Jumat, 11 Oktober 2019

Cara Menyetel Karburator Motor

Cara Menyetel Karburator MotorKebersihan dan penyetelan yang tepat pada karburator sangat berpengaruh pada kinerja mesin secara keseluruhan. Karburator yang tidak berfungsi dengan normal dapat mempengaruhi suplai bahan bakar, dan jika hal itu terjadi maka pembakaran menjadi tidak sempurna, akibatnya sepeda motor kurang bertenaga bahkan bisa mogok.

Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan asap yang tidak normal sehingga mengakibatkan terjadinya polusi udara.

Menyetel Karburator berati mengatur kecepatan putaran mesin pada saat langsam (stationer / idle) dan mengatur pencampuran  bahan bakar dengan udara.

Bila kecepatan  langsam disetel terlalu tinggi maka pemakaian bahan bakar akan boros, sedangkan bila disetel terlalu rendah maka mesin cenderung sering mati. Penyetelan karburator harus dalam keadaan mesin hidup dan telah panas.

Berikut Langkah - Langkah Cara Menyetel Karburator Motor


Penyetelan Sekrup Idle :
  • 1. Putarlah sekerup penahan skep (throttle) sehingga putaran mesin meninggi.
  • 2. Putarlah sekrup pengatur udara (air screw / pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun. 
  • 3. Putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. (Berhentilah memutar saat putaran mesin agak naik.Dengan posisi sekerup seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah sekerup penahan skep ke arah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai sengan spesifikasi. Perhatikannlah gambar di bawah ini
    Penyetel kecepatan idle

    Penyetelan Sekrup Udara :
    • 1. Putar sekerup udara searah jarum jam sampai duduk dengan ringan kemudian putar balik sesai spesifikasi yang diberikan.
    • 2. Pembukaan Sekrup Udara : 1,5 putaran keluar
    Penyetelan Campuran/Sekerup Udara

    Langkah Terkhir :

    • 1. Pasang pengukur putaran (Tachometer)
    • 2. Setel putaran staaioner (Idle) dengan sekerup Idle. Putaran stasioner : 1.400
    • 3. Putar sekerup masuk keluar untuk memperoleh putaran mesin yang rata.
    • 4. Panaskan mesin sampai suhu operasi normal.

        Selasa, 08 Oktober 2019

        Solar Cell Atau Sel Surya (Photovoltaic)

        Solar Cell Atau Sel Surya (Photovoltaic) - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia, paling populer digunakan untuk listrik pedesaan (terpencil), system seperti ini populer dengan sebutan SHS (Solar Home System). 

        Solar cell atau panel surya adalah alat untuk mengkonversi tenaga matahari menjadi energi listrik. photovoltaic adalah teknologi yang berfungsi untuk mengubah atau mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik secara langsung. PV biasanya dikemas dalam sebuah unit yang disebut modul. Dalam sebuah modul surya terdiri dari banyak sel surya yang bisa disusun secara seri maupun paralel. 

        Sedangkan yang dimaksud dengan surya adalah sebuah elemen semikonduktor yang dapat mengkonversi energi surya menjadi energi listrik atas dasar efek fotovoltaik. Solarcell mulai popular akhir-akhir ini, selain mulai menipisnya cadangan enegi fosil dan isu global warming. energi yang dihasilkan juga sangat murah karena sumber energi (matahari) bisa didapatkan secara gratis.

        SHS (Solar Home System) umumnya berupa system berskala kecil, dengan menggunakan modul surya 50-100 Wp (Watt Peak) dan menghasilkan listrik harian sebesar 150-300 Wh. Karena skalanya yang kecil, system DC (direct current) lebih disukai, untuk menghindari losses dan self consumption akibat digunakannya inverter. 

        Karena systemnya yang kecil dan dipasang secara desentralisasi (satu rumah satu pembangkit, sehingga tidak memerlukan jaringan distribusi) SHS ideal digunakan untuk listrik di pedesaan dimana jarak rumah satu dengan lainnya berjauhan, dan keperluan listriknya relatif kecil, yakni hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar (lampu). 

        Meskipun secara pengertian SHS dapat saja berupa system yang besar (sejauh masih digunakan untuk listrik rumah), namun kebanyakan orang cenderung tidak  menggunakan istilah SHS untuk system yang menggunakan modul lebih besar dari 100Wp (atau produksi energi harian >400Wh).

        Kecilnya listrik yang dapat disediakan oleh SHS (kecil menurut definisi orang kota yang sering menggunakan listrik jauh diatas produksi SHS, padahal bagi orang desa listrik sejumlah itu sangat bermanfaat, karena dibandingkan lampu minyak tanah, yakni lampu teplok/petromak), ditambah lagi dengan relatif sulitnya mencari peralatan elektronik rumah tangga (TV,  Radio/Tape dll) yang menggunakan system DC, membuat SHS tidak menarik untuk penggunaan di desa - desa dekat kota atau di perkotaan, dimana kebutuhan listrik sudah tidak melulu hanya untuk lampu penerangan.

        Meskipun belum ada batasan yang jelas, PLTS yang menggunakan modul surya lebih dari  100Wp (Output energi >400Wh), dan oleh karenanya lebih memungkinkan digunakan system AC (Alternating Current) karena listrik yang dapat digunakan setelah dikurangi losses dan self consumption inverter masih cukup memadai), dalam tulisan ini, termasuk dalam kategori PLTS skala menengah-besar.

        PLTS pada skala ini umumnya tidak lagi menggunakan system desentralisasi, tetapi menggunakan system sentralisasi dan dikombinasikan dengan system pembangkit lainnya (sistem hibrid). System Hybrid dapat melibatkan 2 atau lebih system pembangkit listrik, umumnya system pembangkit yang banyak digunakan untuk hybrid adalah genset, PLTS, mikrohydro, Tenaga Angin. Sehingga system hybrid bisa berarti PLTS-Genset, PLTS-Mikrohydro, PLTSTenaga Angin dst. Di indonesia system hybrid telah banyak digunakan, baik PLTS-Genset, PLTSMikrohydro, maupun PLTS-Tenaga Angin-Mikro Hydro.

        Namun demikian hybrid PLTS-Genset yang paling banyak dipakai. Umumnya digunakan pada captive genset/isolated grid (stand alone genset, yakni genset yang tidak di interkoneksi). Tujuan dari Hybrid PV - Genset adalah mengkombinasikan keunggulan dari setiap pembangkit (dalam hal ini genset & PLTS) sekaligus menutupi kelemahan masing-masing pembangkit untuk kondisi-kondisi tertentu, sehingga secara keseluruhan system dapat beroperasi lebih ekonomis dan efisien.


        Solar Cell (Photovoltaic Cell)

        Energi listrik dapat dibangkitkan dengan mengubah sinar matahari melalui sebuah proses yang dinamakan photovoltaic (PV). Photo merujuk kepada cahaya dan voltaic merujuk kepada tegangan. Terminologi ini digunakan untuk menjelaskan sel elektronik yang memproduksi energi listrik arus searah dari energi radian matahari seperti ditunjukkan pada gambar 1 berikut ini. 

        Photovoltaic cell dibuat dari material semikonduktor terutama silikon yang dilapisi oleh bahan tambahan khusus. Jika cahaya matahari mencapai cell maka elektron akan terlepas dari atom silikon dan mengalir membentuk sirkuit listrik sehinnga energi listrik dapat dibangkitkan. Sel surya selalu didesain untuk  mengubah cahaya menjadi energi listrik sebanyak-banyaknya dan dapat digabung secara seri atau paralel untuk menghasilkan tegangan dan arus yang diinginkan. 

        Unjuk kerja dari photovoltaic cell sangat tergantung kepada sinar matahari yang diterimanya. Kondisi iklim (misal awan dan kabut) mempunyai efek yang signifikan terhadap jumlah energi matahari yang diterima sel sehingga akan mempengaruhi pula unjuk kerjanya.

        Pemeriksaan Komponen - Komponen Kopling

        Pemeriksaan Komponen - Komponen Kopling - Pentingnya memeriksa secara visual setiap komponen kopling yang dibongkar. Ini membantu menentukan apakah bagian tersebut rusak lebih awal dari yang seharusnya, dan membantu menemukan permasalahan sebelum kopling dipasang kembali.

        Selama pembongkaran, roda gila, plat kopling, penutup kopling (clutc cover), bantalan pembebas dan pilot bearing harus diperiksa untuk menentukan apakah komponen tersebut rusak.

        Pemeriksaan Komponen - Komponen Kopling


        1. Pemeriksaaan Roda Gila (Fly Wheel)

        • Roda gila harus memiliki permukaan datar untuk mencegah getaran, dan untuk memberikan koefisien gesekan diperlukan. Keausan permukaan gesekan biasanya cekung.
        • Plat kopling datar yang baru tidak akan duduk sepenuhnya terhadap roda gaya yang tidak rata. 
        • Hal ini dapat menyebabkan keausan yang cepat pada plat kopling, getaran atau bahkan kopling selip.
        • Panas, dan aus dapat terjadi jika ada slip yang berlebihan.
        • Roda gila harus diperiksa dari runout yang berlebihan jika ada getaran atau bergelombang pada hub disk atau tuas pembebas kopling.
        • Dengan dial indicator periksalah run-out fly wheel.
        Jika runout melibihi 0.2 mm, gantilah fly wheel.
          Pemeriksaan Runout Roda Gila

          2. Pemeriksaan Rumah Kopling / Tutup Kopling (Clutch Cover)

          a. Pemeriksaan secara visual
          • Cover harus diperiksa secara visual dengan melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan / terbakar, tergores dan atau retak.
          • Karena Permukaan gesekan dari clutc cover cenderung untuk aus atau tergores dari penggunaan normal.
          • Selip berlebihan dapat menyebabkan alur, gosong, dan melengkung. 
          • Jika ada kotoran, luka bekas gesekan / terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. 
          Jika kerusakannya parah, sebaiknya diganti.

          b. Pemeriksaan keselarasan jari - jari pegas diafragma menggunakan jangka sorong.
          • Kedalaman maksimal adalah 0.6 mm dan lebar maksimal 5.0 mm.
          • Keselarasan yang tidak benar dapat menyebabkan kebisingan antara bantalan pembebas dan jari-jari pegas diafragma.
          • Ukur lebar dan kedalaman keausan untuk menentukan apakah masih dalam batas toleransi.
          Jika keausan melebihi spesifikasi ganti dengan yang baru
            Pemeriksaan keausan pegas

            c. Pemeriksaan kearataan tinggi dengan dial indikator
            • Dengan dial indikator dan alat pemutar juga dapat dilakukan pengukuran ketidakrataan permukaan ujung pegas diphragm atau ujung tuas pembebas.
            • Untuk memudahkan pengukuran pasanglah dial dengan magnetik base pada mesin. Penyimpangan maximal : 0.5 mm.
              Pemeriksaan kerataan tinggi pegas

              d. Perbaikan / penyetelan pegas diaphragma
              • Bila penyimpangan tidak masuk dalam spesifikasi, lakukan penyetelan kerataan
              • Pada pegas diaphragma lakukan penyetelan ketinggian dan kerataan dengan SST seperti terlihat pada gambarr berikut
                Penyetelan kerataan tinggi pegas

                3. Pemeriksaan Plat Penekan

                Pemeriksaan plat penekan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu:

                a. Pemeriksaan secara visual
                • Dengan cara melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan / terbakar, tergores dan atau retak.
                • Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus.
                • Jika kerusakannya parah, perbaiki dengan menggunakan mesin bubut atau jika tidak memungkinkan, ganti dengan plat penekan baru.

                b. Lakukan pengukuran kerataan plat kopling dengan straigh edge dan filler gauge.
                • Ketidakrataan max adalah 0.5 mm.
                  Pengukuran kerataan

                  4. Pemeriksaan Plat Kopling (Cluth Disk)

                  Selalu periksa ketebalan kanvas plat kopling, kondisi pegas peredam radial, hub spline (alur-alur hub), dan runout aksial dengan mengukur ketinggian permukaan atas paku keling.

                  a. Pemeriksaan paku keling & mengukur ketebalan kampas kopling
                  • Dengan jangka sorong lakukan Pengukuran kedalaman Paku keling.
                  • Batas kedalaman paku keling, minimal 0.3 mm.
                  • Jika kedalaman sudah melebihi spesifikasi, ganti kampas kopling atau ganti dengan plat kopling baru.
                  • Penggantian kampas kopling dilakukan dengan cara melepas kampas kopling lama dengan merusak paku kelingnya dengan bor, memasang kampas kopling baru dengan paku keling baru dengan urutan menyilang. 
                    Mengukur Ketebalan Kanvas

                    b. Run out plat kopling.
                    • Disc (plat kopling) diperiksa kelengkungannya dengan cara memeriksa runout aksialnya.
                    • Disc (plat kopling) diputar sambil melihat keolengan (runout) permukaannya.
                    • Jika lebih dari 0,031 inchi (0.8mm) atau lebih, maka disk (plat kopling) harus diganti.
                      Pengukuran run-out plat kopling

                      c. Pemeriksaan kekocakan atau kerusakan torsion dumper
                      • Jika ditemukan kekocakan dan kerusakan pada torsion dumper, ganti dengan plat kopling unit baru.

                      5. Pemeriksaan Pegas Penekan

                      a. Pemeriksaan panjang dan kesikuan pegas penekan
                      • Panjang bebas pegas penekan mempunyai limit yang bervariasi tergantung ukuran kopling unit.
                      • Demikian juga dengan ketidaksikuan pegas penekan (lihat buku manual).
                      • Semakin besar unit kopling biasanya limit/ tolerensi semakin besar.
                        Pengukuran panjang & kesikuan pegas penekan

                        b. Pemeriksaan tegangan pegas penekan
                        • Tegangan pegas penekan sangat berpengaruh pada kekuatan kerja kopling dalam meneruskan putaran dan daya mesin.
                        • Semakin berat suatu kendaraan maka akan semakin kuat / besar tegangan pegas penekan yang digunakan. Spesifikasi tegangan pegas dapat dilihat pada buku manual kendaraan.
                        • Perbedaan antar pegas juga tidak boleh terlalu besar, karena akan membuat penekanan kopling tidak merata.
                          Pengukuran tegangan pegas penekan

                          6. Pemeriksaan Release Bearing (Bantalan Pembebas)

                          • Bantalan pembebas diperiksa dengan perasaan dari kekasaran dan diperiksa visual. Release Bearing (bantalan pembebas) biasanya diganti dengan disk (plat kpling) dan clutch cover (penutup kopling).
                          Memeriksa Release Bearing

                          • Pada self adjusting release bearings (bantalan pembebas yang dapat menyesuaikan dengan sendiri), juga memeriksa apakah sistem pemusatan diri tidak macet.
                          Memeriksa Self Adjusting Release Bearings

                          Cara Mengetahui Arti Kode Ban Motor

                          Cara Mengetahui Arti Kode Ban Motor - Ukuran dan jenis ban dapat diketahui dengan membaca kode ban. Kode ban memberikan informasi tentang ciri - ciri umum dan kerataan (flatness) dari ban. 

                          Pada sebuah ban, dapat ditemukan informasi seperti :
                          • 1. Kode Ban
                          • 2. TWI (Treat Wear Indicator)
                          • 3. Type Ban : Tubeless atau tubetype
                          • 4. Lot Number
                          • 5. Speed Symbol & Load Index
                          • 6. Kode Coumpound
                          • 7. Arah Rotasi Ban
                          • 8. Kode Kecepatan
                          • 9. Indeks Beban. 

                          Semua itu merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan ban. Secara garis besar penunjukan ukuran ban bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu metric dan inchi.


                          Berikut Ini Cara Mengetahui Arti Kode Pada Ban Motor :


                          1. Kode Ban

                          a. Kode Ban Menggunakan Ukuran Metric

                          Ciri ban yang menggunakan kode metric adalah memiliki pinggul ban yang lebih lebar. Ini sangat berguna saat menikung pada kecepatan tinggi. 

                          Contoh Kode Ban Ukuran Metric 80 / 90 - 17 :

                          Kode Ban 80/90 - 17
                          Keterangan :
                          • 80 = Lebar ban satuan mm. Lebar ban adalah bagian terlebar dari ban dengan nilai � 80 mm.
                          • 90 = Aspek rasio. Aspek rasio adalah persentase dari lebar ban atau sama dengan � 80 x 90 = � 72 mm
                          • 17 = Diameter pelek dalam inchi. Diameter pelek = pada ukuran tersebut adalah 17 inch
                          • Jadi jika ukuran 80/90-17 artinya : ban tersebut memiliki lebar � 80 mm dengan tinggi � 72 mm dan menggunakan pelek ukuran 17 inch

                          b. Kode Ban Menggunakan Ukuran Imperial (Inchi)

                          Yang berikutnya adalah kode ukuran ban imperial. Contohnya ban IRC NR6. Ban dengan ukuran 2.50-17 ini dipakai sebagai part original equipment manufacturing (OEM) oleh pabrikan motor Honda. Ban dengan kode seperti ini justru paling mudah dibaca.

                          Angka pertama, �2.50� adalah kode section width (ukuran antara sisi ban, diukur dari bagian dalam ban) atau biasa diartikan sebagai lebar tapak ban dalam satuan inci. Artinya 2.50 sama dengan 2,5 inci atau 63,5 mm.

                          Lalu bagaimana dengan tinggi ban atau aspec rationnya? Pada ban jenis ini didasarkan pada nilai 100 % dari section width. Jadi bisa diartikan tinggi ban dan lebar ban sama. Sedang angka terakhir adalah menunjukan diameter dalam ban, atau diameter pelek.

                          Contoh Kode Ban Ukuran Imperial 2.75 - 17 :
                          Kode Ban 2.75 - 17
                          Keterangan :
                          • 2.75 = Lebar ban dalam inchi. Lebar ban = adalah bagian terlebar dari penampang ban dengan nilai � 2.75� dengan tinggi � 2.75�
                          • 17 = Diameter pelek dalam inchi. Diameter pelek = pada ukuran tersebut adalah 17�
                          • Jadi jika ukuran 2.75 - 17 artinya : ban tersebut memiliki lebar 2.75� dengan tinggi 2.75�  dan menggunakan pelek 17�

                          2. TWI (Tread Wear Indicator)

                          TWI adalah symbol untuk menunjukan batas pemakaian ban. tanda ini berupa segitiga yang tertera di sisi ban dan tonjolan pada sela-sela pattern, hal ini untuk menunjukan batas keausan tread yang diijinkan oleh produsen untuk menjamin performa ban, jika keausan tread sudah mencapai tanda ini maka sebaiknya ban segera diganti
                          TWI (Tread Wear Indicator)

                          3. Tipe Ban Tubeless / Tubetype

                          Tube type adalah jenis ban yang pada aplikasinya harus menggunkan ban dalam dan bias mengunakan pelek spoke. Tubeless adalah jenis ban yang pada aplikasinya tanpa menggunakan ban dalam.
                          Tubeless / Tubetype

                          4. Lot Number

                          Lot number adalah kode yang menunjukkan waktu diproduksinya ban dipabrik. Pada kode lot number di atas adalah 2607 artinya dua angka di depan menunjukkan ban diproduksi pada minggu ke-26 atau sekitar bulat Juni minggu keempat, lalu dua angka di belakang menunjukkan ban diproduksi tahun 2007.

                          Lot Number

                          5. Speed Simbol & Load Index

                          Kode ini menunjukkan batas kecepatan maksimum dan beban maksimum untuk menjaga performa ban tetap pada kondisi yang baik. Pada gambar tertera 41P. Maka arti dari kode tersebut adalah beban maksimum yang diijinkan agar performa ban tetap baik adalah 145 kg pada kecepatan 150 km/jam.
                          Speed Simbol & Load Index

                          6. Kode Compound (Kompon) Ban

                          Kompon merupakan material (bahan) dasar pembentuk ban, kompon ban dibuat dari bahan karet alami atau karet buatan (sintetis). Kode compound atau kompon ban umumnya ditulis dengan kode huruf, kode huruf tersebut menunjukan tingkat kekerasan kompon pada ban tersebut dari kompon lunak sampai dengan kompon keras.
                          • Kode �S� = Soft (kompon lunak)
                          • Kode �M� = Medium (kompon sedang)
                          • Kode �H� = Hard (kompon ban keras)
                          • M/C = Medium Compound (kompon ban sedang)

                          7. Arah Rotasi Ban

                          Arah rotasi atau perputaran ban biasan ditunjukan dengan tanda panah, pemasangan ban harus sesuai dengan arah rotasi ban yang ditunjukan dengan tanda arah panah ini. Hal tersebut dikarenakan arah kembangan ban saat motor dijalan akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta mendapatkan traksi yang baik.

                          Jika pemasangan arah rotasi ban terbalik maka dapat menyebabkan ban tidak sempurna saat menempel pada jalan, dan traksinya kurang baik sehingga ban akan terasa lebih licin terutama pada jalan basah atau saat hujan, karena pola atau batikan pada ban tidak dapat memecah air dengan maksimal yang bisa membahayakan pengendara.

                          8. Kode Kecepatan Ban

                          • Q adalah kode untuk kecepatan maksimal = 160 km/jam.
                          • S adalah kode untuk kecepatan maksimal = 180 km/jam.
                          • T adalah kode untuk kecepatan maksimal = 190 km/jam.
                          • U adalah kode untuk kecepatan maksimal = 200 km.jam.
                          • H adalah kode untuk kecepatan maksimal = 210 km/jam.
                          • V adalah kode untuk kecepatan maksimal = 240 km/jam.
                          • W adalah kode untuk kecepatan maksimal = 270 km/jam.
                          • Y adalah kode untuk kecepatan maksimal = 300 km/jam.
                          • Z adalah kode untuk kecepatan di atas = 240 km/jam.

                          9. Indeks Beban :

                          • 62 adalah kode untuk beban maksimal 265 Kg.
                          • 63 adalah kode untuk beban maksimal 272 Kg.
                          • 64 adalah kode untuk beban maksimal 265 Kg.
                          • 66 adalah kode untuk beban maksimal 300 Kg.
                          • 68 adalah kode untuk beban maksimal 315 Kg.
                          • 70 adalah kode untuk beban maksimal 335 Kg.
                          • 73 adalah kode untuk beban maksimal 365 Kg.
                          • 75 adalah kode untuk beban maksimal 387 Kg.
                          • 80 - 89 adalah kode untuk beban maksimal 450 - 580 Kg.
                          • 90 - 100 adalah kode untuk beban maksimal 600 - 800 Kg.

                          Berikut ini contoh lain dari kode ban dan cara membacanya :


                          Minggu, 06 Oktober 2019

                          5 Tips Booking Hotel Saat Liburan Bersama Anak

                          Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak,
                          Akuratnews.com
                          Tips traveling - Selain moda transportasi, penginapan juga menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat liburan bersama anak.

                          Tentu akan banyak yang akan di pertimbangkan ketika memilih penginapan, mulai dari kenyamanan, fasilitas yang ditawarkan, hingga peraturan yang diterapkan, apakah ramah anak atau tidak.

                          Pastinya kamu gak mau kan momen liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi buruk hanya karena anak rewel?

                          Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, simak dulu 5 tips booking hotel berikut ini yang dilansir dari laman situs reservasi.com.


                          1. Perhatikan Peraturan Hotel, Apakah Sesuai Dengan Usia Anak

                          Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak
                          Tripadvisor.com.ve
                          Sebelum melakukan booking, penting untuk membaca kebijakan dan peraturan yang diterapkan oleh hotel tersebut.

                          Biasanya, setiap hotel memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda.

                          Pada beberapa hotel, mungkin akan mengizinkan anak kecil pada usia tertentu untuk menginap secara gratis selama masih menggunakan tempat tidur milik orang tuanya.

                          Namun, ada juga beberapa hotel yang menerapkan peraturan tidak menerima tamu anak-anak (dibawah usia 12 tahun).

                          Misalnya di Bali, ada beberapa hotel di Bali yang menerapkan peraturan tersebut.

                          Oleh sebab itu, penting untuk membaca dan memahami kebijakan serta peraturan yang diterapkan terlebih dahulu sebelum melakukan booking.

                          2. Pilih Tipe Kamar Yang Tepat

                          Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak, kamar hotel, tipe kamar hotel, kamar hotel tipe connecting
                          Klikhotel.com
                          Setelah menemukan hotel yang akan menjadi target pemesanan, selanjutnya kamu perlu memilih tipe kamar yang tepat.

                          Ada dua jenis tipe kamar, yakni tipe connecting dan adjoining, yang masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri sesuai dengan kebutuhan tamunya.

                          Kamar hotel dengan tipe connecting adalah dua kamar yang bersebelahan yang didalamnya terdapat pintu sebagai penghubung,

                          sehingga tamu memiliki akses masuk antar kamar tanpa harus keluar kamar terlebih dahulu.

                          Sedangkan untuk tipe adjoining adalah dua kamar yang bersebelahan namun di dalamnya tidak terdapat pintu penghubung, sehingga tamu harus keluar kamar terlebih dahulu untuk masuk ke kamar yang satunya.

                          Jika kamu berlibur dengan anak kecil, kamar dengan tipe connecting sangat pas untuk di booking. Karena anak kecil masih membutuhkan pengawasan ekstra dari orang tuanya.

                          Namun, jika kamu berlibur dengan anak yang sekiranya sudah bisa mandiri, lebih baik pesan kamar dengan tipe adjoining, sehingga privasi orang tua lebih terjaga.

                          3. Pilih Kamar Yang Memiliki Bathtub

                          Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak
                          Tripsavvy.com
                          Selanjutnya, pilihlah kamar yang memiliki bathtub ketika kamu liburan bersama anak.

                          Dengan kamar mandi yang di dalamnya terdapat bathtub, akan memudahkanmu dalam memandikan si kecil.

                          Selain itu, anak akan merasa lebih senang karena biasanya anak kecil suka bermain dan berendam di air.

                          4. Pilih Kamar Hotel Yang Menyediakan Minibar

                          Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak, minibar, minibar hotel room, minibar hotel, minibar kamar hotel
                          Tripsavvy.com
                          Bagi yang traveling dengan membawa bayi, keberadaan minibar ini cukup membantu.

                          Karena minibar ini bisa digunakan untuk menyimpan persediaan ASI, makanan bayi, serta keperluan bayi lainnya.

                          Setelah melakukan booking, mintalah petugas untuk mengosongkan dan mensterilkan minibar demi menjaga kesehatan buah hati.

                          5. Tersedia Kolam Renang Anak

                          Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak, kolam renang, kolam renang anak, kolam renang hotel
                          Gudeg.net
                          Fasilitas juga menjadi faktor penting ketika memilih sebuah hotel.

                          Salah satu fasilitas hotel yang menjadi pertimbangan adalah kolam renang.

                          Kenapa? Karena kebanyakan anak kecil selalu suka bermain di kolam.

                          Oleh karena itu, kolam renang anak adalah wahana bermain yang sangat menyenangkan bagi anak kecil.

                          Namun, sayangnya tidak semua hotel memiliki fasilitas tersebut, kalaupun ada itu pun khusus untuk dewasa.

                          Jadi, pastikan dulu ketersediaan kolam renang anak sebelum melakukan booking.


                          Itulah ke-5 tips booking hotel yang bisa kamu terapkan ketika hendak liburan bersama anak. Selamat berlibur.

                          Semoga liburannya menyenangkan.

                          Jumat, 04 Oktober 2019

                          Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android

                          Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android - Tombol volume hp android yang tidak lagi berfungsi, sekarang bisa kita atasi dengan cara alternatif yaitu dengan menggunakan aplikasi android. Hal ini tentu akan berguna sekali buat kamu yang enggan memperbaiki hp ke tukang servis hp jika mengalami kerusakan pada tombol volume hp. Lalu bagaimana cara kerjanya dan bagaimana mengaturnya? silahkan baca artikel ini sampai bawah ya..

                          Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android

                          Untuk aplikasi yang digunakan untuk mengontrol volume hp android, yaitu aplikasinya bernama Volume slider. Dimana aplikasi ini berfungsi untuk mengatur volume suara dengan memanfaatkan langsung pada layar hp. Jika umumnya untuk mengatur layar menggunakan tombol volume pada bilah samping yang terdapat di ponsel, kini kita bisa langsung mengaturnya langsung pada layar hp kita tanpa harus menekan tombol volume hp tersebut.

                          Baca Juga :

                          Disamping aplikasi ini kita dapat gunakan untuk mengatur volume suara atau musik, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengatur kecerahan/brightness layar. Hanya dengan sentuhan pelan atau tipis-tipis saja pada layar ke atas atau kebawah, kalian akan lebih mudah mengatur kecerahan layar, yang bisa kalian sesuaikan dengan kenyamanan anda.

                          Dan pada umumnya untuk penggunaan aplikasi volume hp android ini (volume slider), banyak orang gunakan ketika sedang menonton secara streaming video seperti saat nonton video di aplikasi youtube, instagram, facebook dan lain sebagainya. Dengan itu kita bisa dengan praktis mengatur volume maupun kecerahan layar sesuai keinginan langsung pada layar smartphone. Lalu bagaimana caranya?. Silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

                          Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Menekan Tombol Volume di Hp Android :

                          • Silahkan kalian download dan install aplikasi Volume Slide pada google playstore.
                          • Jika sudah silahkan beri izin aplikasi untuk mengakses smartphone kalian.

                            Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android

                            • Jika sudah kalian bisa melihat menu aplikasi ini. Silahkan kalian atur volume slide yang kalian butuhkan, seperti untuk mengatur volume suara media, notifikasi, Brightness, ataupun yang lainnya.
                            • Jika sudah silahkan kalian tes sendiri saat kalian nonton video dengan streaming dan aturlah volume suara nya dengan langsung pada layar hp kalian.
                            Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android


                            Demikian lah tutorial yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini tentang cara mengontrol volume hp android tanpa tekan tombol volume hp atau langsung mengaturnya pada layar hp dengan praktis dengan menggesernya saja. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kalian dan menjadi solusi alternatif sementara jika memang tombol hp kalian rusak dan belum sempat memperbaikinya. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

                            Kamis, 03 Oktober 2019

                            Sifat - Sifat Minyak Solar

                            Sifat - Sifat Minyak Solar - Minyak solar ialah fraksi minyak bumi berwarna kuning coklat yang jernih yang mendidih sekitar 175-370� C dan yang digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel. Umumnya, solar mengandung belerang dengan kadar yang cukup tinggi. 

                            Penggunaan solar pada umumnya adalah untuk bahan bakar pada semua jenis mesin diesel dengan putaran tinggi (diatas 1000 rpm), yang juga dapat digunakan sebagai bahan bakar pada pembakaran langsung dalam dapur-dapur kecil yang terutama diinginkan pembakaran yang bersih. Minyak solar ini biasa disebut juga Gas Oil, Automotive Diesel Oil, High Speed Diesel.


                            Sifat - Sifat Minyak Solar


                            Diantara sifat-sifat bahan bakar solar yang terpenting ialah kualitas penyalaan, volatilitas, viskositas, titik tuang dan titik kabut.

                            1. Kualitas Penyalaan
                            Kualitas penyalaan bahan bakar solar yang berhubungan dengan kelambatan penyalaan, tergantung kepada komposisi bahan bakar. Kualitas bahan bakar solar dinyatakan dalam angka cetan, dan dapat diperoleh dengan jalan membandingkan kelambatan menyala bahan bakar solar dengan kelambatan menyala bahan bakar pembanding (reference fuels) dalam mesin uji baku CFR (ASTM D 613-86). 

                            Sebagai 8 bahan bakar pembanding digunakan senyawa hidrokarbon cetan atau nheksadekan (C16H34), yang mempunyai kelambatan penyalaan yang pendek dan heptametilnonan (isomer cetan) yang mempunyai kelambatan penyalaan relatif panjang.

                            2. Volatilitas
                            Volatilitas bahan bakar diesel yang merupakan faktor yang penting untuk memperoleh pembakaran yang memuaskan dapat ditentukan dengan uji distilasi ASTM (ASTM D 86-90). Makin tinggi titik didih atau makin berat bahan bakar diesel, makin tinggi nilai kalor untuk setiap galonnya dan makin diinginkan dari segi ekonomi. 

                            Tetapi hidrokarbon berat merupakan sumber asap dan endapan karbon serta dapat mempengaruhi operasi mesin. Sehingga bahan bakar diesel harus mempunyai komposisi yang berimbang antara fraksi ringan dan fraksi berat agar diperoleh volatilitas yang baik.

                            3. Viskositas
                            Viskositas bahan bakar solar perlu dibatasi. Viskositas yang terlalu rendah dapat mengakibatkan kebocoran pada pompa injeksi bahan bakar, sedangkan viskositas yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi kerja cepat alat injeksi bahan bakar dan mempersulit pengabutan bahan bakar minyak akan menumbuk dinding dan memebentuk karbon atau mengalir menuju ke karter dan mengencerkan minyak karter.

                            4. Titik tuang dan titik kabut
                            Bahan bakar solar harus dapat mengalir dengan bebas pada suhu atmosfer terendah dimana bahan bakar ini digunakan. Suhu terendah dimana bahan bakar solar masih dapat mengalir disebut titik tuang.  Pada suhu sekitar 10� F diatas titik tuang, bahan bakar solar dapat berkabut dan hal ini disebabkan oleh pemisahan kristal malam yang kecil-kecil. 

                            Suhu ini dikenal dengan nama titik kabut. Karena kristal malam dapat menyumbat saringan yang digunakan dalam system bahan bakar mesin diesel, maka seringkali titik kabut lebih berarti dari pada titik tuang.

                            5. Sifat-sifat lain
                            Sifat-sifat bahan bakar solar lainnya yang perlu juga diperhatikan ialah kebersihan, kecenderungan bahan bakar untuk memberikan endapan karbon dan kadar belerang. Bahan bakar solar harus bebas dari kotoran seperti air dan pasir. 

                            Adanya pasir yang sangat halus yang terikut bahan bakar solar dapat mengakibatkan keausan bagian injektor bahan bakar. Kadar abu dalam bahan bakar merupakan ukuran sifat abrasi bahan bakar. Kecenderungan bahan bakar solar untuk memberikan endapan karbon dan asap dalam gas buang dapat ditunjukkan dengan uji sisa karbon. 

                            Belerang dalam bahan bakar solar dapat mengakibatkan korosi pada sistem injeksi bahan bakar dan setelah pembakaran dapat mengakibatkan korosi pada cincin torak, silinder, bantalan dan system pembuangan gas buang. 


                            Sifat - Sifat Lain Minyak Solar

                            • Tidak memiliki warna atau minyak solar dapat berwarna kuning mudan dan memiliki bau.
                            • Minyak Solar tidak mudah menguap, pada temperatur normal (suhu ruangan) minyak solar tidak mudah untuk menguap.
                            • Minyak Solar memiliki titik nyala api atau temperatur yang akan mulai terbakar pada suhu 40 C - 100 C. Jika dibandingkan dengan bahan bakar bensin, minyak solar memiliki titik nyala yang lebih tinggi karena bensin hanya memiliki titik nyala sekitar 10 C � 15 C.
                            • Minyak Solar  memiliki temperatur nyala atau flash point (menyala sendiri pada suhu 350 C tanpa adanya percikkan bunga api. Dibandingkan dengan bahan bakar bensin, minyak solar memiliki flash point yang lebih rendah karena bensin memiliki flash point sekitar 380 C.
                            • Minyak Solar   Memiliki berat jenis sekitar 0,82 sampai 0,86.
                            • Tenaga panas atau nilai kalori yang dapat dihasilkan adalah 10.500 kcal/kg.
                            • Memiliki kadar sulfur yang lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar bensin.

                            6. Cetane Number (Angka Cetane)
                            Pada mesin diesel kecepatan tinggi bahan bakar yang cocok digunakan adalah minyak solar. Faktor penting untuk menentukan banyaknya perbandingan kompresi maka pada bahan bakar bensin dikenal dengan istilah RON (Research Octane Number) seddangkan pada bahan bakar diesel (minyak solar) dikenal dengan istilah angka cetane (Cetane Number). 

                            Sifat-sifat detonasi (knocking) pada motor diesel ditunjukkan oleh angka cetane. Semakin tinggi angka cetane pada bahan bakar solar maka solar tersebut akan lebih mudah menyala.

                            Untuk menentukan angka cetane digunakan bahan bakar yang memiliki nilai standar yaitu memiliki campuran dari normal cetane (C16H34) dan memiliki jangka waktu pada periode pembakaran tertunda yang sangat pendek, dengan a-methyl naptalene (C16H7CH3) dalam satuan volume. 

                            Bahan bakar solar yang diukur akan dibandingkan dengan bahan bakar solar dengan nilai standar lalu perbandingan angka cetane yang dikandung dibanding dengan bahan bakar standar merupakan angka cetane dari bahan bakar solar yang diukur.

                            Klasifikasi Minyak Solar

                            ASTM (American Standard Testing and Material) membagi bahan bakar solar menjadi tiga grade, yaitu :
                            • Grade No.1-D : suatu bahan bakar distilat ringan yang mencakup sebagian fraksi kerosin dan sebagian fraksi minyak gas, digunakan untuk mesin diesel otomotif dengan kecepatan tinggi.
                            • Grade No.2-D : suatu bahan bakar distilat tengahan bagi mesin diesel otomotif, yang dapat juga digunakan untuk mesin diesel bukan otomotif, khususnya dengan kecepatan dan beban yang sering berubah-ubah.
                            • Grade No.4-D : suatu bahan bakar distilat berat atau campuran antara siatilat dengan minyak residu, untuk mesin diesel bukan otomotif dengan kecepatan rendah dengan kondisi kecepatan dan beban tetap.

                            Spesifikasi Mutu Minyak Solar

                            Bahan bakar minyak yang dipasarkan harus memenuhi persyaratan teknis tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunaannya yang disebut dengan spesifikasi. Dalam hal ini spesifikasi teknis bahan bakar sama di setiap Negara tergantung dari jenis dan tipe kendaraan. 

                            Spesifikasi nasional di setiap Negara dapat sedikit berbeda, karena perbedaan kondisi negara tersebut, seperti jenis dan populasi kendaraan, ketersediaan minyak bumi sebagai bahan baku, kemampuan kilang, sistem distribusi, faktor ekonomis dan peraturan keselamatan kerja dan lindungan lingkungan.

                            Bahan bakar kendaraan bermotor yang dalam hal ini bahan bakar minyak solar untuk kendaraan bermesin penyalaan kompresi (compression ignition engine) yang beredar di pasaran di Indonesia diatur dan dibatasi dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah (Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi). 


                            Minyak Solar Yang Beredar Dipasaran

                            1. Solar 48
                            Bahan bakar solar 48 adalah bahan bakar yang mempunyai angka setana CN (Cetane Number) minimal 48. Mutu solar 48 ini dipasaran di Indonesia dibatasi dengan spesifikasi bahan bakar minyak solar jenis 48 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomor 3675K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006.

                            2. Solar 51
                            Bahan bakar minyak solar 51 adalah bahan bakar minyak solar yang mempunyai angka setana minimal 51 dengan kadar sulfur lebih sedikit dibanding solar 48. Kandungan sulfur solar 51 ini maksimal 0,05 % m/m atau 500 ppm sedang solar 48 maksimal 0,35 %m/m atau 3500 ppm. 

                            Mutu minyak solar 51 di pasaran di Indonesia dibatasi dengan spesifikasi bahan bakar minyak solar jenis 51 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi 22 No.3675K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006.