Minggu, 24 November 2019

Suka Solo Traveling? 5 Manfaat Baik Ini Akan Kamu Dapatkan Hanya Dari Solo Traveling

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

Siapa nih yang suka traveling tapi nggak mau ribet? Coba deh sesekali mencoba untuk solo traveling!

Selain bisa untuk melepas penat, solo traveling juga akan memberikan kebebasan diri untuk mengeksplorasi hal-hal baru di luar sana secara puas, lho.

Solo traveling semakin populer dengan didukungnya berbagai penelitian yang cukup menarik.

Ada salah satu penelitian yang menemukan fakta bahwa kepuasan secara pribadi adalah hal yang dicari dari kegiatan solo traveling.

Banyak yang memilih untuk liburan sendiri bukan karena mereka tidak butuh teman atau keluarga.

Tetapi, karena mereka membutuhkan waktu untuk menikmati hidup sambil mengeksplor hal-hal baru secara bebas sesuai dengan passionnya sendiri.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apa sih manfaat yang bisa didapat dari solo traveling?

Nah, berikut ini 5 manfaat yang bakal kamu dapatkan dari solo traveling. Generasi milenial, simak yuk!


1. Fleksibilitas Saat Traveling Hanya Milikmu Seorang

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

Sudah jelas ya, saat solo traveling kamu lah kaptennya. Kamu memiliki fleksibilitas baik waktu maupun kepentingan.

Dengan solo traveling, sahabat Kenzie bisa bebas menyusun atau melaksanakan itinerary yang sudah kamu buat sebelum traveling, pergi ke tempat yang kamu suka tanpa memikirkan kesukaan orang lain.

Berbeda jika kamu bepergian dengan orang lain. Jangankan melakukan hal yang disukai, menyusun itinerary pun kamu harus memikirkan kepentingan orang lain.

2. Menjalin Koneksi Baru

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

Salah satu keuntungan dari solo traveling adalah kamu bisa mendapatkan teman baru.

Kenapa? Karena saat kamu liburan bersama teman atau kaluarga, selama liburan kamu akan lebih terfokus dengan mereka.

Misalnya, saat sahabat Kenzie berada di suatu daerah yang mungkin belum kamu ketahui, kamu bisa bertanya kepada sesama traveler atau orang lokal.

Kondisi ini akan menuntut gan/sist untuk berinteraksi lebih banyak dengan orang-orang baru.

Siapa tahu pertemanan kalian bisa berlanjut sampai setelah traveling.

Selain itu, solo traveling juga memungkinkan kamu untuk mengenal budaya baru saat traveling.

3. Bisa Bebas Berekspresi

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

Manfaat lain yang bakal sahabat Kenzie dapatkan dari solo traveling adalah kebebasan dalam berekspresi.

Misalnya, jika sahabat Kenzie biasanya terkesan malu-malu kucing nih kalau mau foto, nah dengan solo traveling kamu bisa bebas berselfie ria ditempat yang kamu inginkan tanpa malu-malu dengan orang lain.

Dengan kata lain, solo traveling bisa membantu kamu melepas emosi dan perasaan selama liburan.

4. Bisa Belajar Lebih Berani dan Percaya Diri

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

Saat sahabat Kenzie melakukan traveling bersama teman, pasti kamu lebih mengandalkan temanmu pada saat mengalami berbagai kesulitan.

Memang sih liburan bersama teman bisa lebih tenang, karena saat kamu mengalami kesulitan, kamu bisa saja langsung meminta tolong kepada temanmu.

Tapi, sebenarnya kebiasaan ini bisa membuatmu tidak mandiri dan tidak percaya diri, lho.

Nah, dengan solo traveling, sahabat Kenzie bisa mengukur sampai dimana kemampuan yang kamu miliki dalam menyelesaikan berbagai masalah yang sedang kamu hadapi.

Selain itu, solo traveling juga akan membuat kamu untuk bisa lebih mengembangkan keberanian dan kepercayaan diri disaat kamu pergi ditempat baru.

5. Dan Pastinya, Lebih Hemat Dong

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, manfaat solo traveling

Tidak mau boros saat traveling? Coba deh melakukan solo traveling!

Banyak yang meyakini bahwa melakukan solo traveling adalah salah satu cara untuk menjaga isi dompet saat liburan, lho.

Kenapa? Jawabannya simpel, karena dengan solo traveling kamu hanya memikirkan kebutuhanmu seorang saja.

Salah satu contoh adalah dalam memilih penginapan.

Saat sahabat Kenzie liburan bersama teman, kamu harus mempersiapkan budget untuk menginap sesuai dengan keinginan teman.

Tapi, saat kamu solo traveling, kamu bisa dengan bebas memilih penginapan yang paling murah sekalipun tanpa harus memikirkan kepentingan orang lain.


Itulah 5 manfaat penting yang bakal sahabat Kenzie dapatkan dengan solo traveling.

Jadi gimana, masih ragu untuk melakukan solo traveling? Banyak lho manfaatnya.

Jadi, buang jauh-jauh semua keraguanmu, ya!

Sabtu, 23 November 2019

Tak Kalah Seru! 4 Tempat Wisata di Sekitar Candi Borobudur, Magelang, Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Magelang, wisata sekitar borobudur, obyek wisata magelang, obyek wisata sekitar candi borobudur,
Jejak Kenzie

Ada rencana mau mengajak keluarga liburan ke Candi Borobudur, Magelang?

Jangan lupa ajak juga untuk menjelajah ke beberapa spot wisata seru di sekitarnya, ya!

Berstatus sebagai candi terbesar dan salah satu keajaiban dunia, membuat Candi Borobudur tidak pernah sepi akan pengunjung yang penasaran untuk melihat kemegahannya secara langsung.

Tak jarang, Candi Borobudur menjadi pilihan favorit bagi para keluarga untuk dijadikan destinasi liburan mereka di akhir pekan.

Selain karena kemegahannya, Candi Borobudur juga menyimpan banyak sejarah sehingga tidak meninggalkan sisi edukasi.

Meski Candi Borobudur menarik banyak wisatawan untuk berdatangan, sayangnya tak banyak yang tau bahwa di sekitar Candi Borobudur juga ada beberapa spot wisata yang tak kalah menariknya untuk dijelajahi.

Mulai dari taman wisata keluarga hingga spot wisata yang kekinian dan instagramable bisa kamu temukan di sekitar Candi Borobudur.

Sebagai referensi, berikut ini ada rekomendasi 4 spot wisata seru disekitar Candi Borobudur yang menarik untuk dijelajahi bersama keluarga tercinta.


1. Taman Kyai Langgeng

Taman kyai langgeng, gambar taman kyai langgeng, wahana kyai langgeng, alamat taman kyai langgeng, lokasi taman kyai langgeng, htm taman kyai langgeng, tempat wisata sekitar candi borobudur, candi borobudur
KasKus.co.id/@kenzie16465
Berkunjung ke Magelang, tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Taman Kyai Langgeng.

Sebuah taman wisata keluarga yang memiliki luas hingga 27,36 hektar ini menawarkan pesona alam dengan deretan koleksi pohon langka dan setengah langka di dalamnya.

Taman Kyai Langgeng sangat pas buat kamu yang ingin mengajak keluarga untuk seru-seruan setelah dari Candi Borobudur.

Di dalamnya, terdapat berbagai wahana permainan, wisata petualangan, edukasi, wahana bermain air, dan wisata religius.

Untuk fasilitas penunjang kenyamanan, Taman Kyai Langgeng sudah menyediakan area parkir yang sangat luas dan rindang, toilet yang bersih, warung makan, toko souvenir, serta akses internet Wi-Fi.

2. Gereja Ayam

Tempat wisata sekitar candi borobudur magelang, gereja ayam, gambar gereja ayam magelang, lokasi gereja ayam, htm gereja ayam, harga tiket masuk gereja ayam magelang,
KasKus.co.id/@kenzie16465
Selanjutnya, ada spot wisata yang cukup unik nih, namanya Gereja Ayam.

Meski namanya Gereja Ayam, tapi sebenarnya gereja ini berbentuk burung merpati, lho.

Bangunan ini sebelumnya sempat menjadi tempat tinggal warga sebelum akhirnya menjadi rumah doa bagi siapapun yang membutuhkannya tanpa memandang agama.

Selain itu, Gereja Ayam juga sempat digunakan sebagai pusat rehabilitasi untuk anak-anak cacat, pecandu narkoba, serta orang yang memiliki kelainan jiwa.

Sayang, pembangunannya sempat terbengkalai sehingga Gereja Ayam terlihat seperti bangunan yang tidak terurus.

Meski demikian, Gereja Ayam sangat menarik untuk dikunjungi karena tempatnya yang eksotis dan instagramable.

Kini, Gereja Ayam sudah mulai eksis lewat foto-foto yang berseliweran di media sosial.

Keeksisannya semakin meningkat setelah tempat ini dijadikan sebagai lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Menarik bukan?

3. The Lost World Castle

The Lost World Castle, harga tiket masuk The Lost World Castle, lokasi The Lost World Castle, gambar The Lost World Castle, htm The Lost World Castle, wisata magelang
Instagram.com/lisamade35
Berlokasi di kawasan Kaliurang, Sleman, The Lost World Castle berpadu dengan latar belakang lereng Gunung Merapi yang memanjakan mata.

Sesuai dengan namanya, The Lost World Castle yang menempati lahan seluas 1,3 hektar ini menawarkan tempat rekreasi berupa istana yang megah.

The Lost World Castle, harga tiket masuk The Lost World Castle, lokasi The Lost World Castle, gambar The Lost World Castle, htm The Lost World Castle, wisata magelang
Instagram.com/ephework
Di sini, kamu bisa mengabadikan foto dengan latar belakang keindahan alam khas pegunungan dari atas benteng.

Atau kamu bisa ajak keluargamu berpose layaknya keluarga kerajaan yang menguasai kastil tersebut.

4. Camera House Borobudur

Borobudur Camera House, harga tiket masuk Borobudur Camera House, gambar Borobudur Camera House, lokasi Borobudur Camera House, alamat Borobudur Camera House, htm camera house borobudur
Instagram.com/safaamelia77
Tidak hanya taman hiburan, wisata budaya, dan keluarga saja yang bakal kamu temui di sekitar Candi Borobudur.

Jika kamu kulik lebih dalam lagi, terdapat spot wisata unik dan modern dan tentunya instagramable banget, yakni Camera House.

Borobudur Camera House, harga tiket masuk Borobudur Camera House, gambar Borobudur Camera House, lokasi Borobudur Camera House, alamat Borobudur Camera House, htm camera house borobudur, pak tanggol, wisata magelang
Instagram.com/camerahouseselfie
Berlokasi di Magelang, Camera House merupakan sebuah rumah berbentuk kamera DSLR berukuran besar yang didalamnya terdapat ruang pameran foto karya Pak Tanggol, sang pemilik tempat wisata ini.

Disini kamu bisa berpose dengan latar belakang rumah yang instagenic ini, atau kamu bisa mengambil background keindahan alam dari atas bangunan.


Itulah rekomendasi 4 spot wisata disekitar Candi Borobudur yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Tunggu apa lagi? Segera ajak keluarga untuk menjelajah tempat-tempat wisata yang menarik di Magelang! Seperti 4 tempat wisata diatas.

Jumat, 22 November 2019

Fungsi Spooring Mobil Dan Balancing

Fungsi Spooring Mobil Dan Balancing - Kenyamanan berkendara merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki sebuah kendaraaan. Karena berhubungan dengan keamanan (safety) untuk pengendara / penumpang, serta kendaraan itu sendiri terhadap kendaraan lain, agar terbentuknya keadaan regulasi lalu lintas yang baik. 

Salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam kendaraan adalah kondisi steering / kemudi kendaraan. Keadaan kenyamanan kemudi (steering) sangat tergantung pada kondisi dari penyetelan roda-roda, baik roda depan ataupun roda belakang (wheel alignment). 
Spooring

Fungsi Spooring Balancing Pada Mobil


Spooring

Spooring adalah untuk menyelaraskan antara roda kanan dan kiri. Kestabilan antara ban pada mobil ini sangat bermanfaat apalagi pada saat mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi. Pemakaian kendaran dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan perubahan kondisi dari komponen roda depan, sehingga memerlukan perawatan secara rutin agar kondisi ban dan komponen steering lebih tahan lama serta pengendara lebih nyaman.

Untuk jangka waktu pemeliharaan spooring adalah sekitar setiap 15000 km atau 4 bulan. Yang diselaraskan penempatan atau alignmentnya adalah Camber, Caster dan Toe. Fungsi spooring sendiri adalah untuk menjaga stabilitas kendaraan meliputi :
  • Kemudi yang ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas. 
  • Selain itu, apabila perawatan yang rutin akan mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-joint dan ban/roda.
  • Untuk syarat kendaraan dilakukan pekerjaan spooring diantaranya harus keadaan kaki-kaki kendaraan dalam kondisi yang normal. 

Balancing

Roda adalah salah satu komponen kendaraan yang menopang berat kendaraan. Roda terdiri dari ban dan pelek. Ban juga mengikuti perubahan arah gerak kendaraan mengikuti putaran roda kemudi. Selain itu ban juga berfungsi meredam getaran dari jalan. Keausan ban sangat dipengaruhi oleh fungsi dari suspensi, steering dan penyetelan front wheel alignment.

Sehingga ban dan pelek menjadi komponen yang mempunyai fungsi vital dalam kendaraan. Kondisi ban juga sangat mempengaruhi kenyamanan pengendara. Ban dan pelek akan mengalami perubahan kualitas dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan medan dan cara penggunaan kendaraan. Roda dan ban harus balance (seimbang) agar tidak terjadi getaran.

Saat roda berputar, terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda dan ban dimana sejumlah gaya tertarik keluar dari ban. Gaya ini semakin menguat saat rotasi roda semakin cepat. Jika massa sudah merata ke seluruh roda dan ban (tidak ada titik berat), gaya akan seimbang maka gaya sentrifugal tidak akan memiliki efek hambatan.

Jika ban memiliki titik berat maka ban akan tidak seimbang (unbalance) dimana gaya sentrifugal lebih besar pada salah satu titik ban yang akan menarik gaya yang kuat saat ban berputar. Ini akan membuat roda dan ban bergerak ke atas dan ke bawah atau dari sisi satu ke sisi yang lainnya (oblak). Sehingga pengendara akan merasakan goncangan atau getaran akibat roda yang tidak balance.

Jadi balancing berfungsi untuk membuat roda depan dan belakang menjadi parallel. Seiring dengan waktu pemakaian. Untuk menjaga agar roda dalam keadaan seimbang membutuhkan perawatan balancing supaya dalam berkendara lebih nyaman dan pengemudi tidak mengalami kelelahan. Proses balancing dilakukan dengan cara melepas roda dan memutar pada alat balancing. Proses ini ada keterbatasan akurasinya.
Balancing Roda & Ban

Pada kecepatan yang tinggi (biasanya orang berpatokan pada kecepatan lebih dari 100 km/jam) apabila dirasa getar maka proses yang dilakukan adalah Finish Balance. Kemudian alat akan menunjukkan seberapa besar beban yang harus diberikan pada roda agar roda kembali menjadi balance.

Caranya bagian yang lebih ringan ditambahkan bobotnya dengan timah (weight balance) sesuai dengan beban yang dibutuhkan. Weight balance dipasang pada pelek roda sedemikian agar pendistribusian bobot pada roda lebih merata.
Weight Weight / Timah Balance

Semakin merata semakin bagus, tentu saja timah yang dipasang seoptimal mungkin tidak terlalu banyak karena jika timah dipasang telampau banyak nantinya roda malah keberatan timah. Dan untuk masalah velg yang tidak bundar sempurna sudah tidak bisa walau sudah ditambahkan timah, yang penting jika terdapat benjolan tidak terlalu parah masih bisa.

Lingkaran yang "sempurna" kalau diputar pada porosnya seharusnya akan terlihat seakan-akan diam. Sayangnya ban (tire) termasuk velg tidak bundar sempurna, ditambah lagi kepadatan material di ban (tire) dan velg tidak sempurna.

Sehingga kalau diputar pada porosnya akan bergerak naik-turun atau kiri-kanan dan gerakain ini akan kita rasakan sebagai getaran. Proses ini setelah ban dibalance biasa terjadi, selanjutnya ban dipasang pada mobil dan diputar pada mobil untuk diatur keseimbangan total. 

Kemudian akan diketahui titik-titik berat pada roda yang mengakibatkan roda tidak balance. Dalam hal ini yang turut mempengaruhi adalah bearing roda, hub roda bahkan lugnut atau mur roda pun juga ikut terputar.

Rabu, 20 November 2019

Baru Pertama Kali Solo Traveling? Ini 5 Barang Yang Nggak Boleh Kamu Lupain

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

Ingin liburan tapi gak ada teman yang bisa kamu ajak? Dari pada sahabat Kenzie bingung, lebih baik solo traveling aja!

Dengan solo traveling kan sahabat Kenzie bisa bebas memilih destinasi liburan sesuai dengan keinginanmu. Betul?

Selain menawarkan kebebasan, solo traveling juga bakal membuat kamu menjadi pribadi yang mandiri dan berani, serta meningkatkan kepercayaan diri yang kamu miliki.

Karena, selama perjalanan kamu bakal menjumpai hal-hal baru dan orang-orang baru.

Jadi, solo traveling juga bisa menjadi sarana untuk membangun koneksi baru. Seru kan?

Nah, agar perjalananmu lancar, ada beberapa yang perlu sahabat Kenzie siapkan jika memutuskan untuk solo traveling, termasuk barang bawaan.

Ada beberapa barang yang perlu kamu bawa, baik untuk kebutuhan maupun untuk menunjang kenyamananmu selama solo traveling.

Sebagai referensi, berikut ada 5 barang yang wajib sahabat Kenzie bawa jika memutuskan untuk solo traveling, terlebih untuk kamu yang baru pertama kali.

Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Backpack/Ransel

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

Untuk menjalani solo traveling, kamu membutuhkan tas yang mampu menampung banyak perlengkapan, mulai dari pakaian hingga makanan.

Dalam kondisi ini, backpack atau tas punggung adalah pilihan yang tepat.

Saat memilih backpack yang akan kamu gunakan pun kamu harus menyesuaikannya dengan lama perjalanan yang akan kamu tempuh.

Misalnya, jika kamu akan melakukan solo traveling selama 1-2 hari, maka tas punggung atau ransel yang cocok adalah yang berkapasitas 20-50 liter.

Sedangkan apabila kamu akan melakukan solo traveling selama lebih dari 4 hari, maka ransel yang sesuai adalah yang berkapasitas 80 liter atau lebih, sehingga mampu menampung semua kebutuhan yang kamu perlukan selama perjalanan.

2. Smartphone

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata

Smartphone merupakan benda vital yang tidak boleh ketinggalan saat solo traveling.

Apalagi dengan segala fitur canggih yang dihadirkan smartphone sekarang ini, dapat membantu kamu ketika solo traveling.

Seperti fitur maps yang bisa membantu kamu menunjukkan jalan, penggunaan kamus untuk proses translasi, kamera untuk mengabadikan setiap momen, dan yang paling penting adalah fitur browsing.

Dengan fitur browsing atau Googling, kamu bisa mencari banyak informasi secara instan kapanpun dan dimanapun.

3. Travel Guide Book

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, guide book, travel guide book

Kan udah ada smartphone, kenapa masih harus membawa guide book?

Bukankah segala panduan dan informasi bisa ditemukan dengan Googling?
Kenapa guide book penting?

Karena tidak selamanya kamu dapat mengakses internet di destinasi wisata.

Sehingga kehadiran buku panduan wisata atau travel guide book bakal sangat krusial.

4. Sandal Gunung

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, sandal gunung, sandal traveling

Apabila sahabat Kenzie adalah penggemar segala aktifitas yang berfokus pada tantangan dan petualangan seperti trekking ke hutan, menyusuri goa, hiking ke gunung, rafting di sungai, maka kamu membutuhkan sandal gunung.

Tentunya untuk menunjang kenyamanan saat berjalan di medan yang curam, licin dan tidak rata.

Sehingga, kaki tetap terasa nyaman, bebas pegal, pijakan tidak selip, dan tentunya menghindari ancaman cidera.

Namun, bagaimana jika destinasi wisatamu berada di perkotaan? Tenang saja, sandal gunung tetap nyaman dan modis buat kamu pakai berwisata di kota, kok.

5. Headset

Tips traveling, solo traveling, tips solo traveling, traveling, wisata, tips wisata, headset, properti elektronik, smartphone

Dan yang terakhir, barang yang tidak boleh kamu lupakan saat solo traveling adalah headset.

Kenapa? Karena terkadang pikiran dan tubuh nggak selaras ketika sudah berada di atas kasur.

Musik menjadi salah satu cara untuk kamu berhibernasi, sehingga mendengarkan musik adalah pilihan yang tepat untuk menyatukan tubuh dan pikiran ketika berada di atas tempat tidur.


Itulah 5 barang yang nggak boleh kamu lewatkan jika memutuskan untuk solo traveling.

Selain bisa merasakan kebebasan, dengan solo traveling kamu akan mendapatkan hal-hal baru yang tentunya akan membuat pikiranmu kembali fresh, lho.

Selasa, 19 November 2019

Jenis - Jenis Kopling (Clutch) Pada Kendaraan

Jenis - Jenis Kopling (Clutch) Pada Kendaraan - Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga secara halus dari mesin ke transmisi melalui gesekan antara plat kopling dengan fly wheel dan plat penekan. Kekuatan gesekan diatur oleh pegas penekan yang dikontrol oleh pengemudi melalui mekanisme penggerak kopling. Kopling pada kendaraan memiliki sekali model / jenis.

A. Jenis Kopling Berdasarkan Cara Kerjanya


1. Kopling Gesek (Friction Clutch)

Dinamakan kopling gesek (Friction Clutch) karena untuk melakukan pemindahan daya dengan memanfaatkan gaya gesek yang terjadi antara bagian penggerak dengan yang akan digerakan.  Gaya gesek juga digunakan untuk kopling pada posisi terhubung atau terputus.

Konsep kopling ini banyak dipergunakan pada sistem pemindah tenaga kendaraan, khususnya pada kendaraan ringan seperti, sedan dan mobil penumpang lainnya. Kopling gesek yang digunakan pada mobil merupakan tipe kopling kering, dinamakan kopling kering karena pelat kopling tidak terendam dengan oli mesin.

Macam - Macam Kopling Gesek (Friction Cltutch)

Kopling gesek ditinjau berdasarkan bentuk clutch covernya :

a. Kopling pegas diafragma (diaphragm spring clutch) 
Kontruksi kopling yang menggunakan clutch cover tipe pegas diafragma

Kopling pegas diafragma lebih dikenal dengan nama kopling diafragma, sebab clutch cover atau rumah koplingnya menggunakan pegas diafragma. Pegas ini berbentuk seperti piringan, dengan bagian tengahnya dibelah - belah seperti sirip.

Untuk konstruksi lainnya tetap sama seperti jenis kopling mobil lainnya yaitu, adanya pressure plate atau plat tekan dan kampas kopling. Karena pegasnya yang hanya satu , kondisi penekanan pegas ke plat tekan akan selalu sama, walaupun kondisi pegasnya sudah melemah.

Akibatnya penekanan plat tekan ke kampas kopling akan merata, sehingga terhindar dari kemungkinan selip. Kelemahan dari kopling tipe ini adalah tidak dapat memberikan tekanan yang lebih kuat dibanding tipe kopling mobil coil spring, sebab jumlah pegas yang hanya satu. Untuk itu kopling ini hanya cocok untuk mobil berbeban ringan seperti sedan.

b. Kopling pegas koil (coil spring clutch) 
Kontruksi kopling yang menggunakan clutch cover tipe pegas koil

Kopling pegas koil (coil spring clutch) / kopling pegas spiral menggunakan pegas tipe koil / spiral untuk konstruksi rumah koplingnya. Untuk komponen lainnya tetap sama yaitu menggunakan kampas kopling dan plat tekan. Pegas kopling tipe ini sangat banyak, tergantung pada ukurannya.

Pegas kopling yang banyak ini membuat kekuatan pegasnya sangat kuat untuk menekan, untuk itulah tipe ini sangat cocok digunakan untuk mobil dengan daya angkut berat, seperti truk. Tapi kelemahan tipe ini adalah pegas yang banyak ini jika ada satu pegas lemah atau patah dapat membuat kopling jadi mudah selip. Tetapi selama kondisi semua pegas bagus, maka penekannya tetap rata dan sangat kuat.

Kopling gesek ditinjau berdasarkan bentuk bidang geseknya :

a. Kopling pelat tunggal (Single-plate clutch)
Pelat kopling tunggal tipe diafragma spring

Kopling pelat tunggal adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk piringan / disk yang hanya menggunakan satu piringan kopling, Kopling gesek pelat tunggal banyak digunakan pada kendaraan ringan seperti mobil. 

Komponen - komponen kopling gesek pelat tunggal secara bersamaan membentuk rangkaian kopling / kopling set (clutch assembly).

b. Kopling pelat ganda (Double plate clutch)
Kopling pelat ganda

Kopling pelat ganda adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk piringan / disk yang menggunakan lebih dari satu piringan kopling. Konstruksi kopling gesek pelat ganda menggunakan dua jenis plat, yaitu plat gesek dan pelat kopling. Plat gesek tanpa lapisan kanvas, seluruhnya dari logam.

Sedangkan pelat kopling pada bagian yang bersentuhan dengan pelat gesek dilapisi dengan kanvas pada kedua sisinya. Jumlah dan lebar pelat sangat ditentukan besarnya tenaga yang akan dipindahkan.

d. Kopling pelat banyak (Multi-plate clutch)
Kopling pelat banyak (Multi-plate clutch)

Kopling plat banyak adalah suatu kopling yang terdiri dari plat gesek (friction plate) dan plat yang digerakkan (plain plate) lebih dari satu pasang.

e. Kopling konis (cone clutch)
Kopling Konis

Kopling konis adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk konis (kerucut). Kopling jenis dog banyak dipergunakan pada mekanisme hubungan roda gigi transmisi. Untuk menghubungkan antara poros sumber tenaga dengan poros yang digerakan biasanya kopling ini mengalami kesulitan bila tidak dalam kondisi ber-henti.

Untuk itu pada transmisi dilengkapi dengan komponen yang disebut dengan synchronmesh. Synchronmesh pada dasar nya adalah salah satu bentuk kopling gesek dengan bentuk konis. Kopling konis ini akan menyamakan gerak kedua gigi yang akan dihubungkan, sehingga kopling dog akan mudah disambungkan.

2. Kopling Magnet

Konstuksi unit kopling magnet

Dinamakan kopling magnet karena untuk melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan gaya magnet. Magnet yang digunakan adalah magnet remanent yang dibangkitkan dengan mengalirkan arus listrik ke dalam sebuah lilitan kawat pada sebuah inti besi.

Listrik yang dibangkitkan atau tersedia dikendaraan adalah listrik arus lemah sehingga magnet yang dibangkitkan tidak cukup kuat untuk dijadikan sebagai kopling pemindah daya utama. Kopling jenis ini kebanyakan hanya  digunakan sebagai kopling pada kompresor air conditioner (AC).

3. Kopling Satu Arah (one way clutch/ free wheeling clutch/ over runing clutch)

Kopling satu arah merupakan kopling otomatis yang memutus dan menghubungkan poros penggerak (driving shaft) dan yang digerakkan (driven shaft) tergantung pada perbandingan kecepatan putaran sudut dari poros - poros tersebut.

Jika kecepatan driving lebih tinggi dari driven, kopling bekerja menghubungkan driving dan driven. Jika kecepatan driving lebih rendah dari driven, kopling bekerja memutuskan driving dan driven. Ada dua jenis one way clutch yakni sprag type dan roller type.

4. Kopling Otomatis (Automatic Clucth)

Kontruksi Kopling Otomatis (Automatic Clucth)

Pada kendaraan ringan mobil bertransmisi otomatis tidak dijumpai pedal kopling, perpindahan ke gigi yang lebih tinggi atau yang lebih rendah dilakukan secara otomatis, sesuai dengan besarnya penekanan pada pedal akselerator dan kecepatan kendaraan.

Jika pada sepeda motor kopling otomatis ini lebih dikenal dengan nama kopling sentrifugal, kopling setrifugal terdapat pada motor matic. Kopling sentrifugal bekerja berdasarkan gaya sentrifugal yang menghubungkan serta memutuskan tenaga mesin ke roda penggerak. 

B. Jenis Kopling Berdasarkan Metode Penggeraknya


Secara umum sistem penggerak kopling dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Sistem penggerak kopling tipe mekanik dan Sistem penggerak kopling hidrolik (menggunakan tekanan fluida).

1. Sitem Penggerak Kopling Mekanik


Komponen Penggerak Kopling Mekanis

Komponen pada sistem pernggerak kopling mekanik terdiri dari :
  • Pedal kopling dan tuas pembebas
  • Kabel pembebas kopling
  • Garpu pembebas Bantalan pembebas

Jenis kopling mekanik ini lebih banyak temui pada sepeda motor. Cirinya, sistem mekanik menggunakan kabel kawat untuk menghubungkan pedal menuju kopling.

Keuntungan dari sistem mekanik ini adalah tidak perlu memikirkan kebocoran fluida atau masuk angin. Tetapi kekurangan sistem ini, kawat merupakan jenis logam yang dapat memuai. Sehingga perlu dilakukan penyetelan agar saat digunkan dapat berlangsung dengan nyaman.

2. Sistem Penggerak Kopling Hidrolik

Komponen Penggerak Kopling Hidrolis

Pada sistem penggerak kopling hidrolik, ada tiga komponen utama yaitu :
  • Master silinder 
  • Silinder pembebas 
  • Pedal kopling

Jenis kedua, sudah menggunakan sistem hidrolik atau hidrolis seperti pada sistem rem. Cara kerjanya pun mirip cara kerja sistem rem hidrolik. Koplinh hidrolik juga sudah dapat diaplikasikan pada sepeda motor.

Kelebihan dari sistem ini adalah lebih efektif dan responsif karena tidak perlu mengkhawatirkan pemuaian seperti kawat. Tetapi sistem hidrolis lebih sensitif khusunya saat ada udara didalam sistem. Sehingga perawatan juga tidak boleh ketinggalan.

      Selasa, 12 November 2019

      Kenali Masalah Pada Sistem Rem Mobil

      Kenali Masalah Pada Sistem Rem Mobil - Terdapat banyak masalah (trouble) pada sistem rem mobil yang harus diperhatikan. Mengingat sistem rem sendiri merupakan bagian yang cukup penting pada kendaraan sehingga pengendara harus dapat memastikan bahwa kondisi pada sistem rem selalu dalam kondisi baik.


      Berikut Kerusakan Yang Sering Muncul Pada Sistem Rem Mobil


      1. Rem Terasa Getar

      Saat diinjak terasa getaran pada pedal rem dan makin parah ketika ditekan pada kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan oleh permukaan disc break atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi. Penanganannya adalah dengan mencoba bubut cakram atau tromol.

      Biasanya pemapasan mulai dari ketebalan 0.5 - 1.5 mm yang dianggap aman. Biaya bubut pun bervariasi antara Rp 100-300 ribu. Akan tetapi kalau kondisinya sudah parah atau goresannya sudah terlalu dalam, lebih baik mengganti komponennya.

      Bubut Disk Brake

      2. Rem Mbagel

      Maksudnya adalah injakan terasa berat atau keras dan kadang mengeluarkan bunyi mendesis. Pada umumnya mobil sudah menggunakan booster rem untuk memperingan injakan pedal. Jika berat berarti permasalahan ada di bagian Booster.
      Booster Rem


      3. Rem Tidak Pakem

      Gejalanya terkadang mobil anda ketika direm masih membutuhkan waktu berapa meter untuk berhenti. Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah tipis dan lapisan asbesnya sudah berkurang. 

      Atasi dengan mengganti kampas rem dengan segera supaya piringan atau teromol tidak tergerus) atau piston rem yang sudah macet (selidiki setiap roda dan bagian mana saja yang sudah apkir). Atau bisa juga akibat kerusakan pada booster rem
      Kampas Rem

      4. Saat Di Rem Mobil Lari Ke Kiri / Kanan

      Hal ini disebabkan karena piston pada master rem roda yang terdapat pada salah satu roda macet. Rem dengan kondisi seperti itu akan kembali normal bila master rem roda diganti.

      Lebih baik jangan hanya mengganti bagian seal maupun dinding silinder master remnya saja. Agar fungsi rem tidak mudah rusak kembali, sebaiknya penggantian master rem dilakukan secara menyeluruh.

      5. Rem Dalam

      Kondisi ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada master rem atau bisa disebabkan oleh kampas rem yang sudah tipis.

      6. Rem Dikocok / Dipompa

      Kemungkinan ada yang bocor sehingga minyak rem berkurang dan kemasukan angin. Coba cek kebocoran mulai dari master atas. Slang sampai master bawah atau kaliper rem. Segera Anda perbaiki melalui langkah bleeding untuk mengeluarkan angin palsu

      Kamis, 07 November 2019

      Komponen CVT Motor Matic Beserta Fungsinya

      Komponen CVT Motor Matic Beserta Fungsinya - Sepeda motor matic adalah sepeda motor menggunakan sistem CVT (Continously Variable Transmission), Penerus daya ke roda pada sistem ini dengan penggerak v-belt yang tahan lama.

      Sistem ini menghasilkan perbandingan reduksi secara otomatis sesuai dengan kecepatan dan putaran mesin,sehingga pengendara terbebas dari kehausan memindah gigi hingga lebih nyaman.

      Kelebihan Sistem CVT, yaitu:
      • 1. CVT dapat memberikan perubahan kecepatan dan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis
      • 2. Tanpa harus memindah gigi karena sistem ini memiliki perbandingan ratio yang sangat tepat
      • 3. Tidak terjadi hentakan pada pemindahan gigi pada mesin-mesin konventional
      • 4. Perubahan kecepatan sangat lembut dengan kemampuan mendaki yang baik 

      Komponen - Komponen CVT Motor Matic Beserta Fungsinya


      Komponen - Komponen CVT

      1. Pulley Primer (Fixed Primary Sheeve)
      Pulley primer (fixed primary sheeve) berfungsi sebagai penahan V-belt. Komponen ini tidak bergerak, berbentuk piringan. Selain berfungsi untuk memperbesar perbandingan rasio, di bagian tepi komponen ini terdapat kipas pendingin yang berfungsi sebagai pendingin ruang CVT agar V-belt tidak cepat panas dan aus.
      Pulley Primer (Fixed Primary Sheeve)

      2. Sliding Primary Sheeve
      Sliding primary sheeve berfungsi untuk menekan v-belt dalam putaran tinggi, karna sliding sheave ini dapat bergerak kekanan ataupun ke kiri. Dinding dalam merupakan komponen pulley yang bergerak menekan CVT agar diperoleh kecepatan yang diinginkan.
      Sliding Primary Sheeve

      3. Spacer
      Spacer berfungsi sebagai poros dinding dalam pulley agar dinding dalam dapat bergerak mulus sewaktu bergeser.
      Spacer

      4. Poros Primer (Primary Shaft)
      Poros primer berfungsi untuk menghubungkan putaran crankshaft / krug as dari mesin ke pulley primer. Sebagai poros utama, komponen ini tersambung dengan crankshaft mesin secara tetap.Sehingga RPM mesin sama dengan RPM pada poros utama, atau RPM mesin juga sama dengan RPM pulley primer.

      Roller adalah bantalan keseimbangan gaya berat yang berguna untuk menekan dinding dalam pulley primer sewaktu terjadi putaran tinggi. Prinsip kerja roller, semakin berat maka dia akan semakin cepat bergerak mendorong movable drive face pada drive pulley sehingga bisa menekan belt ke posisi terkecil. 
      Roller Sentrifugal Primary

      6. Slider
      Slider atau tutup rumah roller berfungsi untuk menahan gerakan dinding dalam agar dapat bergeser ke arah luar sewaktu terdorong oleh roller.
      Slider

      7. V - Belt
      V - belt Berfungsi sebagai penghubung putaran dari priary fixed sheave ke secondary vixed shave. Besarnya diameter V-belt bervariasi tergantung pabrikan motornya. Besarnya diameter V-belt biasanya diukur dari dua poros, yaitu poros crankshaft sehingga tahan terhadap gesekan dan panas.
      V - Belt

      8. Pulley Sekunder (Secondary fixed sheeve)
      Pulley sekunder adalah komponen yang bepuar. Bagian ini terbuat dari bahan yang ringan dengan bagian permukaan yang halus agar memudahkan belt untuk bergerak.
      Puli Sekunder

      9. Secondary Sliding Sheeve
      Secondary sliding sheeve berfungsi untuk mengatur besar kecilnya diameter pada pulley sekunder. Secondary sliding sheeve mempunyai bentuk tirus agar pergerakannya dapat mempengaruhi lebar llilitan pada V - belt.

      10. Spring
      Spring pengembali berfungsi untuk mengembalikan posisi pulley ke posisi awal yaitu posisi belt terluar. Prinsip kerjanya adalah semakin keras spring maka belt dapat terjaga lebih lama di kondisi paling luar dari driven pulley. Namun kesalahan kombinasi antara roller dan per CVT dapat menyebabkan keausan bahkan kerusakan pada sistem CVT. 
      Spring

      Beberapa masalah yang sering terjadi pada Spring CVT :
      • Spring CVT yang terlalu keras dapat membuat drive belt jauh lebih cepat aus karena belt tidak mampu menekan dan membuka driven pulley. 
      • Belt semakin lama akan terkikis karena panas dan gerakan berputar pada driven pulley.
      • Spring CVT yang terlalu keras jika dipaksakan dapat merusak clutch / kupling. 
      • Panas yang terjadi di bagian CVT akibat perputaran bagian-bagiannya dapat membuat tingkat kekerasan materi partnya memuai. 
      • Pada tingkat panas tertentu, materi parts tidak akan sanggup menahan tekanan pada tingkat tertentu pula. 
      • Akhirnya spring bukannya melentur dan menyempit ke dalam tapi justru malah bertahan pada kondisi yang masih lebar. Kopling yang sudah panas pun bisa rusak karenanya.

      11. Poros Sekunder (Secondary Shaft)
      Poros sekunder (Secondary Shaft) berfungsi untuk meneruskan putaran dari pulley sekunder ke powertrain dan berikutnya yaitu kopling sentrifugal.

      12. Kopling Sentrifugal (Clutch Carrier)
      Kopling sentrifugal (clutch carrier) atau kampas kopling ganda berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda belakang. Kampas kopling ganda yang sudah mulai aus dapat membuat tenaga yang disalurkan menjadi tidak maksimal.
      Kopling sentrifugal (clutch carrier) atau kampas kopling

      13. Clutch Housing
      Clutch housing / rumah kopling berfungsi untuk meneruskan putaran dari v-belt dan menerima putaran dari kampas kopling yang selanjutnya di transfer ke roda belakang.

      Clutch Housing

      14. Torsi cam
      Jika mesin membutuhkan membutuhkan torsi yang lebih atau bertemu jalan yang menanjak maka beban di roda belakang meningkat dan kecepatannya menurun. Dalam kondisi seperti ini posisi belt akan kembali seperti semula, seperti pada keadaan diam. 

      Drive pulley akan membuka sehingga dudukan belt membesar, sehingga kecepatan turun saat inilah torsi cam bekerja. Torsi cam ini akan menahan pergerakan driven pulley agar tidak langsung menutup. Jadi kecepatan tidak langsung jatuh.

      Torsi cam

      15. Gigi Reduksi
      Gigi reduksi berfungsi untuk mengurangi kecepatan putaran yang diperoleh dari CVT agar dapat melipat gandakan tenaga yang akan dikirim ke poros roda. Pada gigi reduksi jenis dari roda gigi yang digunakan adalah jenis roda gigi helical yang bentuknya miring terhadap poros.
      Gigi Reduksi