Kamis, 05 Desember 2019

Fungsi Tie Rod Pada Sistem Kemudi Dan Ciri - Ciri Tie Rod Bermasalah

Fungsi Tie Rod Pada Sistem Kemudi Dan Ciri - Ciri Tie Rod Bermasalah - Tie rod pada sistem kemudi mobil berfungsi untuk mengatur laju kendaraan agar dapat melaju dengan stabil & mudah dikendalikan. Tie rod mobil terletak di antara steering gear box (steering rack) dengan knuckle arm depan, tie rod tersebut juga berfungsi sebagai penghubung antara steering gear box dan knuckle arm. Bentuk dan nama tie rod yang terdapat pada mobil ditinjau dari sistem kemudi yang digunakan.

Pada sistem kemudi yang menggunakan steering rack, maka tie rod dibagi menjadi dua bagian, yaitu : 
  • 1. Inner Tie Rod (Rack End)
  • 2. Tie Rod End. 
Kontruksi Tie Rod Pada Sistem Kemudi

Untuk di Indonesia karena Inner tie rod mempunyai bentuk panjang maka sering disebut juga dengan nama long tie rod. Long tie rod dipasang dan terhubung di ujung steering rack, sedangkan tie rod end dipasang dan terhubung di knuckle arm tempat roda mobil berada.

Fungsi Tie Rod Pada Sistem Kemudi


1. Menghubungkan Putaran Antara Kemudi & Roda Depan
Fungsi tie rod yang utama adalah untuk meneruskan putaran dari roda kemudi (setir) yang digerakan oleh pengemudi ke roda depan. Gerakan memutar setir yang dilakukan pengemudi, akan mengalir menuju steering gear box dan gerakan berubah menjadi menarik atau mendorong. 

Dari gerakan ini kemudian diteruskan oleh tie rod untuk menarik atau mendorong sebagian sisi roda depan, sehingga roda depan dapat berubah arah atau berbelok sesuai dengan arah putaran setir yang dilakukan pengemudi.

2. Mengatur Toe Roda Depan
Fungsi tie rod yang ke dua adalah untuk mengatur sudut toe pada roda. Pengaturan bisa dilakukan pada sambungan antara Inner tie rod dan tie rod end. Caranya adalah dengan memanjang - pendekkan ulir di antara dua jenis tie rod sehingga menghasilkan sudut toe yang diinginkan.

Saat sudah didapat sudut yang diinginkan, toe bisa berfungsi dengan sempurna. Toe adalah selisih jarak antara roda depan bagian muka dan roda depan bagian belakang saat dilihat dari atas kendaraan. Terdapat dua jenis toe yaitu : toe-in dan toe-out.

3. Meredam Getaran Roda
Inner tie rod dan tie rod end merupaka ball joint yang dapat bergerak ke beberapa arah. Ball joint ini berfungsi untuk memutus gerakan ke atas - ke bawah atau gerakan ke kanan - ke kiri roda agar getaran dari gerakan tersebut tidak merembet dan memengaruhi setir kemudi.

Inner tie rod atau long tie rod berfungsi meredam getaran ke atas dan ke bawah roda. Sementara tie rod end berfungsi untuk meredam getaran ke kanan - ke kiri roda. Dengan begitu, maka roda dapat bebas bergerak tetapi tidak mengganggu fungsi sistem kemudi sehingga setir dapat sepenuhnya dikendalikan dengan mudah & nyaman.

Ciri - Ciri Tie Rod Mobil Bermasalah

Pentingnya fungsi tie rod pada kemudi untuk memastikan kestabilan laju mobil mengharuskan para pemilik kendaraan untuk merawat dan memperhatikan komponen ini sebaik mungkin.

Seiring pemakaian, komponen tie rod mobil pasti akan mengalami penurunan performa. Gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan tie rod sebenarnya dapat dirasakan dan diketahui pengendara pada saat mobil berjalan normal atau pada saat kecepatan kecepatan rendah.
Posisi / Letak Tie Rod

1. Kendaraan sering membuang ke salah satu arah.
Jika mobil tidak dapat bergerak lurus atau kemudi terasa sulit untuk dikendalikan secara stabil, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada tie rod.

2. Ban aus tidak merata.
Untuk mengetahuinya harus menginspeksi kedua ban depan. Perhatikan perbedaan keduanya, apabila ada tanda aus yang terlihat aneh, sebaiknya segera periksa tie rod. Untuk memastikannya, cobalah untuk menggoyangkan ban. Jika ban dapat digoyangkan berarti ada permasalahan pada tie rod.

3. Muncul suara hentakan seperti besi yang saling berbenturan. 
Bagian pada tie rod dan long tie rod yang mengalami kerusakan dan menjadi penyebab bunyi pada kaki kaki adalah karena ball joint yang sudah oblag. Jika dibiarkan, kerusakan bisa semakin parah dan mempengaruhi komponen lainnya. Kondisi seperti ini juga bisa dirasakan ketika kemudi diputar, di mana respon ban terhadap putaran kemudi tak selaras atau ketinggalan. Kemudi pun terasa seperti longgar atau kehilangan cengkeraman.

Gejala yang paling terasa adalah mobil bergetar. Jika mencapai kondisi ini berarti kerusakan tie rod sudah sangat parah karena ban bergerak liar sendiri atau tidak terhubung kuat dengan kemudi. Pengemudi akan sulit untuk mengontrol arah gerak kendaraan. Tie rod baik setiap kendaraan tidak sama ukuran nya baik ukuran panjang  atau pun ukuran ulir untuk penyambungan nya.

Perkiraan harga Tie Rod :
  • Tie Rod 1 Set kiri kanan Merk 555 Harga berkisar antara Rp.170.000- Rp.200.000
  • 2.Long Tie Rod 1 Set kiri dan kanan Merk 555 Harga Rp.230.000 � Rp.250.000

Selasa, 03 Desember 2019

Pemeriksaan Injektor Nozzle Mesin Diesel

Pemeriksaan Injektor Nozzle Mesin Diesel - Injection Nozzle (Injektor Nozzle) adalah salah satu komponen dari sistem bahan bakar (Fuel System) diesel yang berfungsi untuk mengabutkan/ menyemprotkan bahan bakar diesel ke ruang bakar. Jika injektor ini mengalami kerusakan, maka proses penyalaan/pembakaran pada mesin diesel akan terganggu (Sulit menyala/tidak bisa menyala/menyala tapi tidak sempurna).

Komponen - komponen pada sistem bahan bakar diesel ini sangat sensitif terhadap kotoran atau debu sekalipun, maka pekerjaan servis sistem bahan bakar diesel ini membutuhkan tingkat kepresisian yang tinggi, maka sebaiknya dikerjakan dalam ruangan yang ber AC. Sebelum pembongkaran nozzle dilakukan, Lakukan pemeriksaan bentuk penyemprotan, kebocoran dan tekanan penyemprotan.

Pemeriksaan Nozzle Menggunakan Injektor Nozzle Tester

1. Pembuangan udara pada injektor nozzle tester
  • Pasang injektor nozzle pada injektor nozzle tester
    Pemasangan nozzle

    • Lakukan pembuangan udara yang ada pada saluran nozzle tester, dengan menggerakkan tuas sampai solar keluar pada sambungan pipa.
    Pembuangan udara

    2. Pemeriksaan tekanan pengabutan injektor nozzle

    • Tutup kran saluran tekan ke manometer, lakukan pengetesan bentuk penyemprotan dengan menggerakkan tuas dalam langkah penuh dengan kuat dan cepat.
    • Gerakkan tuas tester dalam langkah penuh dengan kuat dan cepat, baca tekanan pada manometer, catat hasilnya.
    Tes tekanan penyemprotan

    3. Pembacaan pressure gauge saat tekanan injeksi mulai turun
    • Tekanan Membuka : Injektor Baru    : 151 � 159 kg/cm� 
    • (Opening Pressure) : Injektor Lama   : 145 � 155 kg/cm�

    4. Pemeriksaan bentuk penyemprotan injektor nozzle
      Bentuk - bentuk penyemprotan
      Keterangan :
      • A, B, C = Bentuk jelek 
      • D = Bentuk baik
      • Sudut penyemprotan yang baik adalah  4� (Lihat pada manual)

      5. Pemeriksaan kebocoran injektor nozzle
      • Buka kran saluran tekan ke manometer. Gerakan tuas tester sampai manometer menunjukkan tekanan 80 bar, pertahankan posisi tekanan ini selama 20 detik, lihat dan amati kebocoran pada ujung nosel.
      • Amati dan rasakan ujung bodi nosel dengan jari anda, apakah ada tetesan atau ujung bodi nosel menjadi basah
      Tes kebocoran

      Keterangan :
      • A : Ada kebocoran
      • B : Tidak ada kebocoran

      Pembongkaran, Penyetelan & Perakitan Injektor Nozzle

      1. Pembongkaran injektor nozzle
      Bila salah satu tes yang dilakukan hasilnya tidak memuaskan, lepas injektor nozzle pada injektor nozzle tester, jepit pada ragum dengan alas penjepit alumunium, bongkar sesuai dengan urutan pada gambar berikut :
      Urutan pembongkaran nozzle
      Keterangan :
      • Baut pemegang
      • Shim
      • Pegas
      • Batang pendorong
      • Pembatas jarum
      • Jarum dan bodi nosel
      • Mur pemegang

      2. Penyetelan injektor nozzle
      • Bersihkan semua komponen dengan solar. Lakukan tes luncur jarum, dengan memasukkan jarum pada bodinya. jarum harus meluncur pelan-pelan dengan sendiri!
      Bersihkan komponen

      • Stel tekanan penyemprotan dengan cara merubah tebal shim (2). Perbedaan tebal 0,04 mm merubah tekanan penyemprotan 4 bar.
      Stel penyemprotan

      3. Perakitan injektor nozzle
      • Rakitlah injektor setelah semua komponennya terendam dalam solar, untuk mencegah karatan. Perhatikan kebersihan ! Jangan sampai benang kain dst. berada di dalam injektor.
      • Kontrol kembali bentuk penyemprotan, tekanan penyemprotan dan kebocoran nozzle.

      Fungsi Nozzle Pada Mesin Diesel & Cara Kerjanya

      Fungsi Nozzle Dan Cara Kerjanya - Pengabut (nozzle/injector) berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar atau menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut agar mudah bercampur dengan oksigen sehingga mudah terbakar dalam silinder mesin.

      Nozzle bahan bakar disebut juga dengan pengabut atau ada yang menyebut dengan Injektor. Disebut injektor karena tugas dari komponen ini adalah menginjeksi dan disebut pengabut karena bahan bakar keluar dari komponen ini dalam bentuk kabut, sedangkan disebut nozzle karena ujung komponen ini luas penampangnya makin mengecil.

      Fungsi Injektor Nozzle


      Injector nozzle berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA. Injector yang dirancang sedemikian rupa merubah tekanan bahan bakar dari injection pump yang bertekanan tinggi untuk membentuk kabut yang bertekanan antara 60 - 200 kg/cm�, tekanan ini mengakibatkan peningkatan suhu pembakaran didalam silinder meningkat menjadi 600�C.

      Tekanan udara dalam bentuk kabut melalui Injector ini hanya berlangsung satu kali pada setiap siklusnya yakni pada setiap akhir langkah kompresi saja. Sehingga setelah sekali penyemprotan dalam kapasitas tertentu dimana kondisi pengabutan yang sempurna maka injector yang dilengkapi dengan jarum yang berfungsi untuk menutup atau membuka saluran injector ini sehingga kelebihan bahan bakar yang tidak mengabut akan dialirkan kembali kebagian lain atau ke tangki bahan bakar sebagai kelebihan aliran (overflow).

      Komponen - Komponen Pada Injektor Nozzle


      Komponen Injektor Nozzle

      Keterangan :

      • 1. Mur pengunci
      • 2. Overflow Pipe
      • 3. Washer 
      • 4. Nozzle Holder
      • 5. Adjusting Washer
      • 6. Pressure Spring
      • 7. Pressure Pin
      • 8. Distance Piece
      • 9. Nozzle Needle & Nozzle Body
      • 10. Retaining Nut

      Injektor Nozzle terdiri dari nozzle body dan needle. Nozzle me-nyemprotkan bahan bakar dari pompa injeksi ke dalam silinder dengan tekanan tertentu untuk mengatomisasi bahan bakar secara merata.

      Pompa injeksi adalah sejenis katup yang dikerjakan dengan sangat presisi dengan toleransi 0,001 mm, oleh karena itu apabila nozzle body diganti maka harus diganti bersama dengan needle valve.

      Injektor nozzle harus dilumasi dengan bahan bakar diesel. Nozzle holder memegang nozzle dengan retaining nut dan distance piesce, nozzle holder terdiri dari adjusting washer yang mengatur kekuatan tekanan pegas untuk menentukan tekanan membukanya katup nozzle.

        Tipe - Tipe Injektor Nozzle

        Tipe nozzel injeksi sangat menentukan bagi proses pembakaran dan bentuk ruang bakar.
        Macam  - macam injector nozzle


        1. Single Hole Type (Nozzle Berlubang)
        Injektor nozzle berlubang satu (single hole) proses pengabutannya sangat baik akan tetapi memerlukan tekanan injektion pump yang tinggi.

        2. Multiple Hole Type (Nozzle Berlubang Banyak)
        Tipe lubang banyak (multi hole type) pada umumnya digunakan untuk mesin diesel dengan injeksi langsung (direct injection) karena dalam proses pengabutannya sangat baik.

        3. Throttle Type
        Kebanyakan nosel injeksi model pin adalah yang berjenis throttle yang pada saat permulaan injeksi jumlah bahan bakar yang ditekan ke dalam ruang bakar muka hanya sedikit, tetapi pada akhir injeksi jumlah bahan bakar semakin banyak. Secara garis besar nozzle dapat dibagi atas model lubang dan model pin.

        4. Pintle Type (Nozzle dengan model pin)
        Iinjektor nozzle model pin ini model trotle maupun model pin lebih tepat digunakan pada motor diesel dengan ruang bakar yang memiliki combustion chamber, kamar muka maupun kamar pusar (turbulen) dan Type Lanova.


        Cara Kerja Injektor Nozzle

        1. Nozzle Sebelum Pengabutan Bahan bakar
        Bahan bakar yang bertekanan tinggi mengalir dari pompa injeksi melalui saluran minyak pada nozzle holder menuju ke oil pool pada bagian bawah nozzle body.
        Nozzle Sebelum Pengabutan Bahan bakar

        2. Nozzle Ketika Pengijeksian Bahan Bakar
        Bila tekanan bahan bakar pada oil pool naik, ini akan menekan permukaan ujung needle, bila tekanan ini melebihi kekuatan pegas, maka nozzle needle akan terdorong keatas oleh tekanan bahan bakar dan nozzle needle terlepas dari nozzle body seat. Kejadian ini menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.
        Nozzle Ketika Pengijeksian Bahan Bakar


        3. Nozzle Ketika Akhir Pengijeksian Bahan Bakar
        Bila pompa injeksi berhenti mengalir bahan bakar, tekanan bahan bakar turun dan tekanan pegas (pressure spring) mengembalikan nozzle needle ke posisi semula. Pada saat ini needle tertekan kuat pada nozzle body seat dan menutup saluran bahan bakar.

        Sebagian bahan bakar tersisa diantara nozzle needle dan nozzle body, antara pressure pin dan nozzle holder dan lain-lain, melumasi semua komponen dan kembali ke over flow pipe Seperti terlihat diatas, nozzle needle dan nozzle body membentuk sejenis katup untuk mengatur awal dan akhir injeksi bahan bakar dengan tekanan bahan bakar.
        Nozzle Ketika Akhir Pengijeksian Bahan Bakar

        Standar Debit & Sudut Rilis Injektor Nozzle

        1. Debit Semprot
        Data yang kami dapatkan injektor alat berat memiliki debit pada putaran 300 Rpm akan menghasilkan 2,3 cm3/detik.

        2. Sudut semprot
        Sudut semprot merupakan sudut yang terjadi akibat tekanan ini melebihi kekuatan pegas, maka nozzle needle akan terdorong keatas oleh tekanan bahan bakar dan nozzle needle terlepas dari nozzle body seat. Kejadian ini menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Standar dari alat berat adalah 14� -19�.

        3. Sudut Pengkabutan
        Sudut pengkabutan merupakan sudut yang tejadi karena bahan bakar yang mulai menyebar. Standar dari alat berat adalah 133�-150�.

        Kamis, 28 November 2019

        Fungsi Tahanan Ballast (Ballast Resistor) Pada Koil Pengapian

        Fungsi Tahanan Ballast (Ballast Resistor) Pada Koil Pengapian - Pada sistem pengapian yang menggunakan platina, terdapat rangkaian yang dilengkapi dengan resistor atau kawat resistor yang dikenal dengan nama tahanan ballast (ballast resistor). Tahanan ballast diletakkan antara kunci kontak dan kutub primer koil (+). Secara umum fungsi tahanan pada sistem kelistrikan adalah untuk menahan arus primer.
        Tahanan Ballast & Ignition Coil

        Pada sistem pengapian arus tidak boleh melebihi 4 ampere. Akibat jika arus melebihi 4 ampere yaitu :
        • Kontak pemutus (platina) lebih cepat aus.
        • Koil cepat panas, jika panas berlebihan koil bisa meledak. 

        Untuk itulah diperlukan tahanan ballast yang berfungsi untuk membatasi arus primer agar tidak melebih 4 ampere. Dengan arus yang besar tentu akan membuat koil menjadi cepat panas.

        Ketika igniton coil panas maka mengaikibatkan induksi yang dihasilkan tidak maksimal. Umumnya jika koil cepat panas mengakibatkan mobil cepat mogok.

        Terkadang ada pengemudi yang membawa kompres untuk mendinginkan ignition coil. Karena jika panasnya lebih besar lagi bisa menyebabkan koil meledak.

        Rangkaian Sistem Pengapian Konvensional Yang Menggunakan Tahanan Ballast :

        Rangkaian sistem pengapian dengan tahanan ballast

        Keterangan :

        Tahanan ini dipasang antara kunci kontak dan koil, tahanan ini mengurangi tegangan pada koil yang memang dirancang untuk bekerja di bawah tegangan baterai 12 volt.

        Pada saat starter arus primer tidak perlu dilewatkan ballas resistor, karena arusnya sendiri sudah berkurang akibat adanya beban starter. 

        Apabila dilewatkan tahana ballast maka arus akan berkurang lagi (semakain kecil), dan kemampuan pengapian juga tidak maksimal, ini akan mengakibatkan mesin sulit hidup. 

        Untuk itulah pada saat posisi ST, arus dari baterai menuju terminal ST kunci kontak langsung ke + koil tanpa melalu ballast resistor.

        Setelah mesin hidup dan kunci kontak kembali pada posisi IG, maka arus primer kembali melalui terminal IG Kunci kontak dan melalui ballast resistor. Dengan demikian tegangan pengapian saat start dan saat engine hidup relatif sama.

        Untuk jenis kunci kontak yang tidak terdapat ST1 dan ST2, atau hanya terdapat terminal ST saja, maka perlu ditambah dioda, atau relay diantara terminal ST dan + koil. 

          Pada beberapa jenis tahanan ballast sensitif terhadap panas & mengakitbatkan :
          • 1. Saat engine dihidupkan pada putaran rendah, kontak platina menutup relatif lebih lama daripada saat kecepatan tinggi.
          • 2. Pada kecepatan rendah, tahanan ballast menjadi panas. Kondisi ini menyebabkan naiknya nilai tahanan pada tahanan ballast, dengan demikian arus yang mengalir pada kontak platina menurun, Cara ini membantu memperpanjang umur kontak platina.
          • 3. Pada putaran tinggi, tahanan ballast mempunyai suhu yang rendah, hal ini memungkinkan mengalirnya arus yang besar, yang membantu kerja koil.

          Rabu, 27 November 2019

          4 Tips Bikin Liburan Tetap Adem Agar Hati Tetap Kalem Meski Cuaca Sedang Panas

          Timesindonsesia.co.id
          Liburan memang aktivitas yang sangat menyenangkan, karena liburan cukup ampuh untuk menenangkan pikiran serta mengusir penat dari rutinitas sehari-hari yang padat.

          Namun, terkadang cuaca panas membuat kita tidak bisa merasakan asyiknya liburan.

          Tak hanya itu saja, terkadang cuaca panas yang bikin gerah juga dapat memicu emosi untuk mudah marah-marah.

          Sehingga, bukan mendapatkan ketenangan saat liburan, justru malah menambah penat.

          Nah, bagi sahabat Kenzie yang suka liburan tapi nggak kuat dengan suhu cuaca yang panas,

          maka kamu perlu mengikuti tips-tips berikut ini agar liburanmu tetap nyaman meski cuaca sangat panas. Yuk, simak!



          1. Pakai Pakaian Yang Simpel Saja

          Travelingyuk.com
          Liburan itu merupakan aktivitas yang tidak mungkin agan/sista lakukan setiap hari.

          Oleh karena itu, pastinya banyak dari kamu yang menggunakan pakaian sekeren mungkin demi foto yang maksimal untuk diunggah ke media sosial.

          Tapi, hal itu sering membuat kamu melupakan faktor penting dalam berpakaian, yaitu kenyamanan.

          Jika agan/sista termasuk orang yang tidak betah panas dan mudah berkeringat, sebaiknya gunakan pakaian yang simpel saja.

          Usahakan untuk menggunakan pakaian yang sedikit longgar agar ada angin yang bisa masuk untuk menyegarkan badan.

          Ingat, hindari pakaian berlapis dan jangan menggunakan jaket jika agan/sista beraktivitas di luar ruangan, ya!

          2. Perbanyak Minum Air Mineral

          IDNTimes.com
          Cuaca panas membuat tubuh cepat dehidrasi, hal itu karena saat menerima cuaca panas, akan ada banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh.

          Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, kamu harus mengkonsumsi banyak air mineral. Supaya kadar air yang hilang bisa tergantikan.

          Kamu bisa membawa botol minum sendiri dari rumah. Selain praktis karena tidak perlu membeli air mineral kemasan ke warung, tentunya hal itu juga bisa menghemat pengeluaran selama liburan.

          3. Bawa Portable Fan

          Blog.tiket.com
          Hal biasa yang banyak dilakukan orang-orang ketika sedang merasa gerah dan keringetan adalah kipas-kipas. 

          Ya, salah satu hal yang biasa dilakukan menggunakan alat seadanya, yang penting bisa kipas-kipas, entah itu tangan kosong maupun menggunakan kipas kertas.

          Nah, supaya lebih praktis, sahabat Kenzie bisa membawa portable fan dari rumah untuk menjaga tubuh supaya tetap merasa sejuk.

          Kenapa lebih praktis? Karena kipas angin listrik ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaga dan hanya perlu memencet tombol untuk menyalakannya. Sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot dengan cara manual.

          4. Sebaiknya, Pilih Obyek Wisata Indoor

          Wisata indoor, trans studio, trans studio bandung, trans studio mini, transmart, studio central, gambar trans studio bandung
          IDNTimes.com
          Jika memang agan/sista tidak suka panas-panasan di bawah terik matahari secara langsung, mungkin kamu lebih cocok untuk obyek wisata yang di dalam ruangan.

          Tips yang satu ini sangat cocok jika kamu pergi liburan bersama teman, pacar, atau keluarga. 

          Sekarang sudah banyak kok tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi meskipun di dalam ruangan, seperti museum, gallery, trans studio, dan masih banyak lagi. Nggak perlu lagi khawatir kepanasan, deh.


          Itulah 4 tips yang bisa agan/sista terapkan jika ingin liburan tapi nggak kuat dengan suhu cuaca yang panas.

          Dengan tips-tips diatas, kini liburan akan tetap seru dan menyenangkan, meskipun cuaca sedang panas.


          Sumber: KasKus.co.id/@kenzie16465

          Senin, 25 November 2019

          4 Tips Buat Kamu Yang Ingin Bisa Liburan Tiap Tahun. Pasti Bisa!

          Tips liburan, tips traveling, tips liburan tiap tahun, tips traveling tiap tahun, solo traveling, tips wisata, tips supaya bisa liburan tiap tahun, tips supaya bisa traveling tiap tahun, tips supaya bisa wisata tiap tahun
          Open-trip.id
          Siapa sih yang tidak suka dengan liburan? Rasa-rasanya, semua orang juga suka deh dengan aktivitas yang satu ini.

          Apalagi berlibur dan berwisata adalah aktivitas yang cukup ampuh untuk kembali menyegarkan jiwa dan raga dari segala hiruk pikuk kegiatan sehari-hari yang cukup menyita waktu.

          Nah, bagi kamu yang hobi banget liburan, ada lho caranya supaya kamu bisa pergi liburan tiap tahun. Asyik lho, jika kamu bisa pergi liburan beberapa kali dalam setahun.

          Selain untuk refreshing, kamu juga bisa mengumpulkan pengalaman yang berkesan ketika berkunjung dan menjelajah ke suatu tempat.

          Asyik banget, kan? Supaya bisa pergi liburan tiap tahun, coba deh kamu ikuti 4 tips berikut ini!



          1. Buat Tabungan Khusus Untuk Liburan

          Tips liburan, tips traveling, tips liburan tiap tahun, tips traveling tiap tahun, solo traveling, tips wisata, tips supaya bisa liburan tiap tahun, tips supaya bisa traveling tiap tahun, tips supaya bisa wisata tiap tahun
          Express.co.uk
          Pergi dari rumah untuk liburan, artinya kamu membutuhkan akomodasi, mulai dari hotel, tiket pesawat, biaya transportasi di kota tujuanmu, hingga oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang.

          Maka dari itu, untuk bisa pergi liburan pastinya kamu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

          Menabung adalah salah satu cara untuk mengatasi kendapa tersebut. Kamu bisa menabung jauh-jauh hari sebelum tanggal yang kamu tentukan untuk liburan.

          Cobalah untuk membuat tabungan yang khusus untuk liburan, beri saja label liburan atau nama tujuan liburanmu dengan ditambahi sedikit kata-kata penyemangat agar kamu lebih semangat untuk menabung.

          Dengan begitu, saat tiba waktunya kamu pergi liburan, tak ada lagi kendala masalah biaya.

          2. Atur Jatah Cuti Dengan Tepat

          Tips liburan, tips traveling, tips liburan tiap tahun, tips traveling tiap tahun, solo traveling, tips wisata, tips supaya bisa liburan tiap tahun, tips supaya bisa traveling tiap tahun, tips supaya bisa wisata tiap tahun
          Dream.co.id
          Bukan sehari atau dua hari, menikmati liburan memang paling enak dengan jangka waktu yang lama.

          Tapi apa boleh buat, di balik nikmatnya liburan panjang ada banyak tugas yang telah di tinggalkan sudah menunggu.

          Maka dari itu, kamu harus mengatur waktu libur dengan sangat cermat.

          Supaya kamu tidak dibayang-bayangi dengan telepon dari bos atau rekan kerja saat menikmati liburan, maka kamu harus mengatur waktu cuti dengan tepat.

          Pilihlah momen waktu longgar dimana pekerjaanmu sedang tidak sibuk-sibuknya, untuk kamu mengambil cuti.

          3. Rencanakan Perjalananmu Jauh-jauh Hari

          Tips liburan, tips traveling, tips liburan tiap tahun, tips traveling tiap tahun, solo traveling, tips wisata, tips supaya bisa liburan tiap tahun, tips supaya bisa traveling tiap tahun, tips supaya bisa wisata tiap tahun
          Pexels/Pixabay
          Dekat ataupun jauh destinasi tujuanmu, liburan harus kamu rencanakan secara matang.

          Buatlah itenerary sedetail mungkin mulai dari tiket pesawat, hotel, bahkan hingga sewa kendaraan jika kamu memutuskan untuk tidak naik transportasi umum.

          Jangan sampai kamu melewatkan satu hal kecil sedikit pun, agar liburanmu bisa berjalan dengan lancar.

          Kamu harus mencari tiket pesawat sesuai dengan budget yang ada dari jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatanmu.

          Kenapa? Karena dengan begitu, biasanya kamu akan mendapatkan harga yang tidak meguras dompetmu.

          4. Lebih Baik Ikut Open Trip

          Tips liburan, tips traveling, tips liburan tiap tahun, tips traveling tiap tahun, solo traveling, tips wisata, tips supaya bisa liburan tiap tahun, tips supaya bisa traveling tiap tahun, tips supaya bisa wisata tiap tahun
          Open-trip.id
          Supaya kamu nggak ribet, kamu bisa ikut open trip yang disediakan oleh beberapa jasa paket tour & travel.

          Bagi yang belum tahu, open trip adalah peket wisata yang memungkinkan kamu untuk traveling secara terjadwal bersamaan dengan orang-orang asing.

          Dengan mengikuti open trip, kamu tidak perlu lagi bingung memikirkan destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi di suatu daerah.

          Karena, penyedia jasa open trip sudah menentukan jadwal dan obyek wisata yang akan dikunjungi.

          Selain itu, kamu tidak perlu lagi repot-repot menentukan atau mencari transportasi untuk menjelajahi beberapa tempat disekitar destinasi tujuanmu.


          Itulah 4 tips yang bisa kamu ikuti supaya kamu bisa liburan setiap tahunnya.

          Cara-cara diatas bisa kamu ikuti supaya rencana perjalananmu bisa berjalan dengan lancar.

          Jadi, kata siapa kamu tidak bisa liburan setiap tahunnya? Kamu bisa banget, kok!



          Sumber: KasKus.co.id/@kenzie16465

          Minggu, 24 November 2019

          Suka Solo Traveling? 5 Manfaat Baik Ini Akan Kamu Dapatkan Hanya Dari Solo Traveling

          Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

          Siapa nih yang suka traveling tapi nggak mau ribet? Coba deh sesekali mencoba untuk solo traveling!

          Selain bisa untuk melepas penat, solo traveling juga akan memberikan kebebasan diri untuk mengeksplorasi hal-hal baru di luar sana secara puas, lho.

          Solo traveling semakin populer dengan didukungnya berbagai penelitian yang cukup menarik.

          Ada salah satu penelitian yang menemukan fakta bahwa kepuasan secara pribadi adalah hal yang dicari dari kegiatan solo traveling.

          Banyak yang memilih untuk liburan sendiri bukan karena mereka tidak butuh teman atau keluarga.

          Tetapi, karena mereka membutuhkan waktu untuk menikmati hidup sambil mengeksplor hal-hal baru secara bebas sesuai dengan passionnya sendiri.

          Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apa sih manfaat yang bisa didapat dari solo traveling?

          Nah, berikut ini 5 manfaat yang bakal kamu dapatkan dari solo traveling. Generasi milenial, simak yuk!


          1. Fleksibilitas Saat Traveling Hanya Milikmu Seorang

          Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

          Sudah jelas ya, saat solo traveling kamu lah kaptennya. Kamu memiliki fleksibilitas baik waktu maupun kepentingan.

          Dengan solo traveling, sahabat Kenzie bisa bebas menyusun atau melaksanakan itinerary yang sudah kamu buat sebelum traveling, pergi ke tempat yang kamu suka tanpa memikirkan kesukaan orang lain.

          Berbeda jika kamu bepergian dengan orang lain. Jangankan melakukan hal yang disukai, menyusun itinerary pun kamu harus memikirkan kepentingan orang lain.

          2. Menjalin Koneksi Baru

          Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

          Salah satu keuntungan dari solo traveling adalah kamu bisa mendapatkan teman baru.

          Kenapa? Karena saat kamu liburan bersama teman atau kaluarga, selama liburan kamu akan lebih terfokus dengan mereka.

          Misalnya, saat sahabat Kenzie berada di suatu daerah yang mungkin belum kamu ketahui, kamu bisa bertanya kepada sesama traveler atau orang lokal.

          Kondisi ini akan menuntut gan/sist untuk berinteraksi lebih banyak dengan orang-orang baru.

          Siapa tahu pertemanan kalian bisa berlanjut sampai setelah traveling.

          Selain itu, solo traveling juga memungkinkan kamu untuk mengenal budaya baru saat traveling.

          3. Bisa Bebas Berekspresi

          Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

          Manfaat lain yang bakal sahabat Kenzie dapatkan dari solo traveling adalah kebebasan dalam berekspresi.

          Misalnya, jika sahabat Kenzie biasanya terkesan malu-malu kucing nih kalau mau foto, nah dengan solo traveling kamu bisa bebas berselfie ria ditempat yang kamu inginkan tanpa malu-malu dengan orang lain.

          Dengan kata lain, solo traveling bisa membantu kamu melepas emosi dan perasaan selama liburan.

          4. Bisa Belajar Lebih Berani dan Percaya Diri

          Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

          Saat sahabat Kenzie melakukan traveling bersama teman, pasti kamu lebih mengandalkan temanmu pada saat mengalami berbagai kesulitan.

          Memang sih liburan bersama teman bisa lebih tenang, karena saat kamu mengalami kesulitan, kamu bisa saja langsung meminta tolong kepada temanmu.

          Tapi, sebenarnya kebiasaan ini bisa membuatmu tidak mandiri dan tidak percaya diri, lho.

          Nah, dengan solo traveling, sahabat Kenzie bisa mengukur sampai dimana kemampuan yang kamu miliki dalam menyelesaikan berbagai masalah yang sedang kamu hadapi.

          Selain itu, solo traveling juga akan membuat kamu untuk bisa lebih mengembangkan keberanian dan kepercayaan diri disaat kamu pergi ditempat baru.

          5. Dan Pastinya, Lebih Hemat Dong

          Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

          Tidak mau boros saat traveling? Coba deh melakukan solo traveling!

          Banyak yang meyakini bahwa melakukan solo traveling adalah salah satu cara untuk menjaga isi dompet saat liburan, lho.

          Kenapa? Jawabannya simpel, karena dengan solo traveling kamu hanya memikirkan kebutuhanmu seorang saja.

          Salah satu contoh adalah dalam memilih penginapan.

          Saat sahabat Kenzie liburan bersama teman, kamu harus mempersiapkan budget untuk menginap sesuai dengan keinginan teman.

          Tapi, saat kamu solo traveling, kamu bisa dengan bebas memilih penginapan yang paling murah sekalipun tanpa harus memikirkan kepentingan orang lain.


          Itulah 5 manfaat penting yang bakal sahabat Kenzie dapatkan dengan solo traveling.

          Jadi gimana, masih ragu untuk melakukan solo traveling? Banyak lho manfaatnya.

          Jadi, buang jauh-jauh semua keraguanmu, ya!