Kamis, 11 Juni 2020

Rem Tromol Sepeda Motor : Komponen, Cara Kerja Dan Jenisnya

Rem Tromol Sepeda Motor : Komponen, Cara Kerja Dan Jenisnya - Sistem Rem secara garis besar berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan. Sistem pengereman pada sepeda motor, dapat diklasifikasikan menjadi dua sistem, yaitu sistem rem mekanik atau tromol dan yang ke dua yaitu sistem rem hidrolik atau disc brake.
Rem Tromol Sepeda Motor

Berikut Komponen Rem Tromol Sepeda Motor Dan Fungsinya


Komponen - Komponen Rem Tromol Sepeda Motor

1. Brake Drum (Tromol Rem)
Brake drum atau tromol rem berfungsi sebagai media gesekan dengan kampas rem saat pengereman dilakukan, agar laju roda kendaraan dapat dihentikan. Tromol rem (brake drum) ini terletak tengah roda motor.

2. Brake Shoe (Sepatu Rem)
Sepatu rem atau brake shoe berfungsi sebagai tempat untuk kampas rem. Kampas rem rem tromol berbeda dengan kampas rem piringan atau cakram. Kampas rem tromol ini berbentuk persegi panjang dan melengkung.

Sepatu rem untuk motor umumnya dijual sudah lengkap dengan kampas rem, sehingga ketika kampas rem mulai tipis maka penggantiannya juga beserta sepatu remnya. 

3. Brake Lining (Kampas Rem)
Kampas rem terbuat dari bahan komposit yang berfungsi sebagai media gesek bersama dengan tromol rem. Selama proses pengereman dilakukan, bahan dari kampas rem ini kelamaan akan semakin menipis. Untuk itu dalam waktu tertentu kampas rem dapat habis dan perlu dilakukan penggantian.

4. Tuas Penggerak
Saat pedal / tuas rem ditekan tuas penggerak rem berfungsi sebagai penggerak sepatu rem agar menekan tromol rem. Tuas rem bekerja secara mekanik melalui brake cam yang terhubung di ujungnya.

5. Brake Cam
Brake cam berfungsi untuk menekan / mendorong sepatu rem saat tua penggerak rem bekerja. Brake cam (nok / tonjolan) terletak di ujung tuas penggerak.

6. Return Spring (Pegas Pengembali)
Return spring atau pegas pengembali berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu rem setelah rem digunakan. Pegas ini terletak didalam sistem rem tromol diantara dua buah sepatu rem. Setelah pengereman dilakukan, pegas akan menarik sepatu rem agar renggang dengan tromol, sehingga roda dapat kembali berputar.

7. Anchor Pin
Anchor pin terletak dipangkal sepatu rem yang fungsinya sebagai center sepatu rem. Anchor pin akan menjaga sepatu rem pada area pangkal agar dapat bergerak membuka dan menutup.

8. Tuas Penghubung
Tuas penghubung terletak diluar sistem utama rem tromol, komponen ini berupa batang besi yang menghubungkan tuas penggerak rem dengan pedal rem. Tuas penghubung ada pada sistem rem tromol motor versi pedal injak.

Sedangkan pada motor matic yang menggunakan tuas rem tangan, maka menggunakan kawat kabel untuk menghubungkan tuas rem dengan batang penggerak rem. Diujung tuas penggerak dilengkapi dengan adjusting screw yang berfungsi untuk menyetel sepatu rem.

9. Pedal Rem / Tuas Rem
Pedal rem berfungsi sebagai komponen untuk mengaktifkan sistem pengereman. Pedal rem dibedakan menjadi dua macam yaitu, pedal rem injak yang ada pada sepeda motor bebek dan pedal rem tipe tuas yang ada pada motor matic. Meskipun berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama.

Cara Kerja Rem Tromol Sepeda Motor

Rem Mekanik / Tromol (drum brake) di operasikan secara mekanis dan sedangkan rem hidrolik dioperasikan secara hidraulic dengan memakai tekanan fluida.

1. Saat Belum Bekerja
  • Ada jarak antara tromol rem dan kanvas rem
  • Tidak ada gesekan

2. Saat Setengah Pengereman
  • Sepatu rem menyentuh lembut pada tromol rem 
  • Gesekan kecil - pengereman kecil

3. Saat Pengereman Penuh
  • Sepatu rem menempel penuh pada tromol rem
  • Gesekan besar - pengereman besar

4. Saat Pelepasan Penuh
  • Sepatu rem kembali ke sisi semula karena tarikan per
  • Tidak ada gesekan

Rem Tromol Pada Sepeda Motor Dibedakan Menjadi 2 Jenis

1. Jenis Leading & Trailing
Dengan sebuah cam yang di gunakan secara paksa, 2 buah sepatu rem yang mempunyai pengaruh pengereman kuat, adalah "leading shoe" dan yang lain "Trailing shoe".

Gaya pengereman leading shoe (gaya yang searah dengan putaran roda) di paksa bergerak oleh "cam", maka terjadilah gaya gesek yang searah dengan putaran roda. Gaya pengereman trailing yaitu gaya pengereman yang berlawanan dengan arah putaran roda.
Leading & Trailing

2. Jenis Two Leading Shoe
Dua buah "cam" digunakan untuk menekan dua buah sepatu rem , sehingga dapat bekerja seperti leading shoe. jadi dapat menghasilkan gaya pengereman kira kira 1,5 kali.
Two Leading Shoe

Rabu, 10 Juni 2020

Sensor Oksigen : Fungsi, Prinsip Kerja Dan Penyebab Kerusakannya

Sensor Oksigen : Fungsi, Prinsip Kerja Dan Penyebab Kerusakannya - Sensor oksigen atau O� sensor berfungsi untuk mendeteksi jumlah oksigen yang terdapat pada gas buang mobil injeksi atau EFI (Electronic Fuel Injection), sensor ini akan mengirim sinyal ke ECU (Engine Control Unit) guna mengatur campuran bahan bakar dan udara ke tingkat optimal.

Umumnya penerapan sensor oksigen untuk mengukur konsentrasi gas buang oksigen pada mobil dengan mesin pembakaran dalam (internal combution engine). Oksigen sensor tertanam di bagian knalpot mobil.

Fungsi oksigen sensor (O� sensor)


  • 1. Untuk memeriksa atau mendeteksi emisi gas buang kendaraan dengan cara mengukur kandungan oksigen di dalam gas buang. 
  • 2. Untuk menentukan apakah mobil bekerja dengan campuran bahan bakar terlalu kurus atau terlalu gemuk.
  • 3. Dengan adanya O2 sensor maka konsumsi bahan bakar bisa jadi lebih irit serta ramah lingkungan. 

Pada kendaraan dengan sistem injeksi elektronik atau EFI, sensor oksigen ini terdapat dua buah yang terpasang di knalpot, tetapi ada juga mobil yang hanya terdapat satu buah sensor oksigen, misalnya pada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia atau Daihatsu Terios.
Letak Sensor Oksigen

Letak oksigen sensor yang terpasang sebelum catalytic converter disebut oksigen sensor No.1. Sedangkan oksigen sensor yang terpasang setelah TWC (Three-Way Catalytic Converter) disebut oksigen sensor No.2.

Three-Way Catalytic Converter berfungsi untuk mendapatkan kecepatan pemurnian yang tinggi dari komponen carbon monoxide (CO), hydrocarbon (HC) dan nitrogen oxide (NOx) dari gas buang hasil pembakaran mesin.

Agar penggunaan three-way catalytic converter lebih efisien, rasio udara dan bahan bakar (air fuel ratio) harus dikontrol secara presisi sehingga rasionya mendekati rasio udara dan bahan bakar stoichiometric.

Sensor oksigen pada mobil terdiri dari dua bagian penting yaitu bagian heater (pemanas) dan bagian sensor itu sendiri. Pada oksigen sensor terdapat empat kabel yaitu, dua kabel digunakan untuk heater dan dua kabel lainnya digunakan untuk sensor.
Kontruksi Sensor Oksigen

Heater (pemanas) pada oksigen sensor berfungsi sebagai pemanas pada oksigen sensor. Saat panas yang diberikan heater mengenai secara langsung pada alumina dan zirconia (pada bagian sensor), hal ini akan mempercepat aktivasi sensor.

Heater atau bagian pemanas pada oksigen sensor dikontrol oleh ECU. Pada saat volume udara intake rendah (temperatur gas buang rendah), arus listrik mengalir ke heater untuk memanaskan sensor untuk memfasilitasi akurasi deteksi konsentrasi oksigen.

Prinsip Kerja Sensor Oksigen (O� Sensor)


Sensor oksigen memiliki karakteristik voltase keluarannya dapat berubah secara tiba - tiba di sekitar stoichiometric (rasio udara dan bahan bakar). Hal ini digunakan untuk mendeteksi konsentrasi oksigen dalam gas buang dan memberikan umpan balik ke ECU untuk mengontrol rasio udara & bahan bakar.
Skema Sensor Oksigen

Oksigen sensor membandingkan jumlah kandungan O� dari sisa pembakaran dengan O� dari luar, artinya kandungan oksigen pada gas buang (0,3 � 3 %) dibandingkan dengan kandungan oksigen pada udara atmosfir (20,8 %).

Kemudian hasil perbandingan O� ini di konversikan oleh ZrO� (Zirconia electrolyte) komponen pada O� Sensor menjadi arus listrik. Jika kandungan oksigen dalam gas buang sekitar 3 % (campuran kurus), O� sensor menghasilkan tegangan 0,1 volt.

Jika kandungan oksigen dalam gas buang sekitar 0,3 % (campuran kaya), O� sensor menghasilkan tegangan 0,9 volt. Tegangan listrik inilah yang nantinya disebut sinyal output yang akan di kirimkan ke ECU sebagai informasi hasil pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yang dideteksi melalui gas buang.

Oksigen sensor seperti switch (penghubung) yang bekerja secara konstan akan memberikan sinyal setiap ada perubahan campuran bahan bakar. ECU akan menjaga campuran bahan bakar mendekati campuran ideal dengan melakukan kebalikan dari apa yang dilaporkan oleh oksigen sensor.

Jika oksigen sensor memberikan sinyal bahwa campuran bahan bakar terlalu gemuk, maka ECU akan memperpendek waktu kerja injektor untuk mengurangi jumlah bahan bakar yang disemprotkan, agar campuran menjadi lebih kurus.

Saat oksigen sensor mendeteksi bahwa campuran bahan bakar terlalu kurus ECU akan memperpanjang waktu kerja injektor untuk menambah jumlah bahan bakar yang disemprotkan, pengaturan terus menerus seperti ini akan menjaga mesin bekerja dengan campuran bahan bakar mendekati campuran ideal.

Penyebab Sensor Oksigen Rusak


Jika usia pemakain sensor oksigen sudah terlalu lama, maka respon pada sensor ini dapat berkurang atau sensor dapat berhenti bekerja sama sekali.

Kerusakan yang terjadi pada sensor oksigen biasanya disebabkan oleh kotoran yang mengendap di bagian elektroda inti sensor oksigen. Kotoran atau sisa gas bakar yang terus menempel di sensor kelamaan dapat membuat bacaan sensor oksigen menjadi kacau. Ini bisa diakibatkan oleh sisa pembakaran yang tidak sempurna atau bahkan kualitas bahan bakar yang kurang bagus.

Jika pembacaan tegangan yang dikirimkan ke ECU tidak sesuai, ECU akan mendeteksi telah terjadi kerusakan, dan Check Engine pada dashboard mobil akan menyala.

Beberapa akibat yang tibul jika sensor oksigen rusak
  • 1. Efesiensi bahan bakar menurun
  • 2. Mesin kurang bertenaga
  • 3. Asap hitam keluar dari knalpot
  • 4. Tes emisi gagal
  • 5. Idle mesin kasar
  • 6. Ragu atau stalling

Minggu, 07 Juni 2020

10 Foto Klenteng Sam Poo Kong Semarang - Harga Tiket Masuk & Lokasi Wisata Sejarah Sam Poo Kong

Wacana.co




Klenteng Sam Poo Kong Semarang Jawa Tengah

Indonesia memang negara yang unik dan menarik, hal itu dikarenakan Indonesia memiliki keberagaman Suku, Bahasa, Budaya, hingga Agama.

Meski pada awalnya Indonesia hanya mengakui 5 agama yakni Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, dan Buddha.

Namun, pada masa kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid yang lebih akrab di sapa Gusdur, Indonesia menambah satu lagi agama yang diakui oleh negara yaitu agama Kong Hu Cu.

Jika agama Islam memiliki Masjid & Musholla sebagai tempat ibadahnya, Kristen Katolik maupun Protestan dengan Gereja dan Kapelnya, Hindu dengan Puranya, dan Buddha dengan Viharanya, maka agama Kong Hu Cu pun tak ketinggalan dengan Klentengnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tempat ibadah agama Kong Hu Cu yang berada di Semarang serta yang didirikan oleh seorang Laksamana beragama Islam.

Tempat ibadah Kong Hu Cu, tapi didirikan oleh seseorang beragama Islam?

Penasaran kan?
Simak terus uraian informasi hingga akhir artikel ini, ya!

Informasi Umum Dan Sejarah Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Arumsilviani.com

Klenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok bernama yang Zheng He / Cheng Ho.

Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuk nya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

Wisatajateng.com

Laksamana Zheng He (Cheng Ho) terlahir dengan nama Ma San Bao, itulah mengapa klenteng atau tempat petilasan untuk Zheng He (Cheng Ho) menggunakan nama Sam Poo Kong.

Dalam dialek Hokkian, Sam Poo Kong atau San Bao Dong (Mandarin) artinya adalah Gua San Bao.

Wikipedia.org

Asal muasal Klenteng Sam Poo Kong adalah ketika armada Laksamana Cheng Ho merapat di pantai Simongan Semarang karena juru muridnya Wang Jing Hong sakit keras.

Sebuah Gua Batu dijadikan tempat beristirahat Laksamana Cheng Ho dan mengobati Wang Jing Hong.

Sementara juru muridnya menyembuhkan diri, Laksamana Cheng Ho melanjutkan pelayaran ke Timur untuk menuntaskan misi perdamaian dan perdagangan keramik serta rempah-rempah.

Catperku.com

Selama berada di Simongan, Wang Jing Hong memimpin anak buahnya menggarap lahan, membangun rumah, dan bergaul dengan penduduk setempat.

Lingkungan sekitar Gua jadi berkembang dan makmur karena aktivitas dagang dan pertanian.

Demi menghormati pemimpinnya, Wang Jing Hong mendirikan patung Laksamana Cheng Ho di Gua Batu tersebut untuk di hormati dan dikenang masyarakat sekitar.

Wang Jing Hong meninggal pada usia 87 tahun dan dimakamkan di sekitar situ.

Sejak itu masyarakat menyebutnya sebagai makam Kyai Juru Mudi.

Ketika Gua Batu akibat longsor, masyarakat membangun gua buatan yang letaknya bersebelahan dengan Makam Kyai Juru Mudi.

Itulah asal usul dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang.

Daya Tarik Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Wisatajateng.com

Tempat wisata Klenteng Sam Poo Kong ini bisa dibilang cukup luas dan mampu menampung kunjungan para traveler yang datang ke tempat ini.

Yang membuat tempat ini menarik adalah hampir di keseluruhan bangunan bernuansa merah khas bangunan China.

Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

Untuk keperluan tersebut, di dalam Gua Batu diletakkan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien.

Padahal Laksamana Cheng Ho adalah seorang Muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa.

Hal ini maklum karena agama Kong Hu Cu menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Kompasiana.com

Umumnya bangunan pada Klenteng Sam Poo Kong didominasi warna merah.

Tak hanya pada bangunannya saja, sejumlah lampion yang menghiasi Klentengnya dan pohon-pohon menuju pintu masuk juga berwarna merah.

Jatengtoday.com

Selain itu, bentuk dari bangunan-bangunan Klenteng Sam Poo Kong ini sangat khas dan menarik, sehingga saat Kamu singgah disana akan merasakan sensasi seperti benar-benar sedang berada di China.

Harga Tiket Masuk Sam Poo Kong Semarang

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang tempat wisata Sam Poo Kong Semarang dari asal usul dan sejarahnya, sampai daya tarik dari obyek wisata tersebut, mungkin beberapa dari kamu tertarik untuk datang ke Sam Poo Kong.

Gomuslim.co.id

Untuk menikmati keindahan bangunan dari tempat wisata Sam Poo Kong ini Kamu perlu membayar tiket masuk seharga:

HTM Area Wisata

▪︎ Weekdays
 - Dewasa: Rp 7.000 /orang
 - Anak-anak: Rp 5.000 /anak
 - Asing: Rp 10.000 /orang

▪︎ Weekend
 - Dewasa: Rp 10.000 /orang
 - Anak-anak: Rp 8.000 /anak
 - Asing: Rp 15.000 /anak

HTM Area Sembahyang

▪︎ Weekday
 - Dewasa: Rp 27.000 /orang
 - Anak-anak: Rp 15.000 /orang
 - Asing: Rp 40.000 /orang

▪︎ Weekend
 - Dewasa: Rp 28.000 /orang
 - Anak-anak: Rp 15.000 /orang
 - Asing: Rp 45.000 /orang

Harga Tiket diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata tersebut
NOTE : Apabila Kamu datang untuk berdoa atau sembahyang, uang tiket yang Kamu bayarkan akan dikembalikan  mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong berada di daerah Semarang Barat tepatnya beralamat di Jl. Simongan No. 129, Desa Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148

Manusialembah.com

Bagi warga Semarang sudah tak asing lagi dengan lokasi Klenteng Sam Poo Kong ini.

Namun bagi kalian yang berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri pasti bingung dan takut tersesat, kan?

Tapi tenang saja, Kamu yang berasal dari luar Semarang dan ingin berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong ini, Kamu bisa menggunakan bantuan penunjuk arah dari Google Maps di bawah ini.

Demikianlah uraian singkat mengenai Klenteng Sam Poo Kong Semarang yang bisa saya sampaikan di blog Jejak Kenzie ini.
Semoga postingan kali ini dapat membantu mu yang sedang mencari informasi tentang Sejarah singkat, Daya Tarik, Harga Tiket Masuk (HTM), dan Lokasi dari tempat wisata (religi dan sejarah) Klenteng Sam Poo Kong.
Jangan Tinggalkan Apapun Kecuali Jejak
 Selamat Berlibur
Happy Travelling

Rangkuman:

● Tempat Wisata
- Klenteng Sam Poo Kong Semarang
● Alamat
- Jl. Simongan No. 129, Desa Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
● Koordinat Maps
● HTM
- Anak-anak: Rp 5.000 - Rp 15.000
- Dewasa: Rp 7.000 - Rp 28.000
- Asing: Rp 10.000 - Rp 45.000

Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja - Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Lokasi Pantai

NativeIndonesia.com




Pantai Kukup Gunungkidul, Yogyakarta

Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja khususnya di Gunungkidul pastinya tak jauh-jauh dari wisata pantai.

Bisa dikatakan Gunungkidul Yogyakarta ini merupakan surganya wisata pantai.

Wisatatempat.com

Terdapat banyak sekali deretan pantai-pantai yang indah di Gunungkidul, sebut saja seperti Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Timang dan masih banyak lagi.

Terlepas dari pantai-pantai tersebut, di Gunungkidul ada sebuah pantai yang juga tak kalah indah dan mempesona yang bernama Pantai Kukup.

Daya Tarik Pantai Kukup

Pantai Kukup menawarkan pemandangan yang sangat indah, tempat wisata Jogja yang satu ini memiliki keindahan pasir putih dan deburan ombak yang bisa dikatakan cukup besar namun tidak terlalu berbahaya.

Pakettourjogja.com

Karakteristik yang dimiliki Pantai Kukup tidak jauh berbeda dengan deretan pantai lainnya di laut selatan, yaitu diapit oleh tebing-tebing karst di sisi sampingnya.

Namun salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Kukup dibanding deretan pantai indah di Gunung Kidul lainnya adalah terdapatnya Pulau Karang yang berada di sisi timur pantai.

Di atas Pulau karang tersebut terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat keindahan Pantai Kukup ini dari ketinggian.

Pulau karang ini juga menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto dan bersantai.

Jogjaonstage.com

Pulau karang di Pantai Kukup ini bernama Pulau Jumino, untuk menuju ke puncak Pulau karang kamu bisa melewati jembatan yang sudah disediakan khusus dari pinggir pantai menuju ke atas pulau.

Bahkan dari atas Pulau Jumino Pantai Kukup kamu bisa melihat keindahan sunrise maupun sunset.

Jadi, jika kamu sedang mencari pantai yang cocok untuk melihat keindahan sunrise dan sunset, mungkin Pantai Kukup ini bisa menjadi pilihanmu.

Eksotisjogja.com

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah yang ada di Jogja.

Pantai Kukup termasuk Pantai dangkal, daerah dangkal ini dipenuhi bebatuan karang layaknya di Pantai Krakal yang berfungsi memecah ombak.

Terumbu-terumbu karang di Pantai Kukup ini memiliki luas sekitar 100 meter dari bibir pantai, uniknya ketika sedang surut kamu bisa melihat biota laut yang terdampar atau memang hidup di terumbu karang tersebut.

Seperti ikan hias dan bintang laut, karena itulah Pantai Kukup juga sering disebut dengan julukan "Aquarium Alami Di Jogja".

Objek Wisata Di Pantai Kukup

NativeIndonesia.com

Di Pantai Kukup ada beberapa obyek wisata andalan yang pastinya akan membuat liburanmu semakin seru, menyenangkan, dan berkesan. Beberapa objek wisata tersebut adalah :

√ Gardu Pandang Di Pulau Karang (Pulau Jumino)

Inilah salah satu objek wisata yang membuat Pantai Kukup ini diburu oleh banyak wisatawan.

Di Pantai ini terdapat pemandangan yang khas berupa Pulau karang yang bernama Pulau Jumino.

Di atas pulau karang ini terdapat sebuah gardu pandang yang sangat strategis untuk berfoto dan melihat keindahan pantai Kukup dari ketinggian.

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa kamu bisa menyeberang menuju ke pulau karang tersebut dengan menggunakan jembatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai.

Setelah menyeberang menggunakan jembatan, kamu terlebih dahulu akan menaiki bukit pulau tersebut, sehingga mencapai puncak Pulau karang dan menikmati pemandangan yang khas serta mempesona.

√  Melihat Aneka Biota Laut

Sewamotordijogja.com

Pada saat air laut sedang surut, kamu bisa dengan mudah menemukan aneka biota laut di pinggiran pantai.

Kamu bisa menemukan banyak tersebar bulu babi yang berwarna hitam, kerang-kerang serta alga laut, berbagai macam ikan, dan lain sebagainya.

√ Wisata Budaya Pantai Kukup

Tak hanya wisata alam yang bisa kamu nikmati di Pantai yang satu ini, ternyata di Pantai ini biasa digelar sebuah upacara adat yang bernama sedekah laut.

Kegiatan upacara adat ini biasanya dilakukan tepat pada bulan Suro (dalam penanggalan Jawa).

Upacara ini disebut-sebut sebagai upacara persembahan kepada Ratu Pantai Selatan yang dilakukan dengan melarungkan berbagai sesaji ke laut.

√ Spot Foto Yang Menakjubkan

Eksotisjogja.com

Liburan ke manapun tak akan lengkap rasanya jika tidak mengabadikannya dalam bentuk foto, begitupun saat liburan ke pantai.

Di Pantai ini, kamu akan disuguhkan banyak sekali spot yang bagus untuk kamu foto.

Misalnya saat matahari tenggelam dan air sedang surut, perpaduan antara langit dan siluet bebatuan akan menghadirkan nuansa eksotis untuk kamu foto.

Terlebih lagi di Pantai Kukup ini terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto dengan angel yang unik.

Fasilitas Di Pantai Kukup

Penataan wisata pantai di Jogja memang sangat mengesankan, tak lepas juga dengan Pantai Kukup.

Tempat wisata yang cukup populer ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan para pengunjungnya. Dari berbagai fasilitas tersebut, diantaranya adalah:
  • Gazebo
  • Gardu Pandang
  • Warung Makan
  • Musholla
  • Ruang Ganti
  • Tempat Parkir
  • Dan masih banyak lagi,

NativeIndonesia.com

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Harga tiket masuk ke Pantai Kukup ini adalah Rp 10.000 untuk wisatawan lokal maupun asing.

Biaya masuk ini sudah termasuk biaya masuk ke pantai lainnya yang ada disekitar Pantai Kukup, yakni Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Sundak.

Setelah memasuki wilayah pantai, kamu hanya perlu membayar biaya parkir seharga Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan begitu, kamu sudah bisa menikmati wisata di Pantai Kukup ini.

Alamat Lokasi Pantai Kukup

  • Jl. Pantai Sel. Jawa, Ngepung, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia
  • 61 Km dari pusat kota Yogyakarta
  • 61 Km dari stasiun Lempuyangan
  • 57 Km dari Bandara Internasional Adisucipto

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kukup

Akses menuju lokasi wisata Pantai Kukup ini terbilang cukup mudah, dari pusat kota Yogyakarta kamu tinggal menuju ke arah Wonosari lalu melanjutkan perjalanan hingga sampai di pos retribusi Wisata Pantai Gunung Kidul, lokasi pantai Kukup tepat setelah Pantai Baron.

Cgama.wordpress.com

Untuk memudahkan perjalanan mu menuju lokasi wisata Pantai Kukup, kamu bisa menggunakan bantuan dari google map yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Peta & Petunjuk Arah Menuju Pantai Kukup

Sabtu, 06 Juni 2020

Jenis - Jenis Bearing Atau Laher

Jenis - Jenis Bearing Atau Laher - Bearing (bantalan) atau laher merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan atau mundukung suatu poros untuk tetap pada dudukannya. Selain itu, bearing juga berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara poros yang berputar dengan tumpuannya (bagian komponen yang diam yang menopang poros).

Bearing ini sangat erat dengan perlengkapan yang terdapt pada kendaraan karena sistem kerja pada kendaraan cenderung memanfaatkan bearing, contohnya sebagai sistem putar roda kendaraan, sistem kerja mesin, alternator hingga kipas pendingin dan kompresor AC (Air Conditioning) mobil.

Jenis - Jenis Bearing / Laher


1. Journal Bearing (Sleeve Bearing)
Journal bearing atau metal jalan umumnya digunakan pada bagian crankshaft (poros engkol) pada mesin.
Journal Bearing (Sleeve Bearing)

2. Bushing Bearing
Bushing bearing merupakan sebuah bantalan yang berfungsi sebagai tempat poros berputar. Di dalam bushing terdapat lapisan oli yang berfungsi untuk membentuk lapisan oil film untuk mengurangi terjadinya gesekan saat poros berputar.
Bushing Bearing

3. Ball Bearing (Bearing Bola)
Ball bearing (bearing bola) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola - bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Ball Bearing (Bearing Bola)

4. Cylinder Bearing (Bearing Silinder)
Cylinder bearing (bearing silinder) adalah bantalan gelinding yang menggunakan silinder - silinder baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Cylinder Bearing (Bearing Silinder)

5. Barrels Bearing (Bearing Tong)
Barrels bearing (bearing tong) adalah bantalan gelinding yang menggunakan pipa-pipa baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Barrels Bearing (Bearing Tong)

6. Taper Bearing (Beaering Kerucut)
Taper bearing (bearing kerucut) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola - bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Taper Bearing (Beaering Kerucut)

7. Needle Bearing (Bearing Jarum)
Needle bearing (bearing jarum) adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola - bola baja sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Needle Bearing (Bearing Jarum)

Penggunaan bearing yang berbeda - beda diatas disesuaikan dengan besarnya beban yang ditanggung dan juga arah gaya yang bekerja pada bearing tersebut.

Arah dan besarnya gaya yang bekerja pada bearing akan menentukan jenis bearing yang dipilih.

Busi : Fungsi, Komponen Dan Cara Kerjanya

Busi : Fungsi, Komponen Dan Cara Kerjanya - Busi merupakan salah satu komponen sistem pengapian yang dipasang pada mesin dengan ujung elektrode busi berada di dalam ruang bakar.
Busi

Fungsi Busi Pada Sistem Pengapian


Dalam sistem pengapian busi berfungsi untuk memercikkan bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi, sehingga terjadi langkah usah.

Busi merupakan komponen yang sangat vital pada sistem pengapian, biasanya busi diganti secara periodik kurang lebih setiap 20.000 KM. Setiap mobil di tune up maka busi biasanya juga diperiksa dan dibersihkan, ini untuk menjaga agar peran busi pada sistem pengapian tetap maximal.

Ada beberapa akibat jika busi tidak bekerja dengan baik, sudah jelek atau rusak (mati), diantaranya mesin pincang, mbrebet, tidak bertenaga, mesin sering mati sendiri, sulit hidup. Dan jika dikaitkan dengan emisi gas buang maka kandungan HC akan meningkat karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna.

Komponen - Komponen Pada Busi

Komponen - Komponen Busi

1. Connection (Terminal)
Terminal ini dirancang dengan jenis koneksi SAE atau ulir 4mm. Kabel pengapian atau kabel koil disambungkan ke konekstor ini. Pada saat terbentuk tegangan tinggi maka tegangan harus bisa dialirkan menuju ke ujung busi (elektroda busi).

2. Insulator
Insulator ini terbuat dari keramik yang memiliki dua fungsi. Fungsi utamanya adalah sebagai insulasi yaitu mencegah flashover (meloncat) tegangan tinggi ke massa (minus), dan berfungsi untuk membantu mengalirkan panas pada kepala silinder. Insulator terbuat dari porselen alumunium murni yang mempunyai daya tahan panas tinggi, kekuatan mekanikal, kekuatan dielektrik pada temperatur tinggi dan menghantar panas (thermal conductivity).

3. Creepage Current Barriers
Gelombang yang dibuat pada permukaan insulator keramik (Creepage current barriers) berguna untuk memperpanjang jarak permukaan antara terminal (Connection) dan massa (Metal Case) hal ini untuk mencegah terjadinya loncatan bunga api tegangan tinggi. Sehingga arus listrik dapat dipastikan mengalir melalui jalur elektroda tengah tanpa mengalami kebocoran arus ke massa.

4. Interference Suppression
Interference suppression dibuat untuk memastikan kompatibilitas elektromagnetik (EMC) hal ini berfungsi mengurangi gangguan frekwensi radio dan merapatkan bagian tengah elektronika sehingga terhindar dari kebocoran arus, gelas (glass melt) digunakan di bagian tengah elektroda busi untuk menghindari kebocoran udara serta mengikat poros tengah dengan elektroda tengah.

5. Middle Electrode (Elektroda Tengah)
Bagian elektroda tengan busi terbuat dari paduan nikel. Dari ujung elektroda ini arus meloncat ke elektroda masa (earth electrode) agar terjadi loncatan bunga api. Elektroda tengah memiliki inti dari bahan tembaga untuk meningkatkan kemampuan disipasi (pelepas/perambat) panas saat busi bekerja dalam perubahan temperatur yang drastis.

6. Metal Case (Casing Besi)
Casing berfungsi untuk menyangga insulator keramik dan sebagai mounting (dudukan untuk memasang) busi pada mesin. Casing atau wadah busi ini memiliki peran penting dalam membantu proses perambatan panas busi.

7. Seal Ring (Cincin Perapat)
Seal ring mencegah kebocoran gas pembakaran pada tekanan yang sangat tinggi saat terjadi langkah kompresi dan pembakaran didalam ruang bakar. Selain itu, seal ring membantu merambatkan panas busi ke kepala silinder.

8. Inner Seals (Perapat Pusat)
Inner Seal berfungsi untuk mengunci sambungan antara insulator dengan casing (metal case). Pada bagian ini, sebuah cincin pengikat (talcum ring) dibantu oleh dua cincin tambahan sebagai pengunci dalam mempererat ikatan antara insulator dengan casing, sehingga mampu mencegah kebocoran gas. Walaupun busi mengalami keretakan, namun inner seal akan memberikan ikatan yang optimal dalam mencegah kebocoran gas.

9. Earth Electrode (Elektroda Masa)
Elektroda masa dibuat dari bahan yang sama dengan elektroda tengah yaitu paduan nikel. Pada beberapa tipe busi, elektroda masa dibuat dengan alur berbeda, ada yang dibuat alur U (U Groove), alur V (V Groove) dan alur-alur khusus lainnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan loncatan bunga api sehingga mampu meningkatkan kemampuan pengapian/pembakaran campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar.

Cara Kerja Busi Pada Sistem Pengapian

Busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan volt yang dihasilkan oleh ignition coil (koil pengapian). Saat koil pengapian menghasilkan tegangan listrik maka elektroda pada busi yang berada di tengah dan elektroda massa (eart electrode) akan timbul beda tegangan.

Saat ini arus listrik belum mengalir, hal tersebut karena campuran bensin dan udara bertekanan yang berada di celah busi bersifat isulator (tidak dapat melakukan perpindahan arus listrik).

Saat perbedaan tegangan antara kedua elektroda busi semakin besar maka dapat menyebabkan struktur gas di antara kedua elektroda busi tersebut berubah. Dan saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik daripada gas yang ada, maka gas - gas tersebut mengalami ionisasi dan yang tadinya bersifat insulator berubah menjadi konduktor

Setelah ini terjadi, arus electron dapat mengalir, dan dengan mengalirnya electron, suhu dicelah percikan busi naik drastis mencampai 60.000 K. suhu yang sangat ringgi ini membuat gas yang telah terionisasi memuai dengan cepat  seperti ledakan kecil, inilah percikan busi yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir.

Pantai Baron Gunung Kidul Jogja - Gambar, Harga Tiket Masuk, Lokasi + Rute





Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Gunung Kidul merupakan Kabupaten di Yogyakarta yang terkenal memiliki deretan pantai indah dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

Bagi sebagian wisatawan, Pantai yang memiliki pemandangan indah di Gunung Kidul adalah Pantai Indrayanti.

Ya, Pantai Indrayanti memang memiliki pemandangan yang sangat mempesona dan namanya sudah sangat terkenal.

Namun, selain pantai Indrayanti, di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta terdapat pantai yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Baron.

Daya Tarik Pantai Baron Gunung Kidul

Tanyawisata.com

Pantai Baron memiliki karakteristik pasir coklat kehitaman mirip dengan Pantai Parangtritis, selain itu ombak di Pantai Baron juga terbilang cukup besar walaupun bentuknya menyerupai teluk.

Pantai Baron ini bisa dibilang sebagai salah satu pantai unik di Jogja karena di tempat wisata ini kamu bisa menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai.

Tak sekedar aliran sungai biasa, aliran sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron dimana langsung mengalir ke arah laut.

Uniknya, setiap lima tahun sekali aliran sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir ke timur terlebih dahulu (membelah pasir pantai) sebelum bermuara di laut.

Initempatwisata.com

Selain menjadi tempat wisata favorit di Jogja, kawasan wisata Pantai Baron juga menjadi pusat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Gunung Kidul.

Jadi jangan heran jika kamu memasuki area kawasan wisata Pantai Baron akan terdapat banyak sekali perahu nelayan yang terparkir.

Tak hanya itu saja, di Pantai Baron juga menjadi salah satu tempat untuk berburu kuliner di Jogja.

Di tempat wisata Gunung Kidul yang satu ini terdapat banyak sekali warung makan yang berjejer menawarkan berbagai macam menu.

Panduanwisatajogja.com

Makanan di kawasan Pantai Baron lebih di dominasi oleh seafood.

Jadi tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu pecinta masakan laut seperti ikan, kepiting, lobster, dan udang.

Keindahan Pantai Baron Gunung Kidul

Garispantai.com

Pemandangan di Pantai Baron cukup indah, terutama jika kamu naik di tebing sebelah timur pantai.

Dari atas tebing tersebut kamu bisa melihat seluruh kawasan Pantai Baron.

Lebih menariknya lagi, di atas tebing ini juga terdapat sebuah mercusuar.

Liburmulu.com

Dari atas mercusuar tersebut kamu bisa melihat Pantai Baron yang terlihat kecil dengan perbukitan di sekelilingnya.

Jika kamu melihat ke arah timur, kamu akan melihat deretan pantai lainnya, terutama Pantai Kukup yang hanya dipisahkan oleh tebing karst saja.

Selain itu, di tebing sebelah kiri Pantai Baron juga sudah dilengkapi dengan beberapa spot foto gardu pandang.

Seperti gardu pandang berbentuk ujung kapal dan bentuk LOVE yang tentunya akan membuat hasil fotomu terlihat semakin keren.

Datawisata.com

Tebing atau bukit di sebelah timur Pantai Baron ini juga biasa digunakan sebagai jalur trekking dan camp ground.

Jadi bagi kamu yang ingin menginap bisa mendirikan tenda di atas bukit ini.

Tidak hanya tebing sebelah timur saja yang menarik untuk dikunjungi, tapi tebing yang berada di sebelah barat juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Di tebing sebelah barat terdapat sebuah tempat yang digunakan sebagai lokasi pembangkit listrik dengan tenaga alam bernama Baron Techno Park.

Brobali.com

Untuk menuju ke Baron Techno Park ini kamu bisa melalui jalur tepat sebelum pos retribusi Pantai Baron.

Di situ terdapat pertigaan jalur menanjak, dan ikuti saja jalur tersebut hingga kamu sampai di lokasi.

Atau agar tidak tersesat, kamu bisa bertanya kepada petugas pos retribusi mengenai lokasi Baron Techno Park tersebut.

Di Baron Techno Park kamu akan menemukan berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk mengubah tenaga surya menjadi listrik.

Seperti panel surya (solar cell) hingga jam matahari yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dengan cahaya matahari.

Selain itu, di Baron Techno Park juga sangat cocok untuk menghabiskan senja disekitar Pantai Baron.

Visitingjogja.com

Fasilitas Di Pantai Baron

Tempat wisata Pantai Baron juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yang kian memanjakan pengunjung nya. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah:
  • Camp Ground
  • Gardu Pandang
  • Mercusuar
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Dan masih banyak lagi,

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

  • Tiket Masuk: Rp 10.000/orang
  • Mercusuar: Rp 5.000/orang
  • Motor: Rp 2.000
  • Mobil: Rp 5.000
  • Naik ke atas bukit: retribusi seikhlasnya

Akomodasi / Penginapan

Disekitar Pantai Baron sudah terdapat beberapa penginapan, untuk lebih jelas mengenai lokasinya kamu bisa bertanya kepada pemilik warung atau warga sekitar.

Namun jika kamu ingin yang lebih murah, kamu bisa camping di bukit sebelah timur pantai.

Brobali.com

Alamat Lokasi Pantai Baron

  • Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • 60 Km dari pusat kota Yogyakarta
  • 60 Km dari stasiun Lempuyangan
  • 56 Km dari Bandara Internasional Adisucipto

Akses Dan Rute Menuju Pantai Baron

Akses menuju Pantai Baron cukup mudah dan dapat ditempuh menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

√ Transportasi Umum

Apabila kamu menggunakan transportasi umum, dari terminal Giwangan kamu tinggal naik bus jurusan Jogja-Wonosari, lalu dilanjutkan dengan naik mini bus yang melewati Pantai Baron.

√ Kendaraan Pribadi

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja kamu tinggal menuju ke arah Wonosari saja, disana sudah terdapat banyak sekali petunjuk arah menuju Pantai Baron, tinggal ikuti saja petunjuk arah tersebut.

Atau untuk lebih memudahkan perjalanan mu supaya tidak tersesat, kamu bisa menggunakan peta petunjuk arah dari google map yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Peta & Petunjuk Menuju Pantai Baron