Senin, 05 Oktober 2020

Tips Mencegah Tumbuhnya Jerawat karena Hormon dan Cara Mengobatinya Secara Alami

 

Apa artinya memiliki jerawat hormonal? 

Jerawat hormonal persis seperti namanya - jerawat terkait dengan fluktuasi hormon Anda. Meskipun biasanya dikaitkan dengan fluktuasi hormon selama masa pubertas, jerawat hormonal dapat memengaruhi orang dewasa dari segala usia. Ini sangat umum terjadi pada wanita. 

Sejumlah faktor dapat menyebabkan ini, termasuk menstruasi dan menopause. Diperkirakan 50 persen wanita usia 20 hingga 29 tahun memiliki jerawat. Ini mempengaruhi sekitar 25 persen wanita berusia 40 hingga 49 tahun. 

Pendapat para ahli beragam dalam hal jerawat hormonal. Meskipun Mayo Clinic mengatakan hormon umumnya bukan merupakan faktor penyebab jerawat orang dewasa, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan jerawat pada orang dewasa dengan kondisi medis yang mendasarinya. Dalam kasus lain, orang dewasa dengan jerawat mungkin tidak memiliki masalah hormon yang "terukur". 

Hal ini dapat membuat diagnosis dan pengobatan menjadi menantang. Teruslah membaca untuk mempelajari seperti apa jerawat hormonal, apa penyebabnya, dan cara menghilangkan jerawat.

Apa ciri-ciri jerawat hormonal? Selama masa pubertas, jerawat hormonal sering muncul di zona-T. Ini termasuk dahi, hidung, dan dagu Anda. Jerawat hormonal dewasa biasanya terbentuk di bagian bawah wajah Anda. Ini termasuk bagian bawah pipi Anda dan di sekitar garis rahang Anda. 

Bagi sebagian orang, jerawat hormonal berupa komedo, komedo putih, dan jerawat kecil yang muncul di kepala, atau kista. Kista terbentuk jauh di bawah kulit dan tidak sampai ke kepala di permukaan. Benjolan ini sering kali terasa lembut saat disentuh. 

Jerawat hormonal dapat disebabkan oleh masuknya hormon dari: 

  • haid 
  • sindrom ovarium polikistik 
  • mati haid
  • peningkatan kadar androgen 

Secara khusus, fluktuasi hormon ini dapat memperburuk masalah jerawat dengan meningkatkan: 

  1. peradangan kulit secara keseluruhan
  2. produksi minyak (sebum) di pori-pori sel
  3. kulit tersumbat di folikel rambut
  4. produksi bakteri penyebab jerawat yang disebut Propionibacterium acnes

Cara mengobati jerawat hormonal secara alami 

Dalam beberapa kasus, pilihan pengobatan nabati dapat digunakan untuk membersihkan jerawat hormonal ringan. 

Perawatan alami biasanya bebas dari efek samping yang terkadang disebabkan oleh pilihan resep. 

Tapi mereka mungkin tidak efektif. Penelitian tentang pilihan alami kurang, dan saat ini tidak ada yang terbukti membuahkan hasil. 

Bicarakan dengan dokter Anda tentang potensi risiko dan untuk memastikan pengobatan tidak akan berinteraksi dengan obat apa pun yang Anda minum.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh bekerja dengan mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat. Satu studiTrusted Source menemukan bahwa 5 persen minyak pohon teh topikal meredakan gejala pada peserta dengan jerawat ringan hingga sedang. 

Minyak pohon teh tersedia di banyak produk perawatan kulit, seperti pembersih dan penyegar. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial pohon teh sebagai perawatan di tempat. Anda harus selalu mengencerkan minyak esensial pohon teh dengan minyak pembawa sebelum digunakan. 

Minyak pembawa yang populer termasuk kelapa, jojoba, dan zaitun. Aturan umumnya adalah menambahkan sekitar 12 tetes minyak pembawa ke setiap satu hingga dua tetes minyak esensial. Penting juga untuk melakukan uji tempel kulit sebelum menggunakan minyak esensial pohon teh yang diencerkan. 

Untuk melakukan ini, oleskan minyak yang diencerkan ke bagian dalam lengan bawah Anda. Jika Anda tidak mengalami iritasi atau pembengkakan dalam waktu 24 jam, sebaiknya gunakan di tempat lain.

2. Asam alfa hidroksi 

Alfa hidroksi Asam (AHA) adalah asam tanaman yang sebagian besar berasal dari buah jeruk. AHA dapat membantu menghilangkan kelebihan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Sebagai bonus, AHA dapat membantu meminimalkan munculnya bekas jerawat. AHA dapat ditemukan di banyak masker dan krim OTC. Seperti halnya retinoid, AHA dapat meningkatkan sensitivitas kulit Anda terhadap sinar matahari. Anda harus selalu memakai tabir surya saat menggunakan produk dengan AHA.

3. Teh hijau 

Teh hijau dikenal untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Untuk pendekatan yang lebih holistik, pertimbangkan untuk minum beberapa cangkir per hari selain mempraktikkan perawatan kulit topikal Anda. Anda dapat menemukan banyak pilihan teh hijau di sini. Lotion dan gel yang mengandung setidaknya 2 persen ekstrak teh hijau mungkin bermanfaat.

Selain perawatan secara alami, anda juga harus menjaga dan rutin melakukan kegiatan seperti di bawah ini :
  1. Basuh wajah Anda di pagi dan sore hari.
  2. Gunakan tidak lebih dari produk jerawat apa pun seukuran kacang polong.
  3. Menerapkan produk anti jerawat jangan terlalu banyak yang dapat mengeringkan kulit Anda dan meningkatkan iritasi. 
  4. Kenakan tabir surya setiap hari. Gunakan hanya produk nonkomedogenik untuk mengurangi risiko pori-pori tersumbat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: