alamat IP yang digunakan [oleh tersangka] berasal dari pantai timur Amerika Serikat". Tentu saja, itu sudah bertahun-tahun yang lalu, tetapi perusahaan masih mempertahankan kebijakan tanpa pencatatan (dan jelas memiliki alasan yang kuat untuk tidak mengubahnya). Di luar bukti itu, Anda juga akan mendapatkan enkripsi AES-256 dan RSA-4096 yang kuat di OpenVPN, mendukung hingga 10 koneksi simultan dari lebih dari 3.000 server, dan aplikasi yang didesain ulang. Itu cukup sederhana, tetapi juga murah — sekitar $ 70 untuk dua tahun, $ 40 untuk satu tahun, atau $ 10 per bulan. Ini tidak sebagus Mullvad, tapi bukti tentang hal tanpa pencatatan mungkin cukup untuk beberapa orang yang terlihat kurang percaya. PIA tersedia di semua platform utama.


Meskipun Anda baru mengenal VPN, Anda mungkin pernah mendengar tentang NordVPN. Perusahaan ini sangat baik dalam memasarkan layanannya, dan itu saja merupakan alasan yang baik untuk tidak sepenuhnya mempercayainya. Namun bukan berarti ini adalah opsi yang buruk bagi sebagian pengguna, dan visibilitasnya yang begitu besar berarti layak untuk disebutkan, hanya untuk membahas seluk beluknya. NordVPN murah, sangat cepat, dan mudah digunakan. Dan jika Anda hanya ingin menambahkan lapisan privasi tanpa mempertaruhkan hidup Anda pada perusahaan yang melakukan segalanya dengan benar, itu adalah opsi yang ramah pengguna. Untuk mendapatkan harga termurah, Anda harus merogoh kocek $ 90 untuk masa kerja dua tahun — tetapi ini menawarkan jaminan uang kembali jika Anda ingin menebus. Layanan bulanan lebih mahal $ 12 per bulan. Apa pun yang Anda bayar, Anda akan mendapatkan akses ke lebih dari 5.400 server di lebih dari 60 negara, sekumpulan fitur yang mungkin Anda inginkan atau tidak inginkan, dan, karena perusahaan tersebut berbasis di Panama, jaminan bahwa data Anda — atau kekurangan data, sebagaimana kasusnya — berada di luar yurisdiksi AS dan Eropa. Seperti setiap VPN lain dalam daftar ini, NordVPN mengklaim memiliki "kebijakan tanpa pencatatan yang ketat", sehingga sebagian besar data Anda tidak dikumpulkan, kata perusahaan itu. Itu masih mengumpulkan alamat email Anda, informasi pembayaran, dan cap waktu terakhir kali Anda meluncurkan VPN. Dan beberapa peneliti telah menemukan bahwa itu mengirimkan alamat email dan ID Iklan Google Anda ke perusahaan pemasaran ketika Anda mendaftar melalui aplikasi Android dan berisi beberapa pelacak. Kelemahan lainnya adalah beberapa server NordVPN disewa, yang berarti perusahaan lain yang perlu Anda percayai ikut campur. Dan ya, salah satu server tersebut diretas pada tahun 2018. Tetapi perusahaan mengklaim telah pindah sepenuhnya ke penyimpanan berbasis RAM (artinya tidak ada yang disimpan di hard drive), dilaporkan meningkatkan standar keamanannya untuk penyedia server, dan fakta bahwa peretasan mengungkapkan tidak ada data pengguna yang mengidentifikasi membantu mendukung klaimnya bahwa ia tidak menyimpan log. Untuk pengguna yang sangat berhati-hati, semua peringatan ini mungkin terlalu berat untuk ditangani, tetapi jika Anda hanya ingin mengatur mertua Anda dengan opsi VPN set-and-forget, NordVPN adalah cara yang murah dan populer untuk melakukannya. NordVPN tersedia di semua platform utama.

Previous Post
Next Post

0 komentar: