Senin, 25 Mei 2020

Mengenal Jenis - Jenis Busi, Ketahui Perbedaannya

Mengenal Jenis - Jenis Busi, Ketahui Perbedaannya - Busi merupakan komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk memercikan bunga api.

Berikut Jenis - Jenis Busi Kendaraan


Jenis Busi Berdasarkan Performa

Jika Ditinjau Dari Performa Yang Dihasilkan, Busi Terdapat Beberapa Jenis, Yaitu :

1. Busi Standar
Busi standar merupakan jenis busi yang paling umum ditemui. Busi ini memiliki elektroda berbahan tembaga yang memiliki diameter kurang lebih 2,5 mm. Busi standar menjadi busi bawaan pabrik pada beberapa motor.

Dikarenakan busi ini cocok untuk penggunaan standar. Umur pemakaian busi jenis ini bervariasi tergantung mesin dan pemakaian. Umumnya, penggantian busi jenis ini kisaran 20.000 KM.
Busi Standar

2. Busi Resistor
Busi resistor pada dasarnya sama dengan busi standar karena banyak juga pabrikan yang menggunakannya sebagai busi bawaan. Tetapi perbedaan busi ini memiliki resistor atau tahanan yang ditandai dengan kode "R" pada busi NGK atau kode "U" pada busi Denso.

Kode ini menunjukan bahwa busi ini sudah dilengkapi Resistor. Fungsi resistor pada busi jenis ini untuk mencegah aliran listrik secara berlebihan saat pengapian. Busi tipe resistor digunakan pada mesin EFI yang sudah dilengkapi ECU.
Busi Resistor

3. Busi Platinum
Busi platinum jika dilihat secara fisik menyerupai busi standar. Tetapi terdapat perbedaan pada elektroda yang digunakan. Busi platinum menggunakan elektroda berbahan platinum, tujuannya untuk memperpanjang umur pemakaian busi. Bahan nikel yang terdapat pada ujung elektroda dapat mengurangi radiasi panas dari mesin. 

Umur busi ini dapat mencapai pemakaian 30.000 KM. Harga busi platinum lebih mahal dari jenis busi lainya. Meskipun harganua cukup mahal, busi jenis ini sangat diminati untuk keperluan touring dikarenakan memiliki daya tahan cukup baik dalam pemakaian jangka waktu lama.
Busi Platinum

4. Busi Iridium

Busi iridium ini juga memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan jenis busi lain. Tetapi, perbedaannya terletak pada elektroda busi. Elektroda pada busi iridium berbahan logam campuran yang mengandung iridium dan dilapisi nikel pada ujung elektroda.

Selain dapat bertahan dalam pemakaian lama, busi ini juga dapat menghasilkan performa mesin maksimal. Busi jenis ini, banyak digunakan pada motor diatas 150 cc dan mobil berkapasitas lebih dari 2.5 L.
Busi Iridum

5. Busi Racing
Busi racing dirancang khusus untuk menghasilkan performa yang maksimal tanpa menimbulkan panas yang berlebih. Elektroda pada busi racing dibuat dari perpaduan beberapa logam dengan ujung meruncing. Sehingga menghasilkan daya hantar listrik yang kuat dengan ketahanan yang kuat pula.

Meski memiliki performa yang maksimal, busi ini memiliki umur yang lebih pendek. Sesuai namanya busi racing memang diperuntukan untuk keperluan balapan. Busi jenis ini kurang tepat jika digunakan untuk sehari - hari.

Jenis Busi Berdasarkan Heat Resistance

Jika Ditinjau Dari Reaksi Terhadap Daya Hantar Panas, Busi Terdapat 2 Jenis, Yaitu :

1. Busi Dingin
Busi dingin memiliki jumlah isolator keramik yang lebih sedikit, sehingga panas didalam busi dapat tersalurkan ke blok mesin. Inilah sebabnya disebut dengan nama busi dingin. Karena mudah melepaskan panas.

Busi dingin juga disebut busi racing, karena kemampuanya bertahan dalam kinerja ekstrem. Disaat mesin bekerja cukup ekstrem, busi ini akan mentransfer panas mesin keluar melalui elektroda. Sehingga over heating dapat dihindari.
Busi Dingin

2. Busi Panas
Busi panas memiliki daya hantar panas yang lebih kecil dibandingkan busi dingin. Sehingga suhu busi relatif lebih panas ketika bekerja. Tujuanya, agar proses pembakaran mesin terjaga. Busi panas akan menjaga suhu kerja mesin tetap ideal, sehingga pembakaran pada mesin bisa lebih maksimal.

Didalam busi ini, memiliki isolator berupa keramik yang lebih banyak. Sehingga panas dari elektroda tidak langsung diteruskan ke blok mesin. Busi ini cocok untuk penggunaan sehari - hari baik pada mesin motor maupun mesin mobil.
Busi Panas

Busi Berdasakan Bentuk Celahnya 

Celah busi menjadi faktor apakah percikan mampu keluar ataukah tidak. Celah busi yang terlalu renggang membutuhkan muatan lebih besar untuk dapat terjadi percikan bunga api. Jika arus tersebut standar maka percikan bunga api yang dihasilkan juga lebih kecil. Sehingga dapat menyebabkan miss fire.

Celah busi yang terlalu dekat, akan menyebabkan percikan lebih besar dan tidak terarah. Dalam hal ini, panas pada busi akan cepat terbentuk sehingga dapat mempengaruhi pembakaran mesin.

Jika Ditinjau Dari Bentuk Celahnya Terdapat 2 Jenis Celah Busi, Yaitu :

1. Single Elektrode
Jenis single elektroda memiliki satu buah ground point dan celah vertikal diujung elektroda. Tipe ini akan menghasilkan percikan dengan bentuk memanjang. Cocok digunakan untuk mesin dengan kapasitas sedang.
Single Elektrode

2. Multi Elektrode
Jenis multi elektrode memiliki ground point dua atau lebih yang terletak disamping elektroda. Percikan yang dihasilkan pada busi jenis ini terletak disamping elektroda dengan jumlah sesuai jumlah ground point. Busi ini memiliki diameter lebih besar dan umumnya digunakan pada mesin berkapasitas lebih dari 500 cc tiap silinder.
Multi Elektrode

Untuk ukuran celah, ada banyak variasi celah busi. Hal ini tergantung spesifikasi tiap mesin. Umumnya, celah busi berkisar 0,8 hingga 1,0 mm.

Minggu, 24 Mei 2020

Tips Mempelajari Photoshop Untuk konten Foto Ataupun Youtube Selama Pandemi Covid


Penguasaan Adobe Photoshop dapat membantu merampingkan alur kerja Anda di semua jenis bidang, dari desain web dan penerbitan online hingga seni digital dan fotografi. Perangkat lunak mendominasi ruang pengeditan gambar (meskipun alternatif tersedia), dan apa pun level Anda — dari pemula hingga pakar — selalu ada lebih banyak yang dapat dipelajari tentang penggunaan program pada Windows atau macOS.

Di tengah pandemi global, banyak dari kita terjebak di dalam dengan lebih banyak waktu di tangan kita. Salah satu cara untuk menggunakan waktu itu secara produktif adalah dengan meningkatkan keterampilan Photoshop Anda. Mungkin membantu Anda dalam pekerjaan Anda saat ini, membuka pintu untuk mendapatkan yang baru, atau memberi Anda fondasi yang Anda butuhkan untuk memulai keramaian sisi baru.


Adobe merancang dan mengkodekan Photoshop sejak awal, jadi Anda akan mengharapkan bahwa perusahaan mengetahui satu atau dua hal tentang bagaimana sebenarnya perangkat lunak bekerja. Jika Anda menuju ke halaman tutorial Photoshop di situs web Adobe, Anda akan menemukan sejumlah latihan dan pelajaran yang berbeda untuk dikerjakan, dari dasar hingga tarif yang lebih maju. Tutorial ini semuanya berbasis video, dan semuanya bebas untuk ditonton. Panjangnya berkisar dari beberapa menit hingga sesi berdurasi setengah jam. Mereka sempurna jika Anda tidak bisa duduk berjam-jam dan hanya ingin pelajaran yang bisa Anda lalui dengan cepat. Bahkan tutorial untuk pengguna yang lebih berpengalaman pun tidak semuanya terlibat dalam hal apa yang Anda pelajari.

Video itu sendiri terorganisasi dengan baik dan diriwayatkan dengan baik, dan memiliki kemilau profesional yang Anda harapkan dari Adobe. Ada file sampel yang disertakan untuk membantu Anda berlatih juga, yang kami sukai. Anda tidak bisa beralih dari pemula menjadi ahli dengan tutorial (meskipun ada lebih dari 120 dari mereka dan terus bertambah), tetapi Anda bisa melangkah jauh.


Adakah yang tidak bisa diajarkan oleh YouTube kepada kami? Selain meng-hosting video yang tak terhitung jumlahnya tentang cara membuka blokir pipa, memainkan gitar, berurusan dengan hewan peliharaan yang bermasalah, dan menggantung lukisan, YouTube juga menawarkan sejumlah besar video tutorial Photoshop, yang dapat Anda rampas secara gratis (atau membayar untuk Premium YouTube dan mendapatkannya) tanpa iklan). YouTube adalah YouTube, ada banyak kebisingan di sana. Seperti halnya banyak kategori video lainnya di platform, Anda harus menyaring banyak materi begitu-begitu untuk sampai ke hal-hal yang baik. Namun, begitu Anda menemukan satu atau dua seri YouTube yang Anda sukai, Anda akan mudah belajar.

Tutorial Photoshop sangat menarik untuk dilihat, dan menawarkan banyak konten yang mudah dijelaskan. Photoshop Training Channel adalah salah satu favorit kami — sekali lagi, sejumlah topik dibahas dengan cara yang ramah dan mudah didekati. Tentu saja, Anda tidak harus tetap menggunakan saluran atau seri yang sama, dan Anda masih akan menemukan banyak opsi jika Anda mencari tutorial tentang alat atau teknik tertentu.


Anda dapat belajar dari semua jenis tutorial tentang Udemy — topik termasuk pengkodean, desain, fotografi, dan banyak lagi — dan ia memiliki bagian Photoshop yang kuat juga, yang mencakup sejumlah besar materi gratis. Tutorial berbasis video, jadi Anda menonton pelajaran dan kemudian mencoba untuk mengikuti, dan mereka mencakup semua jenis keterampilan dan trik Photoshop dengan pelajaran dari semua panjang yang berbeda. Anda memiliki banyak pakar Photoshop untuk dipilih sebagai tutor, meskipun Anda tidak harus memilih satu saja. Itu juga berarti kualitas pengajaran dan tutorialnya juga bervariasi, jadi pastikan untuk memeriksa peringkat dan ulasan dari orang-orang yang sebelumnya mencoba kursus untuk melihat mana yang layak untuk Anda.

Anda dapat belajar banyak secara gratis, tetapi ada juga kursus berbayar yang menghasilkan ratusan dolar — yang memberi Anda beberapa tambahan, seperti kemampuan untuk mengirim pesan langsung kepada instruktur. Sebagian besar kursus menawarkan beberapa konten gratis atau setidaknya satu atau dua pratinjau, sehingga Anda tahu jika tutorialnya disajikan dengan cara yang menurut Anda bermanfaat.


Photoshop Essentials sering terdaftar sebagai salah satu sumber daya Photoshop terbaik di web, dan dikemas dengan materi. Ini tidak seprofesional atau dipoles seperti beberapa sumber daya lain yang kami masukkan dalam daftar ini, tetapi Anda dapat mempelajari semua jenis keterampilan untuk perangkat lunak pengedit gambar Adobe, dan semuanya gratis untuk diakses. Tutorial ditulis sebagai artikel langkah-demi-langkah (Anda bahkan dapat mengunduh PDF jika perlu), meskipun beberapa di antaranya disertai dengan video yang menyertainya. Ini berarti mereka bagus untuk bekerja dengan kecepatan Anda sendiri — Anda tidak harus terus-menerus menjeda dan memundurkan video saat Anda mencari cara untuk mengejar ketinggalan.

Berbagai level keterampilan berbeda disediakan di situs, meskipun tidak banyak kiat dan teknik yang benar-benar canggih. Kursus Dasar menawarkan dasar yang kuat untuk pemula, meskipun setelah itu Anda mungkin harus mencari sedikit tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pasti layak bookmark jika Anda ingin mengasah bakat Photoshop Anda.


Ada beberapa tutorial gratis tentang Phlearn, meskipun platform ini menekankan langganan Pro-levelnya yang akan membuat Anda mengembalikan $ 13 per bulan (atau $ 100 per tahun). Tetapi jika Anda serius untuk meningkatkan Photoshop dan keterampilan fotografi umum, maka itu sepadan dengan harga tiket masuk. Konten di sini disajikan dengan baik dan mudah diikuti, dan mencakup semua file sampel yang Anda butuhkan juga. Pelajaran dipimpin oleh sekelompok kecil pakar, dan semua video memiliki nilai produksi tinggi. Di samping klip video, Anda mendapatkan instruksi langkah demi langkah sebagai teks, yang membuat bergerak dengan langkah Anda sendiri sedikit lebih mudah. Semuanya dibuat ramah dan menyenangkan.

Anda harus dapat memutuskan apakah langganan Pro sepadan dengan waktu Anda dari tutorial gratis yang ditawarkan situs, tetapi kami tidak berpikir Anda akan meminta pengembalian dana jika Anda mampu berlangganan. Hampir setiap aspek Photoshop dibahas, serta Adobe Lightroom dan keterampilan fotografi pada umumnya.


Envato Tuts + tidak memiliki jenis struktur dan alur kursus yang sama dengan beberapa opsi lain yang telah kami sebutkan di sini, tetapi masih dikemas dengan banyak panduan bermanfaat, dan sebagian besar gratis untuk diakses. Ini adalah pilihan yang baik untuk beralih ke jika Anda ingin tahu bagaimana melakukan sesuatu yang spesifik di Photoshop, meskipun ada kursus yang lebih lama, jika Anda membutuhkannya. Tutorial tentang Envato Tuts + disatukan oleh para pakar yang berbeda, sehingga kualitas dan gaya mengajarnya bervariasi, tetapi bilah secara keseluruhan cukup tinggi. Panduan ini disertai dengan petunjuk langkah demi langkah dan video yang menyertainya, sehingga Anda dapat menggabungkannya dengan cara apa pun yang paling sesuai dengan gaya belajar Anda. Jika diperlukan, file sampel juga tersedia untuk diunduh, dan beberapa materi ditawarkan dalam format ebook.

Situs ini mencakup semua jenis perangkat lunak foto dan desain, tidak hanya Photoshop, jadi ada banyak ruang untuk diperluas jika Anda perlu — Anda mungkin akan mempelajari beberapa teknik pemrosesan gambar yang bahkan tidak Anda sadari dimungkinkan. Untuk mendapatkan akses ke semua yang ada di situs, Anda harus membayar untuk berlangganan, yang dimulai dari $ 16,50 per bulan.

Sebagai salah satu sumber belajar Photoshop tersibuk dan terlengkap, PhotoshopCafe memungkinkan Anda mengunjungi penyegaran ukuran gigitan cepat atau meluangkan waktu dengan tutorial yang lebih terperinci dan mendalam. Ada juga kisaran harga di sini, mulai dari materi gratis hingga kursus yang biasanya berkisar $ 50- $ 100. Tutorialnya berupa video walkthrough bersama teks, dan sebagian besar mudah diikuti dan dipelajari. Kualitasnya bisa sedikit hit dan miss di beberapa tempat-PhotoshopCafe tidak cukup licin dan hati-hati dikuratori sama seperti beberapa situs lain dalam daftar ini-tetapi tidak ada sampah nyata. Luangkan waktu di Photoshop Cafe dan Anda tidak dapat membantu tetapi meningkatkan keterampilan Anda.

Konten berbayar hadir dengan pratinjau terperinci tentang apa yang akan Anda pelajari, serta ulasan dari pengguna yang sebelumnya bekerja melalui panduan ini, sehingga Anda tahu apa yang Anda peroleh untuk uang Anda sebelum Anda berpisah dengannya. PhotoshopCafe berfungsi paling baik sebagai tempat untuk mengisi kesenjangan pengetahuan Photoshop Anda, daripada sebagai panduan yang mencakup segalanya untuk semuanya.

Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Jogja Bay Waterpark

Instagram.com/jogja_bay


Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Jogja Bay Waterpark


Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan kota yang terkenal akan wisata alam, sejarah, budaya, serta pantainya.

Tak heran jika banyak wisatawan luar daerah bahkan manca Negara yang menyempatkan waktunya untuk berwisata menikmati keindahan kota Jogja.

Jika biasanya Anda berada di kota Yogyakarta hanya berkunjung di Candi Borobudur yang merupakan wisata sejarah serta icon dari kota Yogyakarta,

maka baru-baru ini kota Yogyakarta memperkenalkan wisata air termegah dan terlengkap di Indonesia yang tak kalah menarik seperti di kota besar lainnya yakni Jogja Bay Waterpark.



Instagram.com/jogjabay

Kota yang juga sering disebut sebagai kota pelajar ini memang terkenal akan wisata pantai dan budayanya.

Namun ada juga wisata lain yang tak kalah menarik seperti wisata air Jogja Bay Waterpark yang sangat sayang jika anda lewatkan saat berkunjung ke kota Yogyakarta.





Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay merupakan waterpark tercanggih dan termegah yang ada di kota Yogyakarta.

Banyak sekali wahana dan fasilitas wisata yang di tawarkan oleh obyek wisata ini untuk para pengunjung yang ingin menikmati dan bermain air di area Jogja Bay.

Jogja Bay Waterpark atau biasa disebut dengan nama JBW adalah Waterpark dengan luas kurang lebih 11 hektar yang terdiri dari area bermain dan pertunjukan seluas 7 hektar dan area parkir Bus, mobil, motor, serta area penghijauan seluas kurang lebih 2,7 hektar.

Yang telah diresmikan oleh Gubernur DIY yakni Sri Sultan Hamengkubuwono pada tanggal 20 Desember 2015.

Walaupun belum begitu lama beroperasi namun wisata Jogja Bay sudah banyak menarik minat para wisatawan baik itu dari daerah lokal, luar kota maupun manca negara karena tempat wisata Jogja Bay Waterpark ini di klaim sebagai tempat permainan air terbesar, tercanggih, serta terlengkap di Indonesia.

Instagram.com/jogjabay

Wahana Dan Fasilitas

Dengan berbagai macam wahana air dan juga berbagai fasilitas pendukung yang membuat para pengunjung semakin nyaman berada di dalamnya.

Berbagai macam wahana Jogja Bay Waterpark yang dapat di nikmati oleh pengunjung di antaranya adalah:
  • Berti Adventure
  • Memo Racer
  • Timo Timo Rider
  • Volcano Coaster
  • Jolie Raft River
  • Brando Boomeranggo
  • Ziggy Giant Barrel
  • Mimi Family
  • Hip Playground
  • South Beach
  • Donte Wild River
  • Kula Playpool
  • Grand Hall
  • Harbour Theater

Selain terdapat berbagai wahana permainan yang menarik, wisata Jogja Bay Waterpark juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, diantaranya adalah:
  • Restoran dan tempat belanja
  • SPA
  • VVIP Cabana
  • Panggung, Gazebo
  • Mini Pool Bar
  • Penyewaan Loker
  • Layanan foto
  • Pirates Ship
  • Light House
  • Musholla
  • Kamar mandi
  • Odong-odong
  • Area parkir yang luas

Instagram.com/jogjabay

Dengan adanya berbaga macam wahana permainan yang sangat seru dan juga beragamnya fasilitas pendukung yang ditawarkan tentu pengunjung akan merasa betah dan nyaman ketika berada disana.

Daya Tarik Wisata Jogja Bay Waterpark

Daya tarik dari wisata Jogja Bay Waterpark selain wahana permainan adalah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan Waterpark lain yang ada di Indonesia, keunikan itu adalah terdapat story telling antara tradisi Jogja dengan para bajak laut Eropa yang di tuangkan melalui On-Site Live Show, Water Riders, dan Merchaindes Karakter.

Jogja Bay Waterpark akan menjadi sebuah perkampungan tua bajak laut yang bernuansa Tropical Lust yang penuh dengan tanaman hijau dan juga Thematic old Pirates.

Instagram.com/jogjabay

Lokasi Wisata Jogja Bay Waterpark

Wisata Jogja Bay Waterpark beralamat lengkap di Jl. Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Jogja Bay Waterpark

Nah, jika anda tertarik dan berminat untuk mencoba permainan air yang ada di Jogja Bay alangkah baiknya sebelum pergi kesana Anda perlu tahu berapa Harga Tiket Masuk Jogja Bay ini.

Supaya nantinya Anda bisa mempersiapkan biaya yang pas untuk pergi ke Jogja Bay tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat daftar di bawah ini:

Senin - Jumat (Weekdays)
  • Dewasa.   : Rp 90.000
  • Anak-anak : Rp 60.000

Sabtu - Minggu (Weekend)
  • Dewasa .   : Rp 100.000
  • Anak-anak : Rp 75.000

Harga tiket masuk wisata Jogja Bay Waterpark ini sewaktu-waktu dapat berubah sesuai ketentuan pengelola wisata Jogja Bay

Jam Operasional Wisata Jogja Bay Waterpark

Senin s/d Jumat (Weekdays)
  • Pembelian Tiket : 09.00 - 16.00 WIB
  • Wahana Beroperasi : 09.00 - 18.00 WIB
  • Harbour Theater : 09.00 - 22.00 WIB

Sabtu s/d Minggu (Weekend)
  • Pembelian Tiket : 08.00 - 16.00 WIB
  • Wahana Beroperasi: 08.00 - 18.00 WIB
  • Harbour Theater : 09.00 - 22.00 WIB

Instagram.com/jogjabay

Demikianlah sedikit gambaran dan informasi mengenai Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Jogja Bay Waterpark yang dapat kami berikan untuk anda.

Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk anda yang sedang berkunjung ke kota Yogyakarta dan ingin berwisata di kota tersebut. Terima Kasih

Fungsi Kunci L Dan Jenis - Jenisnya

Fungsi Kunci L Dan Jenis - Jenisnya - Kunci allen (allen keys) atau biasa disebut dengan kunci L, disebut kunci L memang karena bentuk kunci ini menyerupai huruf L.

Kunci ini merupakan salah satu hand tool (alat tangan) yang berfungsi untuk melepas atau memasang baut yang tidak dapat dilepas dengan kunci pas atau kunci ring.

Pada kendaraan baut yang membutuhkan kunci L digunakan sebagai alternatif untuk mengikat bodi atau aksesoris pada kendaraan mobil atau motor.

Jenis - Jenis Kunci L Dan Fungsinya


1. Kunci L Hexagonal (Foldable Hex Key)
Disebut dengan kunci L  hexagonal  karena bentuknya seperti huruf L dengan ujung segi enam. Kunci L hexagonal digunakan untuk melepas baut dengan kepala berlubang segi enam.
Kunci L Hexagonal

2. Kunci L Diamond (Foldable Ballpoint Hex Key)
Kunci L jenis ini memiliki ujung kunci yang lebih pendek seperti pangkal ballpoint. Keunggulan dari penerapan bentuk ini untuk menciptakan fleksibilitas dalam penggunaan produk Kunci L, sehingga posisi Kunci L tidak harus dalam kondisi lurus saat produk tersebut digunakan.
Kunci L Diamond

3. Kunci L Bintang (Foldable Torx)
Ujung kunci L Bintang menyerupai bintang segienam. Tujuan dari diciptakannya bentuk ini tentunya untuk pemassangan baut L dengan jenis  Star socket screw (Baut L bintang)
Kunci L Bintang

4. Kunci L Bintang Berlubang (Foldable Torx With Hole In Tip)
Bentuknya memang sama dengan Kunci L Bintang, bedanya hanya pada bagian tengah Kunci L Bintang Berlubang dilengkapi lubang. Karena ada juga beberapa baut yang pada bagian kepalanya selain berbentuk bintang juga dilengkapi dengan tonjolan kecil di bagian tengahnya.
Kunci L Bintang Berlubang

5. Kunci L Stel Klep / Katup Motor
Kunci ini memiliki sisi luar bulat dan lubangnya dengan sisi segi empat. Saat meyetel klep motor kunci L jenis ini biasa digunakan untuk mengendorkan baut penyetel celah klep dengan bentuk kepala baut segi empat.
Kunci L Stel Klep / Katup Motor

Komponen Chasis (Sasis) Mobil Dan Fungsinya

Komponen Chasis (Sasis) Mobil Dan Fungsinya - Sasis merupakan bagian dari kendaraan yang secara garis besar berfungsi sebagai pengaman kendaraan, menambah kenyamanan pengemudi dan mengarahkan laju kendaraan.

Secara umum sasis mobil tersusun dari komponen powertrain dan suspensi. Tetapi komponen sasis pada kendaraan terdiri dari beberapa komponen penting lainnya.

Berikut Komponen Chasis (Sasis) Mobil Beserta Fungsinya


1. Kopling

Kopling

Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutus putaran dari mesin ke transmisi. Dengan adanya kopling proses pemidahan gigi transmisi menjadi lebih halus.

Kopling terdiri dari dua buah logam yang berputar, yaitu : flywheel (roda gila) dan pressure plate (plat penekan), dan juga terdapat kampas kopling yang berada ditengah dua logam tersebut.

Saat pressure plate menekan kearah flywheel akan menyebabkan kampas kopling terjepit dan hal itu membuat putaran mesin terhubung ke transmisi.

Tetapi jika pada kopling otomatis (torque converter), kopling bekerja berdasarkan gaya tekan fluida. Gaya tekan fluida akan menjadi semakin besar seiring dengan bertambahnya putaran mesin, sehingga tidak perlu melakukan pengoperasian kopling secara manual.

2. Transmisi

Transmisi

Transmisi berfungsi untuk memanipulasi output mesin. Dalam beberapa kondisi sebuah mobil memerlukan torsi besar dan juga kondisi yang menuntut mobil memiliki kecepatan tinggi. Transmisi ini bertugas untuk mengatasi kondisi tersebut, dengan mengatur rasio perpindahan antar roda gigi.

Pada posisi 1, maka perbandingan roda gigi cenderung besar sehingga putaran output transmisi jauh lebih kecil dibandingkan input transmisi. Tetapi torsi menjadi besar.

Ketika gigi 2 dan seterusnya perbandingan gigi akan semakin kecil, hal itu membuat tingkat percepatan output semakin besar tetapi torsi maksimal menjadi semakin menurun.

Pada transmisi, torsi berbanding terbalik dengan RPM mesin. Transmisi dibagi menjadi 2 jenis yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis (matic).

3. Poros Propeller

Poros Propeller (Propeller Shaft)

Poros propeller (propeller shaft) atau disebut juga poros kopel merupakan salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga. Poros propeller berfungsi untuk meneruskan atau memindahkan tenaga putar dari transmisi menuju ke gardan (differential).

Kontruksi poros propeller dibuat sedemikian rupa supaya saat memindahkan tenaga putar dari transmisi ke differential dapat dilakukan dengan lembut tanpa dipengaruhi dari kondisi permukaan jalan dan beratnya beban pada kendaraan.

4. Universal Joint

Antara transmisi dan rear axle (as roda) belakang mobil memiliki ketinggian yang tidak tetap / sejajar. Hal tersebut dikarenakan letak as roda yang berada di bawah suspensi sementara transmisi berada di bodi mobil. Sehingga perlu komponen tambahan agar poros propeller dapat berfungsi tanpa terganggu oleh hal tersebut.

Universal joint merupakan komponen yang didesain secara fleksibel untuk menghubungkan moment puntir dari sudut dan arah manapun. Umumnya ada dua buah universal joint yang terletak dibelakang transmisi dan didepan gardan.

5. Diferential / Gardan

Diferential / Gardan

Gardan atau differential berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan mobil. Mengapa putaran roda mobil harus dibedakan? Misalnya, saat kendaraan belok kiri, maka jarak yang ditempuh roda kiri dan kanan akan berbeda. Jika roda tidak dibedakan putarannya maka akan terjadi selip disalah satu roda dan cepat menimbulkan keusan pada ban.

6. Rear Axle (As Roda)

Rear axle (as roda) adalah sebuah poros berbentuk batang yang menghubungkan diferential (gardan) dengan poros roda. Diujung poros akan dipasangkan wheel bearing sebagai bantalan poros terhadap body mobil. Ada dua macam rear axle yang dipakai pada mobil, yaitu tipe rigid axle dan tipe indipendent axle.

Pada tipe rigid axle, antara roda kiri dan kanan terletak pada satu poros kaku sehingga jika salah satu roda terkena efek suspensi maka roda satunya akan terpengaruh.

Sementara pada tipe indipendent, terdapat fleksibel joint yang dipasangkan pada kedua ujung poros axle. Fungsinya agar roda kiri dan kanan bisa terbebas ketika salah satu roda terkena efek suspensi.

7. Sistem Suspensi

Sistem Suspensi

Sistem suspensi pada kendaraan berfungsi untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata agar getaran tidak sampai ke dalam kabin (ruang pengemudi) sehingga pengemudi akan merasa nyaman.

8. Sistem Kemudi

Sistem Kemudi

Sistem kemudi berfungsi untuk mengendalikan arah roda & untuk meringankan gaya pengemudian. Sistem kemudi terdapat 2 jenis yaitu : sistem kemudi manual & sistem kemudi daya (power steering). Sistem kemudi power steering dibagi menjadi 2 macam yaitu tipe hidrolik dan tipe elektrik.

9. Sistem Rem

Sistem rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan secara signifikan. Prinsip kerja sistem rem memanfaatkan gaya gesek yang mengkonversi energi putar roda menjadi energi panas.

Pada sistem rem, dua buah material yang berbahan besi dan asbes akan bergesekan. Sehingga akan mengurangi laju putarannya. Sistem rem dibagi menjadi 2 jenis yaitu : rem tromol dan rem cakram.

10. Roda Dan Ban

Roda dan ban berfungsi untuk mengkonversi energi putar dari powertrain untuk menjalankan kendaraan. Roda tersusun dari velg dan ban, velg atau rims merupakan rangka roda yang menjadi tumpuan kendaraan. Untuk itu kekuatan rims juga tidak bisa sepelekan.

Sementara ban berfungsi menyerap getaran kecil pada jalan dan menimbulkan traksi agar roda tidak selip. Ban sendiri, ada beberapa tipe antara lain tipe hard, medium dan soft. Ban tipe soft memiliki struktur yang lunak sehingga akan cepat aus tapi gripnya cukup baik.

Jenis - Jenis Universal Joint Mobil

Jenis - Jenis Universal Joint Mobil - Gerakan bodi atau rangka mobil yang naik turun menyebebabkan posisi mesin menjadi tidak simetris dengan posisi roda. Hal tersebut tentu akan mengganggu proses penyaluran putaran dari transmisi ke roda belakang yang disalurkan oleh poros propeller (propeller shaft).

Untuk mencegah terjadinya loss power (hilang tenaga) serta memaksimalkan aliran putaran, maka pada setiap poros propeller dipasang komponen yang bernama universal joint. Universal joint dipasang diantara sambungan yang bergerak seperti siku lengan. Konstruksinya kuat dan fleksibel sehingga dengan naik turunnya bodi kendaraan tidak akan mempengaruhi proses pentransperan tenaga.

Jenis - Jenis Universal Joint


Jika ditinjau dari kontruksinya terdapat beberapa jenis universal joint, yaitu :

1. Hook Joint
Pada umumnya poros propeller menggunakan konstruksi tipe ini, karena selain konstruksinya yang sederhana tipe ini juga berfungsi secara akurat dan konstan.

Hook joint ini menggunkan dua yoke, salah satu digabungkan dengan propeller shaft (poros propeller) dan lainnya dengan sleeve, diantaranya dipasangkan spider dan bearing. Untuk mencegah keausan maka bagian spider yang berhubungan dengan roller bearing dibuat lebih keras.

Dan untuk mengurangi gesekan yang terjadi maka bentuk bearing menggunakan model roller bearing yang ditutup dengan cup. Supaya bearingnya tidak lepas pada waktu propeller shaft berputar dengan kecepatan tinggi, maka snap ring atau lock plate dipasangkan pada yoke.
Hock Joint

Ada dua tipe hook joint yaitu shell bearing cup type dan solid bearing cup type. Pada tipe shell bearing cup universal joint tidak bisa dibongkar sedangkan pada tipe solid bearing cup bisa dibongkar. Ilustrasi konstruksi kedua tipe universal joint tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
Hook joint tipe shell bearing cup


Hook joint tipe solid bearing cup


Baca Juga : Fungsi Gardan (Differential) Dan Komponen - Komponennya

2. Flexible Joint
Flexible joint terdiri dari coupling, rubber coupling dan sleeve yoke yang dihubungkan atau diikat dengan baut. Model ini mempunyai keuntungan tidak mudah aus, tidak berisik dan tidak memerlukan minyak/ grease. 

Tetapi apabila sudut antara drive shaft dan driven shaft melebihi 7-100 maka akan timbul vibrasi. Untuk menghindari hal ini maka dipasangkan center ring ball pada ujungnya. Konstruksi dari universal joint model flexible joint dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Konstruksi Flexible Joint


3. Trunion Joint
Model ini berusaha menggabungkan tipe hook joint dan slip joint, namun hasilnya masih dibawah slip joint sendiri, sehingga jarang digunakan. Di dalam bodi terdapat alur sebagai tempat masuknya propeller shaft dan di ujung pin di pasangkan ball. Konstruksinya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Konstruksi Trunion Joint

4. Uniform Velocity Joint
Model ini dapat membuat kecepatan sudut yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi vibrasi dan suara bising. Akan tetapi harganya relatif lebih mahal. Tipe ini digunakan pada kendaraan yang menggunakan sistem pemindah daya tipe front engine front drive. Konstruksinya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Konstruksi Uniform Velocity Joint

5. Slip Joint
Bagian ujung propeller yang dihubungkan dengan poros out-put transmisi terdapat alur-alur untuk pemasangan slip joint. Hal ini memungkinkan panjangnya propeller shaft sesuai dengan jarak output transmisi dengan differential. Konstruksinya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Konstruksi Slip Joint

Sabtu, 23 Mei 2020

Warna Kabel Kiprok Mega Pro Beserta Fungsinya

Warna Kabel Kiprok Mega Pro Beserta Fungsinya - Kiprok atau regulator berfungsi sebagai penyetabil arus dan tegangan dari spul sebelum dialirkan ke Accu (aki) motor. Karena arus yang masuk ke Accu tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil.

Kiprok pada motor dengan sistem pengapian CDI - DC merupakan komponen yang penting. Karena sistem pengapian CDI - DC mengandalkan arus dari Accu motor. Dan sistem pengapian yang terdapat pada mega pro primus ini menganut sistem pengapian CDI - DC.

Meskipun jika tidak menggunakan Accu mesin motor tetap dapat menyala. Tetapi jika kondisi tersebut dibiarkan terus - menerus maka dapat cepat merusak sistem kelistrikan yang terdapat pada motor.

Sistem kelistrikan pada motor mega pro yang akan cepat rusak apabila tanpa aki adalah unit CDI, hal tersebut dikarenakan sistem pengapiannya CDI - DC, yang mana input arus nya dihasilkan dari Accu.

Perbedaan kabel kiprok motor mega pro ini dengan kiprok motor lain :
  • 1. Terdapat 5 kabel kiprok.
  • 2. Arus dari spul menuju kiprok hanya untuk pengisian (full ware).
  • 3. Mungkin warna kabelnya berbeda dengan warna kabel kiprok motor honda yang lain.

Untuk mengetahuinya warna kabel kiprok motor dan fungsinya telah dibahas disini.

Warna Kabel Kiprok Honda Mega Pro Beserta Fungsinya


Kabel Kiprok Mega Pro

1. Warna Kabel Kuning
Warna kabel kuning berfungsi untuk pengisian dari spul (stator coil).

2. Warna Kabel Kuning 
Warna kabel kuning yang ke-2 ini sama dengan warna kabel kuning ke-1 yaitu digunakan sebagai pengisian dari spul.

3. Warna Kabel Merah
Warna kabel merah ke Accu 12 Volt dan ke kunci kontak.

4. Warna Kabel Hitam
Warna kabel hitam ke beban / lampu, klakson starter dll.

5. Warna Kabel Hijau 
Warna kabel hijau digunakan untuk massa ( - ) / body motor.