Kamis, 19 September 2019

Noodle Hunting for Noodle Lovers

Kalau berbicara kuliner, yang pastinya menjadi favorit kami sekeluarga adalah mie. Mau mie gayawestern ataupun mie gaya eastern, semuanya pasti enak. Kali ini, kami mau meliput (bahasanya berat euy) beberapa mie yang enak dan menjadi favorit kami dan keluarga. Oya, sebagian bakmi tersebut halal, dan sebagian tidak halal.

1. Bakmi Ncek Legenda
Bakmi Ncek Legenda Kelapa Gading
Kedai bakmi non halal ini berada di kompleks ruko di daerah Kelapa Gading. Rukonya yang kecil tidak menyurutkan orang untuk mengicipi mi di sini. ciri khasnya adalah mie yang disediakan ada dalam berbagai ukuran, dari 130 gr hingga 1100 gram. Pilihan mienya ada mie keriting, mie karet, mie hongkong, bihun, kwetiau, dan nasi. Toppingnya pun bermacam-macam, dari ikan, ayam, sapi, dan juga babi. Yang cukup unik adalah nama untuk porsinya, seperti camat, gubernur, presiden, dan kaisar.
Diktator 1.1 kg.
Porsi kaisar. 
Menu favorit kami kalau datang beramai-ramai adalah bakmi ultimate 8 macam topping. Kami juga pernah memesan menu kaisar yang berukuran 550 gram dengan 5 macam toping. Sedangkan menu yang paling besar adalah bakmi diktator dengan ukuran 1.1 kg. Untuk yang ukuran besar ini, jika sisa boleh dibawa pulang tetapi dengan kotak makan yang kita bawa sendiri.
Ultimate 8 in 1 
Saat ini Bakmi Ncek Legenda juga sudah ada di daerah Gading Serpong dan di Pluit juga.

Bakmi Ncek Legenda
Kelapa Hibrida Raya QK1/16
Kelapa Gading
Jam operasional: 07.00 – 16.00

2. Noodle King Lotte Mart
Mie gaya Korea ini pernah kami kunjungi saat kami main di Lotte Avenue. Ternyata beberapa bulan lalu mereka membuka cabang di Lotte Mart Kelapa Gading. Kami pun iseng makan saat Noodle King Kelapa Gading ini baru buka.
Kalguksu 
Walau namanya Noodle King, restoran satu ini juga menyediakan Korean barbeque dan juga makanan Korea lainnya. Banchan yang disediakan juga enak, hanya saja tidak bisa berulang kali refill. Refill  banchan atau side dish (kimchi dan acar) hanya dibatasi dua kali.
Jajangmyun 
Noodle King Kelapa Gading
Lotte Mart Kelapa Gading lantai 2
Jam Operasional: 10.00 – 21.00

3. Ichiro Ramen Market
Terletak di PIK Avenue, mie rame ini boleh dijadikan alternatif untuk makan bersama-sama. Yang membuat kami tertarik dengan ramen ini adalah free refill ramen dan ocha. Ternyata salah satu ramen yang terkenal di sini adalah ramen dengan kuah kental dan ellehan keju raclette-nya.
Yummy.... Sumber foto: detikfood. 
Kami mencoba memesan salah satu menu dari ramen non halal ini dan disarankan oleh petugasnya untuk meminta refill rainbow ramen. Rainbow ramen berarti warna ramennya bermacam-macam.
Refill rainbow ramen yang aduhai banyaknya. 
Ichiro Ramen Market juga berada di AEON Mall BSD, AEON Mall JGC, Lippo Mall Puri, dan Qbig BSD.

4. Kwetiau Seroja Baru
Kwetiau yang satu ini sudah menjadi langganan keluarga saya sejak saya masih kecil. Kakak-kakak saya selalu mengajak saya ke tempat ini saat ingin makan kwetiau yang halal. Walau ada bermacam-macam menu di sini, menu favorit kami adalah kwetiau goreng dan kwetiau siram.
Kwetiau siram. 
Kwetiau Seroja sekarang ini sudah berada di mall-mall juga loh.
Kwetiau goreng 
Kwetiau Seroja Baru
Ruko Greenville Blok BG No.5
Jl. Mangga Raya Duri Kepa Jakarta Barat
Jam operasional: 10.00 – 23.00

5. Bakmitopia
Awalnya kami mendengar tentang nama bakmi ini karena kami sedang main di Mall Artha Gading. Saat itu, Bakmitopia baru buka dan sedang ada promo. Warna-warni mie halal ini membuat kami pun jadi tertarik untuk mencoba makan di sini.
Bakmi green tea
Bakmi yang kami pesan adalah bakmi arang, bakmi green tea, dan bakmi sambal matah. Dari ketiga macam bakmi itu, bakmi arang dan bakmi green tea yang menjadi favorit anak-anak dan oma-opa.
Bakmi arang yang hitam. 
Bakmitopia tersebar dibanyak wilayah. Untuk mengetahui lokasi-lokasi Bakmitopia, dapat dilihat di website mereka.
Bakmi sambal matah.
Bakmitopia
www.bakmitopia.com
Mall Artha Gading lantai 1
Jam Operasional: 10.00 – 22.00

Selasa, 17 September 2019

Cara Jumper Aki Mobil Tekor Ketika Dijalan

Cara Jumper Aki Mobil Tekor Ketika Dijalan - Sebagai solusi sementara, kerap digunakan teknik jumper (jump start), alatnya kabel jumper. Untuk melakukan jumper tidak bisa sembarangan. Kadang mobil tidak dapat dinyalakan karena setrum aki habis, hal tersebut bisa diakibatkan karena lampu kabin lupa dimatikan semalaman atau setiap pagi mobil tidak pernah dinyalakan untuk memanasi mesin, kebanyakan orang awam yang asal menyambung aki mobil yang soak dengan aki mobil lain tanpa teknik.
Jumper Aki

Teknik jump start atau memancing aki yang tekor dengan menggunakan aki mobil lain bisa diterapkan untuk kembali mengidupkan mesin mobil. Istilah mudahnya, tindakan ini dilakukan untuk mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai mobil yang tekor dan dipakai untuk menyalakan mesin.

Lebih baik memang sediakan kabel jumper didalam mobil untuk antisipasi jika aki tekor di jalan. Tetapi jika sampai salah jumper aki akibatnya bisa saja fatal dan dapat menyebabkan korsleting yang bisa mengakibatkan mobil terbakar.

Cara Jumper Aki Yang Tekor (Jump Start) :

Sebelumnya pastikan bahwa penyebab mesin tak mau hidup karena akinya. Sebetulnya jika terdapat trouble pada sistem pengisian mobil termasuk aki, lampu tanda CHG di dasboard akan nyala. 

Atau bisa juga lakukan pengecekan dengan cara menyalakan lampu, jika nyala lampu redup akinya mungkin soak. Tetapi jika nyala lampu terang, berarti bukan masalah aki.

Setelah yakin memang akinya yang tekor, dekatkan mobil lain yang akinya masih normal dalam posisi berhadapan, jaraknya sekitar 30 cm bemper-ke-bemper jika memungkinkan. 

Jika mobil matic, pastikan tuas transmisi dalam posisi �park�. Jika mobil manual transmisi dalam posisi �neutral.� Rem tangan harus terpasang penuh.

Sambungkan kabel jumper dengan urutan seperti berikut (lihat gambar). Jepitkan kabel jumper warna merah ke terminal (+) positif aki, lalu jepitkan ujung kabel yang satunya ke terminal (+)  positif aki yang tekor.
Urutan pemasangan kabel jumper

Setelah itu jepitkan kabel jumper warna hitam ke terminal (-) negatif aki. Dan ujung kabel satunya jepitkan ke komponen metal yang padat, stasioner dan terbuka (contoh, bagian depan baut dudukan mesin, jauh dari battery yang soak).

Jika tidak memungkinkan, jepitkan pada lempeng logam mengkilat yang tidak di cat di dalam ruang mesin, namun jauh dari komponen bergerak misalnya fan belt. Atau bisa anda jepitkan ke kabel negative aki.
Penting : Kabel ini sekarang sudah bisa terisi setrum. Jangan sentuhkan bagian penjepit kabel ke badan atau bagian mobil yang lainya.
Pada saat proses penyambungan, usahakan ujung kabel tidak bersentuhan dengan logam atau penghantar listrik, karena akan menimbulkan setrum. Cek lagi bahwa tidak ada kabel menjuntai ke arah benda bergerak di ruang mesin.

Setelah dilihat aman, hidupkan mobil yang normal selama 1-2 menit. Injak gas dengan pelan untuk sedikit meningkatkan putaran mesin.

Setelah mesin hidup, biarkan selama lima menit dan sedikit di atas idle dengan menekan gas pelan, setelah itu biarkan menyala 20 menit dalam posisi idle (tanpa menginjak gas). 

Prosedur ini seharusnya cukup untuk mengisi setrum pada aki. Lalu lepaskan kabel jumper secara hati-hati dengan urutan kebalikan dari cara pemasangan.

Jika gagal pada percobaan pertama, mungkin perlu penjepit ground lain untuk kabel negatif, dan biarkan mobil yang normal hidup selama lima menit sebelum mobil yang rusak dhidupkan.

Atau untuk pilihan terakhir, ujung kabel negatif dijepitkan pada kutub negatif aki yang rusak, namun berisiko memercik pada gas hidrogen yang keluar dari aki. Jika belum hidup juga, lebih baik mobil diderek.

Dianggap Makan Gurita Hidup, Ria Ricis Dikecam Garda Satwa, Dan Ini Pembelaannya !!

Dianggap Makan Gurita Hidup, Ria Ricis Dikecam Garda Satwa, Dan Ini Pembelaannya !!
Featured Image
YouTuber Ria Ricis kembali jadi sasaran kritik. Gadis berusia 24 tahun ini bermasalah lagi karena mengunggah video yang kontroversial. Seolah nggak sadar kalau subsriber-nya di YouTube mencapai 16,6 juta orang, Ricis melakukan aksi yang nggak baik untuk dicontoh. Dulu dia pernah dikritik komunitas pencinta lingkungan gara-gara video membuang squishy ke toilet dan pantai.

Pada 22 Agustus, Ricis mengunggah video di YouTube berjudul “PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! – MUKBANG KOREA Tersiksa”. Dalam video berdurasi 10 menit dan 36 detik itu, Ricis bersama timnya mengaku sedang berada di Korea dan hendak makan gurita hidup. Ada beberapa gurita utuh yang masih bergerak-gerak dalam baskom. Berulang kali Ricis berkata kalau gurita itu masih hidup. Dia pun memakannya sedikit demi sedikit.

Aksi Ricis ini dianggap Garda Satwa sebagai kekerasan pada hewan yang kejam dan nggak beradab, walaupun itu hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalau Ricis sanggup menelan gurita itu dalam satu kali telan, jadi hewannya langsung tewas dan nggak merasa sakit.

Melalui Instagram Story, Ricis memohon maaf dan ngasih konfirmasi kalau sebetulnya dia makan gurita yang udah mati. Gurita itu kelihatan bergerak-gerak karena ada campuran garam atau bumbu lainnya. Menanggapi konfirmasi Ricis, Garda Satwa masih nggak puas.

Kalau memang gurita yang dimakan udah mati, kenapa judul videonya “Makan Gurita Hidup”? Apalagi Ricis berulang kali berkata dalam video kalau gurita itu hidup. Mana nih yang bener? Tindakan Ricis yang ambigu bisa menyesatkan dan membahayakan orang yang menirunya. Pasalnya, dulu ada korban yang mati tersedak karena makan gurita hidup. Garda Satwa mengimbau Ricis agar lebih berhati-hati dalam membuat konten YouTube.

Kasus terbaru Ricis ini menuai berbagai reaksi dari warganet. Ada sejumlah penggemar Ricis yang tetap membela idolanya tanpa memedulikan logika. Namun ada juga orang-orang yang nggak setuju pada aksi Ricis, bahkan meragukan konfirmasinya kalau itu gurita yang udah mati.

“Menurut gw, kenapa ricis yg disorot? Karena followers dia banyak, dan dari kasus ini mungkin bisa jadi percontohan bagi yutuber lain kalo bikin konten itu yg bermanfaat, bukan menunjukkan sesuatu yg berbau kekerasan. Baik pada hewan maupun pada makhluk lain,” komentar akun @marlinda_dy31

Selama ini berbagai aksi Ricis yang kontroversial memang bikin warganet sebal. Namun hal tersebut justru ia anggap sebagai pemacu semangatnya untuk terus berkarya. Semoga habis ini vlog Ricis lebih mengedukasi ya, More https://www.hipwee.com/showbiz/ria-ricis-makan-gurita-hidup/

Perempuan Ini Diminta Buktikan Keperawanan oleh Tunangannya, Dokter Ungkap Fakta Sebenarnya

Perempuan Ini Diminta Buktikan Keperawanan oleh Tunangannya, Dokter Ungkap Fakta Sebenarnya



Seorang dokter wanita asal Malaysia bernama Amalina membagikan cerita yang dialami oleh salah seorang pasiennya.
Cerita tersebut diunggah Amalina melalui akun Twitter miliknya yang bernama @DrAmalinaBakri.
Thread Twitter yang diunggah Amalina pada 6 September 2019 lalu lantas viral.
Hingga artikel ini dimuat, cuitan itu telah diretweet hingga 32 ribu kali dan disukai 22 ribu kali.
Amalina membagikan pengalaman seorang pasien wanita yang ia layani.

Tunangannya tersebut meminta si pasien agar memberi bukti bahwa ia masih perawan sebelum mereka melanjutkan pernikahan.
Tak hanya sang tunangan, bahkan pihak keluarga calon mempelai pria juga meminta hal yang sama.
Karena bingung harus memberi bukti dalam bentuk apa, maka si pasien ini berkonsultasi pada Amalina.
Ia bertanya apakah ada tes medis khusus untuk membuktikkan bahwa dirinya masih perawan.

"Seorang gadis bertanya ke saya persoalan ini:
"Dokter, bagaimana saya bisa membuktikkan kepada tunangan dan keluarganya kalau saya masih perawan. Ada tidak medical check up yang bisa menjadi bukti? Sebab mereka memintanya."
First of all, I cannot believe that someone would ask such thing.

(Pertama-tama, aku tak bisa percaya ada orang yang meminta hal semacam ini)," tulis Amalina di Twitter.
Seorang gadis bertanya saya soalan ini: “Doktor, bagaimana saya nak buktikan kepada tunang dan family saya yang saya masih dara. Ada tak medical check-up untuk bagi bukti sebab diorang minta.”
First of all, I cannot believe that someone would ask such thing.

Meski demikian, Amalina lalu memberi pengetahuan umum tentang fakta dan mitos soal keperawanan, Ia mengunggah sebuah artikel kesehatan yang dibuat oleh seorang dokter bernama Prof Dr Imelda yang berjudul 'selaput dara'.

"And it was really sad that her fiancé and family would even ask for evidence!

Anyways, I’m not going to rant.

Here’s an article from Prof Dr Imelda about ‘selaput dara’.

Dan sangat menyedihkan bahwa tunangan dan keluarganya bahkan meminta bukti!

Bagaimanapun, aku tidak berhak protes.
Ini artikel dari Prof Dr Imelda tentang 'selaput dara'," lanjut Amalina.
Cuitan Amalina ini sontak mengundang beragam komentar dari netizen.

Bagaimana pendapatmu?

Senin, 16 September 2019

Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i

TipsSolusi.com - Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i - Pada dasarnya sistem pembakaran yang ada pada mobil merupakan hal yang kompleks. Untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM rendah dibutuhkan setting yang berbeda untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM tinggi. Hal ini dikarenakan sifat-sifat dari campuran udara dan bahan bakar pada waktu pembakaran. Seberapa besar katup harus dibuka, berapa lama katup harus dibuka dan kapan katup harus dibuka semuanya.

Setting-an RPM rendah akan mengakibatkan kinerja mesin saat berada di RPM tinggi terganggu dan tenaga yang dihasilkan menjadi berkurang. Begitu juga sebaliknya jika setting-an RPM tinggi maka akan mengakibatkan kinerja mesin kurang baik saat mesin berada di RPM rendah dan mesin mengelitik.

Honda dalam pengembangan teknologi mesin otomotif di kawasan Asia bahkan global, terbilang unggul. Teknologi CVCC (compound-vortex controlled combustion), yakni teknologi irit bensin yang diterapkan pada Honda Civic di awal 1970-an, membuat Honda Motor Co melambung.

Pelajaran dari CVCC membawa pabrik mobil tersebut melahirkan variable valve timing and lift electronic control (VTEC) yang pertama kali digunakan tahun 1990 pada Acura NSX, sport car pertama buatan Honda.

1. VTEC
VTEC kepanjangannya adalah Variable Valve Timing and Lift Electornic Control, ditemukan oleh insinyur Honda Ikuo Kajitani yang pertama kali digunakan pada sepeda motor Honda model CBR400 tahun 1983, teknologi pada mesin tersebut dimana katup masuk terbuka semuanya pada putaran mesin 8500 rpm. 

Karakter tersebut hampir mirip dengan teknologi VTEC pada mobil yang cenderung bekerja pada putaran mesin menengah ke atas. VTEC bertujuan untuk meningkatkan efesiensi masuknya campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar pada mesin 4 langkah sehingga kemampuan mesin meningkat disetiap bagian putaran mesin, mengurangi kebisingan, menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi.
Mesin honda dengan teknologi VTEC VTEC,
kapasitas mesin 1,5 liter VTEC 4 silinder 16 katup,
daya maksimum 110 PS pada putaran 5.800 rpm
 dan 14,6 kgm pada torsi 4.800 rpm.

Teknologi ini mampu menghasilkan performa tinggi yang dibutuhkan sport car, namun tetap hemat bahan bakar. Teknologi VTEC ini lalu menjadi terobosan teknologi ramah lingkungan Honda Motor Co. VTEC kemudian diterapkan pada roadster Honda S2000 dan model-model lain.

VTEC merupakan sistem pengkatupan yang sangat fleksibel dimana katup akan terbuka dengan tepat, dengan besar yang tepat, dan untuk jangka waktu yang tepat pada putaran mesin apapun. VTEC adalah sistem pengkatupan yang dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan efisiensi pembakaran internal 4-stroke.

Yang dimaksudkan dengan pembakaran internal 4-stroke adalah pembakaran internal yang dihasilkan oleh gerakan piston dari 0 sampai 180 derajat. Sistem pengkatupan ini pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur Honda yang bernama Ikuo Kajitan dan kemudian dikembangkan oleh produsen-produsen mobil lainnya seperti Toyota misalnya dengan apa yang kita kenal sekarang VVT-i.

2. DOHC VTEC
Sistem mesin VTEC pertama kali diterapkan dengan menggunakan sistem DOHC (Double Over Head Camshaft). Sistem DOHC mengunakan dua buah "cam lobe" pada setiap katup dimana yang satu dioptimalkan untuk stabilitas pada putaran mesin rendah dan efisiensi bahan bakar sedangkan yang satu lagi dioptimalkan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada putaran mesin tinggi.

Mesin DOHC VTEC

Peralihan diantara dua buah cam lobe tersebut ditentukan oleh tekanan yang dihasilkan oleh oli mesin, temperatur mesin, kecepatan kendaraan, dan kecepatan mesin. Ketika  putaran  mesin  bertambah  cepat, tekanan oli akan menekan sebuah pin yang akan mengunci cam putaran mesin tinggi sehingga cam kedua tersebutlah yang akan bekerja.

3. SOHC VTEC
Dikarenakan popularitas dan nilai pasar yang berkembang pesat terhadap sistem VTEC, Honda selanjutnya mengaplikasikan sistem VTEC pada mesin SOHC (Single Over Head Camshaft). Sistem SOHC ini hanya memiliki satu "cam shaft ". Camshaft ini dipergunakan baik dalam katup masuk (intake valves) maupun katup buang (exhaust valves). 

Kelemahannya  adalah  bahwa  pada  sistem  seperti  ini, keuntungan  dari mekanisme VTEC hanya akan didapat pada intake valves. Hal ini disebabkan karena pada mesin SOHC, busi-busi (spark plugs) harus ditempatkan pada sudut yang bebas, sedangkan pada mesin SOHC, busi terletak diantara dua exhaust valves, sehingga mekanisme VTEC pada proses exhaust tidakmungkin dilakukan.

4. SOHC VTEC-E
VTEC-E merupakan pengembangan dari mekanisme VTEC sebelumnya. Agak berbeda, bukan efisiensi pada putaran mesin tinggi  yang ingin dihasilkan melainkan meningkatkan efisiensi pada putaran mesin rendah. Pada putaran mesin rendah, satu dari dua buah katup penerimaan terbuka sedikit sekali sehingga atomisasi dari bahan bakar dan udara di dalam silinder meningkat. Hal tersebut menghasilkan suatu campuran bahan bakar yang lebih sempurna. Ketika putaran mesin meningkat, kedua katup diperlukan untuk menyuplai campuran bahan bakar yang cukup.

5. 3-Stage VTEC
Sistem ini mengaplikasikan SOHC VTEC dan SOHC VTEC-E. Pada kecepatan rendah, hanya satu katup  penerimaan digunakan.  Pada kecepatan sedang, dua katup digunakan. Sedangkan pada kecepatan tinggi, mesin langsung  beralih  menggunakan mekanisme mesin VTEC standar.

6. i-VTEC
Honda menyempurnakan VTEC dengan menggabungkan VTC (variable timing control), jadilah apa yang disebut i-VTEC (intelligent-variable valve timing & lift electronic control). Keunggulan teknologi ini, meningkatkan daya pada kecepatan rendah, menengah dan  tinggi.  Sekaligus  meningkatkan  efisiensi  bahan  bakar  dan mengurangi emisi gas buang. 
Bagaimana cara kerja i-VTEC?
Pasokan bensin ke ruang bakar dilakukan lewat  katup  masuk  yang dikontrol camshaft. Ketika camshaft berputar  pada  porosnya, tonjolan/nok ini ikut berputar dan memukul rocker arm yang mendorong batang katup sehingga katup terbuka. 

Ketika tonjolan sudah lewat, katup tertutup lagi. Honda membuat dua tonjolan cam pada tiap silinder. Tonjolan pertama disebut cam primer dan yang lebih kecil disebut cam sekunder. Pada  putaran rendah atau idle / langsam, kedua katup bergerak sendiri-sendiri. Karena cam sekunder lebih kecil maka bukaan katupnya juga kecil.

Maka pasokan bahan bakarnya pun sedikit, sesuai kebutuhan saat itu. Keunikan teknologi ini terlihat pada putaran mesin 2200-2500 rpm. Sebuah piston pada rocker arm primer mengunci rocker arm sekunder.  Gerakan piston ini didorong oleh tekanan oli. Hasilnya, kedua katup bergerak bersama yang dikontrol cam primer.

Sementara VTC juga bekerja pada cam masuk. Tugasnya menggeser fasa cam maju/mundur maksimal 50 derajad. Akibatnya, bukaan katup masuk, overlap dengan katup buang. Hasilnya, sebagian gas buang yang seharusnya terdorong keluar seluruhnya, terhisap masuk kembali dan dibakar. Inilah yang membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. 
Bagaimana VTC bekerja?
Pergeseran cam dilakukan oleh VTC Actuator yang bekerja sesuai dengan aliran oli yang dikontrol VTC OCV (oil control valve). Oli ini bergerak dari pompa oli. Jika mesin sudah dijalankan, tekanan oli yang dihasilkan pompa oli akan meningkat hingga mencapai level tertentu yang membuat pin lock membuka dan actuator bekerja. Pergeseran maju mundur dikontrol VTC OCV.

Otak dari kerja VTC adalah ECM / PCM atau  lebih  dikenal sebagai ECU (electronic control unit). Unit ini mengkalkulasi data dari sensor-sensor untuk menentukan apakah OCV harus mengeluarkan perintah mundur atau maju pada actuator. Bila terjadi trouble, misalnya oli tidak bekerja sempurna, CVT tidak akan bekerja, tapi VTEC tetap berfungsi. Teknologi mesin i-VTEC bisa disaksikan pada Honda New CRV dan Honda New Accord.
Mesin dengan menggunakan teknologi i-VTEC 

i-VTEC memperkenalkan fase camshaftyang dapat terus berubah-ubah pada " intake cam" dari mesin DOHC VTEC. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada Honda K-series yang menggunakan mesin 4 silinder pada tahun 2001. Pembukaan katup dan durasinya masih terbatas pada profil putaran mesin rendah atau profil putaran mesin tinggi saja.

Perubahan fase camshaft dijalankan oleh gigi-gigi penggerak yang fleksibel yang digerakkan oleh oli dan dikontrol oleh komputer. Fase ditentukan oleh kombinasi dari beban  mesin  dan  RPM.  Efek  dari  hal  tersebut  adalah optimalisasi  dari  torsi  yang dihasilkan, terutama pada RPM rendah hingga sedang. i-VTEC itu sendiri dibuat menjadi 2 kategori. 

i-VTEC yang pertama adalah i- VTEC yang didesain untuk mobil performa tinggi seperti RSX Type S atau TSX. Untuk mobil yang diproduksi untuk digunakan sehari-harinya, mesin i-VTEC performa tinggi dapat ditemukan pada CR-V atau Accord. i-VTEC performa tinggi ini memiliki dasar pengembangan dari DOHC VTEC. 

i-VTEC kategori kedua adalah yang mengutamakan efisiensi. Perbedaan dari kedua jenis i-VTEC itu sendiri dapat ditentukan dari tenaga yang dihasilkannya. i-VTEC yang diciptakan untuk mobil performa akan menghasilkan lebih dari 200 Horse Power sebelum mendapat modifikasi apapun sedangkan yang lainnya tidak akan menghasilkan lebih dari 160 HP. 

Pada tahun 2004, Honda memperkenalkan i-VTEC V6. Pada mesin V6 ini tidak ada  pengaturan  fase cam, melainkan adanya teknologi menonaktifkan silinder. Pada  kecepatan rendah (dibawah 120km/jam) katup-katup pada satu silinder akan menutup.

7. Advanced VTEC
Pada 25 September 2006 Honda mengumumkan peluncuran mesin Advance VTEC  yang  akan  mulai  diproduksi  mulai  dari  3  tahun  ke  depan.  Mesin  baru  ini menggabungkan  teknologi pembukaan katup yang terus berubah-ubah secara terus-menerus dan pengaturan timing dari perubahan fase yang terus-menerus. Sistem baru ini akan menghasilkan kontrol yang optimal pada pembukaan katup penerimaan dan fase 10 untuk berbagai  kondisi  mengemudi  serta  meningkatkan torsi  yang  dihasilkan  pada kecepatan mesin apa saja.

Dibandingkan dengan mesin 2.4 Li-VTEC ( CR-V dan Accord,  pengembangan ini diklaim aka  meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 13%. honda juga mengk laim bahwa emisi yang dihasilkan oleh mesin ini telah memenuhi standar yang lebih tinggi, emisi yang dihasilkan lebih rendah 75% dari ketentuan batas emisi yang diijinkan pada tahun 2005.

8. Teknologi VVT-i Toyota
Bila pada Honda dikenal dengan teknologi VTEC-nya maka untuk Toyota dikenal dengan teknologi VVT-i. Dengan dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tingkat permintaan para pengguna kendaraan agar memiliki mobil dengan mesin yang kuat dan bertenaga namun tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan telah menjadi memicu timbulnya teknologi baru yang dikenal dengan nama Variable Valve Timing-Intelligent atau lebih dikenal dengan sebutan VVT-i. Toyota mulai mempopulerkan mesin Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i) sejak tahun 2004. Teknologi ini merupakan pengembangan mesin variable valve timing (VVT), yang sudah digunakan sejak 1991. Perkembangan dari mekanisme katup tipe DOHC dapat dilihat pada teknologi ini. 

VVT-i Toyota

VVT-i merupakan teknologi yang mangatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar secara elektronik, baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dan mesin.

VVT-i merupakan salah satu aplikasi teknologi informasi pada industri otomotif khususnya dalam hal penyempurnaan performa mesin.VVT-i  adalah  teknologi pengaturan katup pembakaran yang didasarkan pada putaran mesin dan posisi pedal gas. Ketika pengemudi memerlukan tenaga lebih besar, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga torsi mesin dapat meningkat.

Sebaliknya, ketika hanya dibutuhkan sedikit tenaga mesin, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang dipergunakan lebih sedikit dan tentunya gas buang yang dihasilkan lebih bersih. Perbedaan mendasar yang dimiliki oleh sistem VVT-i adalah perputaran intake cam tidak perlu sama persis dengan perputaran mesin.

Pada mobil tanpa sistem VVT-i, intake cam hanya mempunyai satu pola bukaan katup sehingga membuat mesin tidak dapat memaksimalkan tenaga mesin pada saat tenaga besar dibutuhkan dan tidak dapat meminimalkan bahan bakar yang dipergunakan ketika tenaga yang dibutuhkan tidak besar.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi VVT- i  sangat  membantu  pengemudi  memperoleh  kinerja  optimum  dari  mesin  sekaligus menjaganya tetap irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah rangkuman dari kinerja sistem VVT-i :

Pembakaran yang stabil dapat diperoleh bahkan pada putaran mesin yang rendah. Dengan  putaran  mesin  yang  rendah  saat  stasioner (idle) maka efisiensi bahan bakarnya menjadi lebih baik.
Kerugian tenaga mesin dapat dikurangi sehingga efisiensi bahan bakarnya meningkat. Selain itu, hasil gas buangnya pun lebih ramah lingkungan.
Kemampuan  mesin  dapat  dioptimalkan  sehingga  tenaga  yang  dihasilkan  dapat maksimal.

9. Dual VVT-i
Penerapan sistem VVT-i pada kendaraan menyebabkan waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem VVT-i awalnya diaplikasikan pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol sehingga lahirlah sistem dual VVT-i.
Dual VVT-i

Katup intake dan exhaust yang diatur membuat pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misalnya pada saat start, sistem dual VVT-i akan mengatur katup agar mesin segera mendapatkan suhu ideal. Keuntungannya sistem dual VVT-I yaitu tenaga mesin meningkat di setiap putaran dan gas buang mesin menjadi ramah lingkungan.

10. Valvematic

Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continues valve lift control yang bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-I. Continues valve lift control merupakan komponen pada valvematic yang terus mengatur lebar jarak terbukanya katup sesuai kondisi mesin menyebabkan lebar jarak terbukanya katup dapat berubah - ubah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien yang pada umumnya sistem pemgatur timing katup intake, lebar jarak terbukanya katup tidak bisa diubah. 

Valvematic

Sistem ini merupakan kerja sama perpaduan antara VVT-i yang berupa waktu buka tutup katup intake yang dapat divariasikan dan lebar jarak terbukanya katup yang dapat divariasikan oleh continous valve lift control sehingga pengaturan pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi. 

Pembukaan atau lebar jarak buka katup maksimum valvematic ini lebih besar dibandingkan katup biasa. Dengan cara kerja tersebut pengaturan suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin oleh valvematic akan lebih presisi karena lebar jarak terbukanya katup intake juga dapat divariaskan. Sebagai contoh saat pedal gas diinjak secara mendadak pun, penyesuaian antara suplai bahan bakar dan lebar jarak terbukanya katup tetap optimal.

Sabtu, 14 September 2019

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja Yang Sudah Pernah Di Install Di Android - Sudah berapa banyak kah aplikasi yang pernah Anda install melalui google playstore? Jika memang sudah banyak sekali, ataupun itu karena sering menginstall aplikasi untuk kebutuhan kegiatan kalian, pastinya hal itu juga disusul nantinya dengan tindakan menghapusnya kembali atau melalukan uninstall pada aplikasi tersebut.

Android memang memudahkan kita para penggunanya untuk mendownload/menginstall beragam jenis aplikasi di google playstore. Dan kita tahu sendiri lah, bahwasannya memang semakin hari aplikasi terus bertambah banyak dan hampir apa saja aplikasi yang kita cari itu ada di google playstore. Hal itu tentu tidak terlepas dari para developer aplikasi android yang terus membuat aplikasi yang begitu beragam yang dapat membuat ponsel android memiliki fungsi yang lebih dari sekedar untuk komunikasi saja.

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

Dengan banyaknya aplikasi yang dapat dengan mudah kita dapatkan atau kita install di hp android kita, hal ini juga akan membuat kita para pengguna untuk berganti-ganti aplikasi android sesuai dengan keinginan kita. Dan bahkan tak jarang pula dalam penggunaan aplikasinya kita hanya untuk sekedar mencoba dari aplikasi tersebut. Dan jika dirasa aplikasinya kurang cocok maka tinggal melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.

Dari itu semua, terkadang ada saatnya, dimana kita berfikir untuk mengetahui apa saja aplikasi android yang sudah pernah kita install/uninstall di hp android? atau jika kalian membeli hp bekas dan masih nyangkut gmail dari pemilik hp android sebelumnya maka pastinya juga ingin tahu bukan tentang aplikasi apa yang pernah digunakan olehnya. Nah ternyata untuk cara melihat aplikasi yang pernah di install di hp android, caranya cukup lah mudah. Tinggal melihatnya pada histori dari aplikasi playstore.

Baca Juga :
Sehingga bilamana kalian pernah lupa tentang aplikasi yang pernah kalian install sebelumnya dan berniat ingin menggunakan kembali aplikasi tersebut, maka selama kalian menggunakan email yang sama (tidak berganti ganti email) maka kalian bisa melihat semua daftar history aplikasi yang pernah di install sebelumnya. Dan untuk selanjutnya kalian tinggal mengisntallnya kembali. Bagaimana cukup menarik bukan? Dan silahkan untuk cara melihat history aplikasi yang pernah di install pada android kalian bisa simak baik-baik langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Melihat Aplikasi Apa Saja Yang Pernah di install Pada Android :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecek aplikasi apa saja yang pernah di download/di install pada hp android adalah dengan membuka aplikasi google playstore.
  • Selanjutnya masuk ke bagian setting dengan mengeklik 3 garis pada pojok kiri atas aplikasi playstore (pada menu beranda).
  • Setelah itu lanjutkan dengan memilih aplikasi dan game saya.
Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

  • Kemudian kalian pilih pada koleksi. Nah, diisinilah kalian akan menemukan histori/riwayat aplikasi yang pernah kalian install sejak mulai pertama kali menggunakan ponsel android hingga sekarang.

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

    Bagaimana caranya? cukup mudah bukan untuk mengetahui apa saja sih aplikasi android yang pernah kita install. Dan jika telah mengetahuinya, apabila ingin menginstallnya kembali tinggal pilih saja aplikasi yang di inginkan dan kemudian download ulang untuk mencoba menginstallnya kembali.

    Oke, mungkin sekian artikel pada kali ini tentang cara melihat aplikasi yang pernah di install di android. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan buat kalian semua. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di postingan artikel menarik yang akan datang.

    Kamis, 12 September 2019

    Sabtu yang Padat di Pantai Ancol

    Masih dalam rangka libur Lebaran, setelah kami melakukan staycation di Borobudur, kami pun masih memiliki hari liburan yang harus diisi dan anak-anak serta oma opa yang harus di-entertained. Setelah keluar masuk mall, maka kami pun memilih untuk mengisi hari terakhir libur Lebaran ke pantai. Kebetulan oma sering mendengar cerita temannya kalau di Ancol ada bagian yang pantainya keren dan bisa untuk jalan-jalan.

    Di Ancol terdapat dua area pantai, yaitu Pantai Barat dan Pantai Timur. Pantai Barat terletak dekat dengan pintu gerbang utama. Yang termasuk area Pantai Barat adalah Pasar Seni, Gondola, Dufan, dan Pantai Festival. Sedangkan yang termasuk dengan Pantai Timur adalah Bandar Djakarta, Pantai Lagoon, Pantai Karnaval, dan McDonalds. Dengan kata lain, area Pantai Timur adalah area yang lebih baru dibanding Pantai Barat. Pantainya pun terlihat lebih bersih dan lebih keren. Di situ biasanya suka diadakan pertunjukan musik.
    Pantai Festival. Sumber foto: panduan wisata Jakarta.
    Berhubung hari itu adalah hari terakhir liburan, maka kami pun merencanakan untuk jalan pagi-pagi. Agendanya adalah berjalan santai dan bermain pasir di area Pantai Timur. Setelah itu sarapan di McDonald’s dan sebelum panas kami sudah kembali ke rumah. Ideal sekali bukan rencana kami?

    Di Sabtu pagi, kami pun naik mobil menuju Ancol. Kami masuk dari pintu gerbang utama, yang selalu kami lewati saat kami masuk ke Ancol. Walaupun pagi, nampaknya pengunjung begitu banyak. Tujuan kami sudah jelas, yaitu menuju Pantai Lagoon. Namun kami cukup terkejut karena jalanan menuju Pantai Timur ditutup.
    Pintu gerbang utama. Sumber foto: detik
    Kami pun memutuskan untuk bermain di pantai terdekat, yaitu Pantai Festival. Saat kami tiba, pantai sudah dipenuhi oleh keluarga-keluarga yang sedang berlibur. Kami pun berjalan-jalan menuju dermaga. Kalau sore, dermaga ini digunakan sebagai tempat prewedding oleh salah satu teman kami. Namun saat pagi, dermaga ini penuh dengan pengunjung yang mau mancing ikan.
    Si kucing yang sibuk mau mengambil ikan hasil pancingan dari ember.
    Duo Lynns pun sibuk bertanya kapan mereka dapat main pasir. Akhirnya kami pun menuju pantai berpasir. Oleh pihak Ancol diberikan pembatas untuk anak-anak bermain pasir, mungkin supaya aman. Ditemani papa, Duo Lynns asyik mengumpulkan kerang. 
    Main pasir yang apik.
    Setelah bermain pasir, kami mencari toilet untuk membasuh kaki. Karena hari libur, maka di area ini disediakan toilet tambahan. Jadi pengunjung tidak usah takut kebelet ke toilet. Tetapi antriannya lumayan panjang. Memang Ancol luar biasa ramai saat liburan.

    Tujuan kami selanjutnya adalah Pantai Lagoon dan sarapan di McDonalds. Kami pun bertanya kepada petugas bagaimana cara menuju Pantai Lagoon. Petugas menjawab karena Lebaran, maka jalan menuju Pantai Timur dari Pantai Barat ditutup. Supaya tidak tambah macet. Namun pengunjung tetap dapat pergi ke Pantai Timur. Ada dua pilihan yang diberikan. Yang pertama, kami harus keluar dulu dari Ancol dan masuk melalui pintu gerbang yang satunya. Yang berarti keluar uang lagi untuk tiket masuk. Atau yang kedua, kami parkir dan menaiki bus Wara Wiri yang dapat mengantar kami menuju Pantai Lagoon. Kami pun memilih menaiki bus Wara-Wiri. Namun setelah lama menunggu, kami tidak melihat satupun bus yang datang ke tempat perhentian terdekat.

    Setelah mencoba menunggu dengan setia, akhirnya oma pun menyerah untuk tidak jalan-jalan ke Pantai Lagoon yang kata teman oma keren. Pesan moral dari liburan kami kali ini: memang lebih enak ke Ancol saat sedang tidak liburan. Kita bebas berjalan-jalan. Tetapi walaupun riweuh, anak-anak tetap menikmati bermain pasir. 

    Sekilas Info
    Taman Impian Ancol
    Website: www.ancol.com
    HTM Gerbang Ancol:
    Individu : Rp 25.000,00
    Mobil: Rp 25.000,00
    Motor: Rp 15.000,00