Sabtu, 11 April 2020

Fungsi Sudut Caster Dan Pengaruh Dalam Pengemudian

Fungsi Sudut Caster Dan Pengaruh Dalam PengemudianSudut caster dibentuk dengan sumbu kemudi dan garis vertical yang melewati spindle. Kegunaan sudut caster adalah untuk menghasilkan stabilitas control arah untuk roda depan untuk jalan yang lurus dengan usaha yang minim. Sudut caster yang tepat juga membantu roda depan untuk kembali ke posisi lurus setelah dibelokan. Caster mempunyai efek yang kecil pada keausan roda.

Fungsi Sudut Caster


  • 1. Untuk membantu control arah mobil, dengan cara memperbaiki arah roda depan ke posisi lurus.
  • 2. Membantu roda depan untuk kembali ke posisi lurus setelah dibelokkan.
  • 3. Untuk mengimbangi efek dari road crown sesuai arah mobil.

Sudut caster beroperasi bersama sama dengan desain suspensi mobil, sudut camber dan sudut kemiringan sumbu steering untuk menghasilkan perubahan camber yang diinginkan selama mobil berbelok.

Beberapa mobil front wheel drive, casternya tidak bisa disetting. Jika caster telah keluar dari spec, ini mengindikasikan ada sesuatu yang telah usang atau menekuk, mungkin dikarenakan kecelakaan dan harus diperbaiki atau diganti.

Sudut Caster Terdapat 3 Macam, Yaitu :

Caster No (0), Caster Positive (+), Caster Negati (-)


1. Caster Positif (Positive Caster)

Caster positif adalah ketika bagian atas sumbu steering miring kearah belakang. Garis caster menyilang terhadap tanah didepan permukaan roda, yang memberikan arah control yang benar. Sayangnya, positive caster yang berlebihan dapat menyebabkan dua masalah.

Pertama, caster yang berlebihan menyebabkan level guncangan jalan yang tinggi yang ditransmisikan ke pengendara saat mobil menghantam gundukan dan ini menyebabkan  steering yang keras.

Masalah kedua adalah bahwa roda dengan positive caster mempunyai tendensi toe bergerak masuk saat mobil dijalankan. Jika salah satu sisi mempunyai caster yang lebih positive dari yang lain, ini akan menyebabkan toe masuk ke dalam dengan gaya yang lebih besar dari sisi yang lain. Ini akan menyebabkan tarikan yg dirasakan sebesar positive caster.

Penyetelan caster positif yang benar akan memberikan keuntungan :
  • 1. Roda tetap stabil dalam posisi lurus
  • 2. Keausan ban rata dan ban menjadi lebih awet.

Penyetalan caster positif terlalu besar akan menyebabkan :
  • 1. Makin panjang jarak caster atau trail
  • 2. Makin besar kemampuan roda kembali pada posisi lurus
  • 3. Kemudi terasa berat saat dibelokkan
  • 4. Getaran pada roda kemudi terasa besar jika lewat jalan yang kasar atau tidak rata.
  • 5. Besar sudut caster berkisar antara 10 sampai dengan 100 dan perbedaan yang diijinkan antara roda kiri dan kanan : �� ( 30 menit )

2. Caster Negatif (Negative Caster)

Caster negatif adalah saat bagian atas sumbu steering miring kedepan. Letak dari point contact didepan titik beban, yang akan memberikan steering yang lebih mudah pada kecepatan rendah, tetapi akan menyebabkan kesulitan pengemudi dalam mengembalikan arah dari belokan.

Serta mengakibatkan ketidakstabilam kendaraan (seperti bergelombang) di kecepatan tinggi yang disebabkan adanya variasi permukaan jalan seperti jalan kecil yang tidak rata atau gundukan. Jika caster terlalu negative, steering akan ringan dan mobil akan ngeluyur dan sulit untuk menjaga tetap lurus.

3. Caster Nol (Zero Caster)

Caster nol adalah saat bagian atas sumbu steering benar benar vertikal. Jika mobil mempunyai caster yang tidak seimbang, mobil akan tertarik ke sisi dengan caster yang positivenya lebih kecil. Variasi maksimum antar satu sisi dengan yang lain � 0.5�(30�) adalah yang direkomendasikan pada hampir semua mobil.

Fungsi Sudut Camber Dan Pengaruhnya Dalam Pengemudian

Fungsi Sudut Camber Dan Pengaruhnya Dalam Pengemudian  - Sudut camber merupakan kemiringan roda depan kendaraan bagian atas terhadap garis vertikal (garis tegak) ketika dilihat pada bagian depan kendaraan.

Sudut Camber Terdiri Dari 3 Macam, Yaitu :


1. Camber Positif (Positive Camber)

Positive Camber (Camber Positif)

Camber positif terbentuk apabila roda miring ke arah luar terhadap garis vertikal (tegak lurus). Positive camber bertujuan untuk mengimbangi bagian bawah roda yang tertarik ke arah luar ketika kendaraan mulai berjalan dan dibebani. 

Sehingga ketika roda berjalan akan tertarik ke arah dalam dan berat (gaya) kendaraan yang dipikul oleh spindle / steering knuckle, akan tertumpu pada kedudukan yang benar. Dengan catatan sudut camber sesuai spesifikasi. Karena sudut camber yang tidak sesuai dengan spesifikasi (terlalu positif), dapat menyebabkan selip antara roda dan jalanan.  

Camber positif membantu kendaraan akan tetap lurus ke depan, mencegah roda selip ke samping, dan bersama - sama saling membantu dengan sudut king pin, meringankan kemudi serta mencegah roda - roda agar tidak lepas.

Sudut camber positif dengan penyetelan yang benar membuat beberapa keuntungan, yaitu :
  • 1. Kendaraan akan cenderung tetap berjalan lurus walaupun roda kemudi dilepas
  • 2. Mencegah agar roda - roda kendaraan tidak slip ke samping
  • 3. Bersama - sama saling membantu dengan sudut kingpin untuk memperingan pengemudian
  • 4. Mencegah agar roda - roda pada mobil tidak lepas.

Tetapi penyetelan sudut camber yang terlalu positif akan menimbulkan beberapa kerugian, yaitu :
  • 1. Ban akan aus berlebih pada bagian luar
  • 2. Berkurangnya gaya cengkram roda terhadap jalan sehingga membuat roda slip
  • 3. Akan menimbulkan suara tidak normal saat kendaraan berbelok.

2. Camber Negatif (Negative Camber)

Negative Camber (Camber Negatif)

Camber negatif ini mengganti kerugian pada camber positif, merubah roda bagian luar karena putaran mobil dengan cara demikian bagian permukaan roda yang bergesekan lebih datar selama menyudut / miring.

Camber negatif, terbentuk ketika roda miring ke arah dalam terhadap garis vertikal (tegak lurus). Camber negatif sering digunakan pada kendaraan penggerak roda depan atau FF (Front engine Front-wheel drive), hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan ketika diberi sudut  camber positif. 

Karena dengan sudut positif, ketika membelok ada kecenderungan kendaraan miring. Dan jika pengemudi tidak berhati - hati, mobil dapat terbalik pada ketika melibas tikungan.

Sudut negatif camber mempunyai beberapa kelebihan yaitu : 
  • 1. Pengemudian menjadi lebih stabil dan nyaman
  • 2. Memudahkan mobil melakukan belokan yang patah
  • 3. Ban menjadi tidak gampang selip dan lebih mencengkram/menggigit jalanan
  • 4. Kendaraan menjadi lebih tenang atau tidak banyak terjadi guncangan.

Beberapa kekurangan antara lain sebagai berikut :
  • 1. Kemudi akan terasa sangat berat
  • 2. Timbul suara berdecit yang ketika mobil berbelok
  • 3. Menyebabkan ban aus/gundul di bagian dalam.

3. Camber Nol (Zero Camber)

Zero Camber (Camber Nol)

Zero camber  terbentuk apabila garis tengah roda berimpit dengan garis vertikal (tegak lurus). Apabila sudut camber dibuat nol, maka pada waktu kendaraan mulai dibebani dan berjalan, roda bagian bawah akan semakin tertarik keluar.

Hal ini mengakibatkan terjadi perpindahan tumpuan berat mobil yang semula beban tepat pada spindle menjadi ke bagian luar  spindle. Dengan demikian, pengemudian akan menjadi berat, membuat roda slip, dan stabilitas pengemudian berkurang. Tetapi zero camber juga berperan untuk mencegah keausan ban yang tidak merata.

Nol camber tidak biasa di adjust pada sebagian besar mobil RWD (rear wheel drive). Mobil mobil ini dirakit dengan setting camber nol dan cukup kuat untuk tidak lentur atau melengkung dalam kondisi beban normal.

Hampir semua mobil front wheel drive, mempunyai spesifikasi pabrik untuk sejumlah kecil rear camber, biasanya sejumlah kecil dari negative camber untuk stabilitas di kemiringan. Jika spesifikasi pabrik mengijinkan sebuah setting 0� sampai -0.5�(30�) diperlukan untuk penggunaan roda dan stabilitas kemudi.

Jika rear setting berubah, suku cadang suspensi belakang yang rusak perlu diganti. Meskipun demikian, hampir semua mobil dapat diatur dengan menggunakan tipe lain untuk pengaturan, seperti shims, cam bolt atau bushing.

Penyebab Perubahan Sudut Camber
  • Ketinggian Kendaraan, selalu periksa spesifikasi ketinggian kendaraan sebelum memulai alignment. Perubahan pada ketinggian kendaraan yg menyimpang dari spesifikasi akan mempengaruhi camber.
  • Lengkungan pegas, sesuai bertambahnya usia mobil, suspensi mempunyai kecenderungan untuk melengkung. 
  • Terlalu besarnya beban mobil atau perlakuan yang tidak semestinya dapat menyebabkan pegas melemah.
  • Lengkungan cross-member atau sub-frame, faktor lain yang dipertimbangkan adalah lengkungan pada cross-member atau sub-frame. 
  • Modifikasi pada mobil, seperti meningggikan atau merendahkan suspensi atau merubah keseluruhan berat dari mobil yang dapat juga mempengaruhi camber.

Akibat Sudut Camber Tidak Benar

  • Mobil tertarik ke salah satu sisi
  • Keausan yg terjadi pada satu sisi pada bagian dalam atau bagian luar dari permukaan roda.
  • Keausan bearing roda.
  • Keausan pada ball joint (camber yang tidak benar menyebabkan peningkatan keausan pada ball joints

Jumat, 10 April 2020

Pemeriksaan Injektor EFI Menggunakan Test Lamp

Pemeriksaan Injektor EFI Menggunakan Test Lamp - Injektor merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar langsung ke ruang bakar. Ketika injektor tidak berfungsi, maka mesin mobil atau motor brebet atau pincang.

Test lamp atau test pen DC merupakan alat yang dapat digunakan untuk pemeriksaan kelistrikan mobil, test lamp (test pen DC) ini berbeda dengan test pen AC seperti yang biasa digunakan untuk pemeriksaan listrik PLN. Test lamp ini bisa dibuat sendiri atau tinggal beli,harga cukup murah antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

Pemilihan Test Lamp (Test Pen DC) Yang Tepat Untuk Mesin Injeksi :

Untuk kendaraan yang jenis Injection, menggunakan komputer mesin (ECU) untuk mengatur seluruh sistem kerja mesin. Banyak jalur-jalur kelistrikan yang berhubungan antara sensor-sensor dan aktuator di mesin dengan ECU.

Arus yang terdapat pada jalur pelistrikan itu belum tentu bertegangan 12 volt, bisa saja berupa suatu nilai besaran resistansi, besaran voltase yang sangat rendah dalam satuan mV dan sebagainya.

Kelistrikan mobil bermesin injeksi (injection) bisa dikatakan sensitif. Maksimum beban arus yang cukup aman untuk pengetesan dengan test pen adalah sebesar 20 mA saja.

Maka dalam hal ini test pen otomotif yang dikatakan aman untuk utak-atik mesin Injeksi adalah test pen LED, karena hanya membebani arus sebesar kurang dari 15mA.

Akibat dari menggunakan test pen bohlam ke suatu jalur pelistrikan yang sensitif adalah terbakarnya komponen elektronik baik itu berupa sensor atau komponen yang ada di dalam ECU, yang menyebabkan ECU rusak/terbakar.

Tidak hanya ECU, tetapi untuk kendaraan yang dilengkapi dengan modul-modul seperti Module ABS, Body Computer, Light Module, Transmission Module (matic), dsb. Juga sensitif terhadap test pen bohlam.

Memasang Test Lamp (Test Pen DC) Untuk Mengetahui Kerja Injektor :

  • 1. Hubungkan ujung test lamp ke terminal positif (+) battery.
  • 2. Hubungkan ujung lainnya ke terminal injektor yang langsung ke ecu atau ecm. ECM yang ada pada injector. Perhatikan gambar dibawah :
Menghubukan Test Lamp Ke Terminal Injektor

  • 3. Starter mesin sambil perhatikan apakah lampu test lamp dapat berkedip atau tidak.
Perhatikan Nyala Lampu Test Lamp

  • 4. Tes ini untuk pemeriksaan apakah ECM dapat mengontrol injector atau ada masalah pada wiring.
  • 6. Jika lampu test lamp menyala ketika di starter, artinya tidak ada masalah dengan kerja kelistrikan injektor.
  • 7. Tetapi jika lampu test lamp mati ketika mesin di starter, artinya terdapat problem (masalah) dengan kerja kelistrikan injektor.
Catatan : Pemeriksaan ini hanya untuk mengetahui kerja injektor, bukan mengetahui kondisi injektor.

Selasa, 07 April 2020

4 Spot Foto Ter-Hits di Kota Solo

Solo merupakan kota kecil yang berada di provinsi Jawa Tengah. Meskipun kecil, kota ini punya banyak banget tempat wisata yang ga kalah keren dibanding kota-kota tetangganya loh, kaya Semarang atau Jogja. Solo juga terkenal dengan keramahan masyarakatnya, selain ramah-ramah, orang orang di sini halus halus dalam bertutur kata. Gue bukan asli Solo, tapi sekarang udah menetap di sini. Tiap kerja keluar kota, gue selalu kangen banget sama Solo. Kulinernya yang beragam dan harganya yang pas banget dikantong, bikin gue betah tinggal di sini. 

Ngomongin wisata di Kota Solo, banyak banget di sini. Dari alam hingga city tour ada. Dari yang heritage sampe ke yang modern juga tinggal pilih. Wisata museum atau wisata religi juga banyak. Yuk, kita intip destinasi apa aja sih yang lagi happening di Kota Solo!

1. Transformer Park

Transformer Park berada di Pabelan, kabupaten Sukoharjo, tepatnya ada di deket Transmart Pabelan, ga jauh dari kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kalo masih bingung tanya orang sana ya kalo udah disekitar lokasi! Tempat ini dulunya adalah gudang alat-alat berat pekerjaan proyek. Tapi sekarang udah disulap jadi tempat yang instagramable banget, mirip mirip kaya tokoh robot Bumblebee di film Transformer. Warna identik kuning dan penambahan aksen karat di body rangka mobil jadi menambah kesan vintage juga lho! 

Tips mengunjungi Transformer Park :
  1. Gunakanlah pakaian yang nyaman di pakai, yang bisa menyerap keringat. Soalnya panas banget!
  2. Dateng sekitar pukul 07.00 - 10.00 WIB atau sore 16.00 - 17.00 WIB. Biar ga rame dan panas. 
  3. Pilih hari Weekday, disamping rame kalo foto, transformer park juga jadi buruan anak-anak gaul Solo. 
  4. Siapin uang receh, untuk parkir dan beli snack atau minum.

   

4. Jalan Gatot Subroto, Pasar Singosaren

Jalan gatot subroo udah terkenal banget buat jeprat jepret kalo ke Solo. Banyak banget mural di sini. Yang pasti gabakalan keabisan spot buat foto. Jalan Gatot Subroto sendiri merupakan salah satu kawasan pertokoan di Solo yang menjual banyak hal, seperti garment, grosir mainan, alat elektronik, toko pernak-pernik, souvenir, dll. Komplit banget, kalo ke Solo dan pengen belanja grosir atau handphone? Disini tempatnya! Tak hanya itu, tempat ini disulap menjadi tempat yang lebih trendy dengan adanya mural-mural yang sengaja dibuat oleh seniman-seniman kota Solo untuk mempercantik kawasan Gatot subroto, ini merupakan anjuran dari Pemkot Solo juga lho! Keren banget pokoknya!

Kalo kesini banyak banget fotografer-fotografer. Seringnya mereka foto Prewedding, atau modeling. Atau hanya sekadar foto buat konten instagram aja. hehe. Ini dia hasil foto-foto gue kemarin. Beberapa gue take untuk klien prewedding gue. Keren kan tempatnya? Gausah bingung lagi kalo ke Solo mau foto-foto dimana, ke Jalan Gatot Subroto aja!

   


3. Taman Balekambang, Manahan

Taman Balekambang merupakan salah satu hutan kota yang tempatnya berada di jantung kota Solo lho. Pemkot Solo berharap dengan adanya taman kota yang disediakan ini bisa jadi tempat berkumpulnya masyarakat Solo atau event-event besar seperti konser atau acara budaya  biasa diselenggarakan di sini juga. Seru banget deh. Beberapa kali gue memilih spot foto ini karena tempatnya yang strategis dan ga ribet. 

Di Taman Balekambang juga ada Rusa dan Kera lho! Mereka bebas berkeliaran di kawasan taman. Sayangnya Rusa-rusa disini tu emang kadang nyerang orang-orang yang ganggu mereka dulu. Asal kalian ga ganggu mereka tu friendly banget loh! Jadi jangan ganggu mereka dgn ngelempar sampah atau batu atau tindakan meresahkan lainnya ya. Kasian mereka kalo berbuat sesuai insting mereka dan meresahkan, tanduknya bakal dipotong lho sama petugas 😭 Sedih banget, so jaga sikap ya kalo kesini. Kasih makan yang bener kaya kacang, ubi, bayem atau sayuran lainnya. Hehe

Ini dia foto kemarin gw lagi-lagi klien prewedding hehe




  

 4. Flyover Manahan

Sejak flyover Manahan diresmikan akhir tahun 2018, kawasan ini sering dijadikan tempat foto karena lagi-lagi pemkot Solo menjadikan dinding flyover sebagai canvas para seniman mural kota Solo. Ga abis-abis idenya yang biki gw salut gambar-gambar di sini kebanyakan tokoh pewayangan dan tokoh atlet-atlet lho! Keren ya. Terowongan jalan under pass nya juga disulap warna-warni juga. Udah deh sekarang jadi trend buat anak-anak muda foto-foto, tempatnya instagramable banget. 

Nah kalo foto disini hati-hati ya sama kendaraan yang berlalu lalang, soalnya kadang area ini tuh rame banget. Kalian gaboleh egois buat foto di sini, lengah dikit bisa aja keserempet mobil/motor lho. Be a wise content creator 😊 Saran gue kalo kesini parkir disekitar Rown Division aja, sekalian bisa mampir ke pelopor distro pertama di Solo buat belanja! hehe

Berikut foto-fotonya,


   





Okedeh mungkin segitu dulu dari gue. Solo emang ngangenin banget buat dikunjung, selain spot foto, kulinernya juga murah dan enak-enak lho! Jangan lupa berkuliner juga kalo berkunjung ke Solo ya! Hehehe 😘
Have a good traveling, Thanks for read! Goobye soon! Pampam 😍

Senin, 06 April 2020

6 Tips Cerdas Menyusun Itinerary Agar Liburan Terencana Dengan Baik

Itinerary, menyusun itirerary, tips menyusun itirerary, rencana perjalanan, menyusun rencana perjalanan, liburan efisien, tips traveling
Tribunnews.com

Susunan perjalanan atau yang biasa disebut dengan itinerary bisa membantu kita dalam memaksimalkan waktu liburan.

Sebuah itinerary yang bagus menunjukkan susunan atau runtutan perjalanan dengan memaksimalkan waktu yang ada sehingga jumlah tujuan wisata yang ingin dikunjungi bisa maksimal.

Meski tampaknya rumit, membuat itinerary sebenarnya sangat sederhana, lho.

Dengan informasi dasar traveling dan sebuah peta, kamu bisa kok membuat rencana perjalan untuk liburan yang efisien dan tersusun dengan baik.

Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kumpulkan beberapa informasi penting untuk liburanmu

Itinerary, menyusun itirerary, tips menyusun itirerary, rencana perjalanan, menyusun rencana perjalanan, liburan efisien, tips traveling
Unsplash/Benjamin Dada

Jadwal pesawat, penginapan, transportasi, dan rumah makan adalah informasi kunci yang harus kamu kumpulkan untuk membuat itinerary.

Kamu mungkin juga harus mengetahui rute-rute lokasi destinasi wisata tujuanmu.

Misalnya, nih, rute dari bandara ke penginapan, rute dari penginapan ke lokasi wisata, dan juga jenis kendaraan yang bisa digunakan.

2. Buat daftar kegiatan selama liburan

Itinerary, menyusun itirerary, tips menyusun itirerary, rencana perjalanan, menyusun rencana perjalanan, liburan efisien, tips traveling, to do list
Pexels/energepic.com

Sangat berguna jika kamu membuat daftar semua hal yang ingin dilakukan selama liburan agar waktumu bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Kamu bisa mencari tahu acara lokal, kuliner khas, serta lokasi wisata yang ingin kamu tuju.

Mungkin saja kamu bisa merasakan acara budaya yang tidak sempat dirasakan wisatawan lain.

Tentunya ini sayang sekali jika kamu lewatkan begitu saja.

3. Tandai lokasi tujuan di peta

Itinerary, menyusun itirerary, tips menyusun itirerary, rencana perjalanan, menyusun rencana perjalanan, liburan efisien, tips traveling, maps, tablet, internet, maps online, google maps
Pexels/Pixabay

Tandai lokasi tujuan wisata di peta dan catat alamatnya.

Hal ini akan membuat liburanmu lebih efisien.

Jangan lupa!

Untuk setiap kegiatan, perkirakan lama waktu agar kamu bisa menjangkaunya dan berapa lama alokasi waktu yang akan kamu habiskan di setiap lokasi.

4. Atur kebutuhan budget selama liburan

Itinerary, menyusun itirerary, tips menyusun itirerary, rencana perjalanan, menyusun rencana perjalanan, liburan efisien, tips traveling, budget, travel budget, budget travel, anggaran, anggaran liburan
Jejak-kenzie.blogspot.com

Apakah kamu ingin menghabiskan liburan dengan makan di rumah makan mewah dan menginap di hotel berbintang?

Atau kamu lebih tertarik dengan liburan yang sederhana ala backpacker-an.

Mahal atau tidaknya liburanmu tergantung bagaimana kamu menetapkan alokasi budget.

5. Tetaplah Fleksibel

Itinerary, menyusun itirerary, tips menyusun itirerary, rencana perjalanan, menyusun rencana perjalanan, liburan efisien, tips traveling
Jejak-kenzie.blogspot.com

Menyusun sebuah itinerary adalah petunjuk agar kamu tetap dalam jalur yang kamu rencanakan selama liburan.

Namun, jika kamu melewatkan satu kegiatan, itu bukanlah sebuah kiamat, kok.

Pertimbangkan juga untuk bertanya pada penduduk lokal tentang tempat makan populer, pasar tradisional, atau jika ada museum atau lokasi wisata unik yang jarang terdengar.


Nah, itulah 5 tips cerdas menyusun itinerary agar liburanmu lebih efisien dan terencana dengan baik. Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

Mengetahui Sambungan Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC

Mengetahui Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC - Saat dirumah ketika terdapat masalah pada kelistrikan rumah, maka diperlukan alat test pen listrik AC (Arus Searah) 220V untuk cek sumber tegangan pada kabel / stop kontak. 

Lain halnya ketika pada mobil & motor, Pada kendaraan kabel - kabel biasanya diikat menjadi satu & pasti mebuat sulit untuk menelusuri kabel / mengetahui kabel yang terhubung dengan kutub positif (+) atau kutub negatif (-).

Umumnya kendaraan menggunakan tegangan DC (Arus Bolak - Balik) 12V sehingga memerlukan test pen khusus yang sedikit berbeda dari test pen AC (Arus Searah). Test pen ini biasa disebut dengan Test pen DC.

Untuk mempermudah pekerjaan ketika cek kabel kelistrikan maka digunakanlah
test pen DC ini. Pada test pen DC terdapat lampu yang akan menyala jika salah satu ujung test pen terhubung dengan kutub (+) dan ujung lainnya terhubung dengan kutub (-).
Test Pen DC

Biasanya test pen jenis ini digunakan untuk kelistrikan 12volt, tetapi ada juga yang menjual testpen yang bisa digunakan untuk 6v-12v karena pada sistem kendaraan baru output dari ECU bisa jadi kurang dari 12volt. Tetapi prinsip untuk menggunakannya tetap sama.

Cara Mencari Kutub Positif (+) Atau Negatif (-) Kabel Kelistrikan :

1. Untuk mencari kutub positf (+)
  • Pasang / jepit salah satu ujung test pen DC ke body / baut yang terpasang pada body kendaraan atau pasang pada kutub negatif  (-)
  • Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mencari Kutub Positif (+)

  • Jika test pen menyala, maka itu adalah kabel positif (+).

2. Untuk mencari kutub negatif (-) 
  • Pastikan dulu salah satu ujung test pen sudah terpasang pada kutub positif (+)
  • Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mecari Kutub Negatif (-)

  • Jika test pen menyala, bisa dipastikan itu adalah kabel negatif (-).

Sabtu, 04 April 2020

Komponen - Komponen Sistem Pendingin Radiator Dan Fungsinya

Komponen - Komponen Sistem Pendingin Radiator Dan Fungsinya - Salah satu sistem terdapat pada kendaraan adalah sistem pendingin mesin. Sesuai namanya, sistem ini bertujuan untuk mendinginkan suhu mesin mobil ketika mesin mecapai suhu kerja tinggi untuk menjaga kestabilan suhu mesin.

Umumnya, sistem pendingin yang digunakan pada mobil adalah sistem pendingin dengan air. Salah satu komponen penting dari sistem pendingin mesin adalah radiator.

Komponen - Komponen Sistem Pendingin Radiator Dan Fungsinya


Radiator

1. Upper Tank (Tangki Bagian Atas)
Upper tank merupakan tempat penampung water coolant (air pendingin) yang berada di saluran masuk. Komponen ini dapat menampung air panas yang berasal dari mesin, tempat penampung ini berada di bagian atas dengan bentuk memanjang. Tangki ini dilengkapi juga dengan lubang :
  • Pengisian
  • Pipa pembuangan
  • Saluran masuk air pendingin dari mesin
  • Lubang pengisian harus selalu ditutup dengan tutup radiator.

2. Sirip Radiator
Sirip radiator berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas menuju udara. Sirip radiator berbentuk seperti plat yang berada di tengah - tengah inti radiator, karena jika radiator hanya menggunakan inti radiator untuk melepaskan panas akan membutuhkan waktu yang lama. Maka diletakkan sirip di bagian tengah inti radiator untuk lebih mempercepat mendinginkan air radiator (water coolant).

3. Radiator Core (Inti Radiator)
Inti radiator berfungsi untuk membuang panas dari air ke udara agar temperatur air menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Inti radiator terdiri dari pipa - pipa air untuk mengalirkan air dari tangki atas ke tangki bawah dan sirip pendingin untuk membuang panas air yang berada pada pipa - pipa air. Ada dua tipe inti radiator (radiator core), yaitu : Tipe plate (flat fin type) & Tipe lekukan (currogated type). Perbedaan antara kedua tipe tersebut ditinjau dari model sirip pendinginnya.

4. Lower Tank (Tangki Bagian Bawah)
Tangki bawah berfungsi untuk menampung air yang telah didinginkan oleh inti radiator dan selanjutnya disalurkan ke mesin melalui pompa air. Pada tangki bawah ini juga dipasangkan saluran air yang akan berhubungan dengan pompa air dan saluran pembuangan untuk membuang air radiator saat membersihkan radiator.

5. Drain Plug Atau Baut Penguras Air Radiator
Drain plug atau baut penguras, berfungsi untuk menguras air pendingin (air coolant) dari dalam radiator. Lokasi dari drain plug  terletak di bagian bawah radiator yang berada tepatnya pada lower tank.

6. Baut Pembuangan Angin Radiator
Sebuah sistem pendingin radiator membutuhkan pembuangan udara untuk mengilangkan kantong udara terjebak di dalam sistem pendingin radiator tersebut. Hal ini untuk mencegah pembekuan dari sirkulasi yang menyebabkan mobil terlalu panas .

7. Radiator Cup (Tutup Radiator)
Tutup radiator tidak hanya berfungsi untuk menutup radiator seperti saat kita menutup botol berisi air kalau sudah di tutup selesai permasalahan karena air tidak tumpah atau meluber keluar.

Beberapa fungsi tutup radiator, yaitu :
  • Penutup radiator agar tidak terjadi kebocoran
  • Membuat sistem menjadi bertekanan sehingga dapat mencegah terjadinya penguapan air dalam sistem (fungsi relief valve) dan mempercepat pencapaian suhu kerja mesin. 
  • Untuk mengurangi tekanan apabila tekanan di dalam sistem berlebihan sehingga dapat mencegah kerusakan dari bagian sistem.
  • Mengalirkan air dari radiator ke penampung atau reservoir dan memasukkan kembali pada saat tekanan dalam radiator turun (fungsi katub vacum).
Radiator Cup (Tutup Radiator)

8. Reservoir Tank
Reservoir tank berfungsi untuk menampung air radiator untuk mencegah air raditor berkurang, sehingga ketika kondisi sistem pendinginan mesin dalam kondisi vakum dan kekurangan air, maka reservoir tank bisa menyediakan air untuk digunakan kembali.

Reservoir tank umumnya dipasang dekat dengan radiator. Berbentuk seperti tabung penampungan air yang terbuat dari bahan plastik tebal. Reservoir tank terhubung dengan radiator, tepatnya di bagian dekat tutup radiator yang dihubungkan dengan sebuah selang.

9. Kipas Radiator (Radiator Fan)
Fan atau kipas radiator berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pendinginan radiator. Pada dasarnya radiator terbuat dari bahan aluminium yang dapat telah dibuktikan bahan terbaik dalam penyerapan serta pelepasan panas.

Tetapi pada suhu spesifik yakni suhu di atas 80� C, Rasiator sangat membutuhkan pendingin tambahann melalui angin yang di hasilkan daei putaran kipas ini, sehingga temperature mesin dapat tetap ideal.
Kipas Radiator &  Pelindung Kipas

10. Tutup Kipas
Tutup kipas radiator ini terletak di bagian belakang kipas radiator dan dibautkan ke bagian radiator, fungsinya untuk melindungi kipas radiator.

11. Termostat
Setiap mobil memiliki suhu ideal kerja mesin yang berbeda, tetapi rata-rata temperature ideal kerja mesin berada pada range 80 �C - 90 �C, pada suhu ini pencampuran BBM dan udara berlangsung mendekati sempurna. 
Bagaimana system pendingin mesin menjaga suhu ideal ini?
Tugas ini ada pada thermostat. thermostat adalah sebuah katup yang berada diantara mesin dan selang radiator. Ketika suhu mesin mobil dibawah angka ideal, thermostat akan menahan aliran air dari mesin menuju radiator. Saat itu, aliran air akan berputar di dalam blok mesin saja.

Pada saat suhu air mencapai 90�c katup thermostat akan otomatis terbuka lebar, karena pada saat ini mesin sudah menjadi panas. Air yang panas tadi mengalir masuk ke radiator untuk didinginkan.

Selanjutnya air dari radiator yang telah dingin disalurkan oleh water pump menuju blok mesin. Katup dari thermostat akan terus membuka selama mesin panas, dan menutup kembali saat suhu mesin berubah menjadi dingin. 
Thermostat & Water Pump

12. Pompa Air (Water Pump)
Water pump atau pompa air pada radiator berfungsi untuk memompa cairan pendinginan atau water coolant ke sirip - sirip radiator dan water jacket. Syarat utama agar tidak terjadi overheat pada mesin mobil adalah dengan tersirkulasinya cairan pendinginan ke seluruh celah saluran pendingin.

11. Saluran Bypass (Slang / Pipa Radiator)
Salah satu komponen mesin yang penting namun jarang diperhatikan adalah  saluran bypass. Terdiri dari  pipa dan selang bypass, bahkan dalam pengecekan di bengkel resmipun, pipa dan selang ini bukan bagian dari item pekerjaan.

Fungsi selang radiator adalah untuk menyalurkan air dari mesin ke radiator dan kembali ke mesin. Meski fungsinya hanya menyalurkan air, komponen ini tidak bisa disepelekan.

Selang radiator harus fleksibel tetapi tetap harus kuat menahan suhu air dengan suhu tinggi. Umumnya selang radiator terbuat dari karet khusus yang didesain untuk bertahan pada suhu tinggi namun fleksibel.

Terhitung ada sekitar  4 jenis selang pada sistem pendingin yaitu :
  • Selang Radiator Atas : Selang radiator atas(upper hose) berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator.
  • Selang Radiator Bawah : Selang radiator bawah(lower hose) berfungsi untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin. 
  • Selang Penjepit : Selang penjepit digunakan untuk melindungi kerapatan selang untuk macam - macam hubungan (pada ujung selang). Beberapa jenis dari selang penjepit pada kendaraan antara lain jubilee, tipe skrup, dan tipe kancing atau spring.
  • Selang By pass (Ketika dipasang) : Selang bypass (ketika dipasang) berfungsi menghubungkan bagian lebih rendah pada ruang thermostat ke sisi jalan masuk pompa air dan mensirkulasikan engine dan kepala silinder, ketika thermostat tertutup untuk mencegah penguapan air di sekitar ruang bakar yang dapat mengakibatkan keretakan engine.